35 Ide Menu Takjil Sehat dan Menyegarkan

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 20 Maret 2023 15:01
35 Ide Menu Takjil Sehat dan Menyegarkan
Ini nih menu takjil sehat buat persiapan bulan puasa nanti, cobain deh.

Takjil merupakan hidangan yang disantap saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Sebelum melahap makanan dengan porsi yang besar, kita biasanya akan mengonsumsi takjil terlebih dahulu. Nah, jenis makanan yang paling cocok disajikan sebagai ide menu takjil sehat adalah makanan manis dan paduan es yang menyegarkan.

Masyarakat Indonesia sendiri cenderung menjadikan gorengan sebagai pilihan takjil favorit. Padahal kalau kita lihat cara kandungan gizi makanan, tentu kurang cocok untuk dijadikan sebagai takjil karena kurang sehat. Nah kali ini Diadona bakal kasih rekomendasi ide menu takjil sehat dan menyegarkan buat kalian, check these out!

1 dari 12 halaman

Kurma

Menu Takjil Sehat berupa Kurma © Diadona

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Buah ini biasa tumbuh di daerah Timur Tengah yang memiliki cuaca ekstrem. Biasanya kurma dikonsumsi sebanyak 3 buah saat berbuka, hal ini karena bentuknya yang lonjong dan tidak terlalu besar.

Nah, Kurma cocok kamu jadikan sebagai pilihan takjil karena rasanya yang manis dan tekstur daging buahnya yang lembut. Selain itu, kandungan gizi dalam buah kurma juga cukup lengkap loh, mulai dari serat, karbohidrat, mineral, hingga aneka vitamin. Pantas jika kurma dijadikan pilihan takjil sehat untuk membatalkan puasa kita.

Puding Kurma

Menu Takjil Sehat Puding Kurma © Diadona

Salah satu olahan kurma yang juga bisa kamu jadikan ide menu takjil sehat adalah puding kurma. Rasa puding yang ringan dipadukan dengan kurma yang manis, menghasilkan hidangan yang cocok disantap sebagai penutup puasa. Olahan kurma yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut.

Puding kurma menjadi pilihan takjil yang cocok untuk berbuka karena adanya kandungan gizi buah kurma yang lengkap di dalamnya. Selain itu, cita rasa puding yang ringan menjadi nilai plus untuk hidangan ini. Porsinya pun dapat menyesuaikan jumlah anggota keluarga karena dapat dibagi sesuai kebutuhan.

Infused Water Kurma

Infused Water Kurma © Diadona

Infused water kurma atau air nabeez merupakan kurma yang direndam dalam air dan dimasukkan dalam wadah tertutup untuk dikonsumsi keesokan harinya. Selain menggunakan kurma, kamu juga bisa menggantinya dengan kismis. FYI, minuman ini jadi salah satu minuman favorit Nabi Muhammad SAW loh.

Berbeda dengan air biasa, infused water kurma ini punya banyak manfaat. Setelah seharian puasa, minuman ini bisa menambah asupan energi dan mengendalikan gula darah. Cocok banget kan buat takjil sehat kamu dan keluarga.

2 dari 12 halaman

Smoothie Kurma

Smoothie Kurma © Diadona

Buah kurma yang manis tentu sangat cocok untuk kamu jadikan olahan yang menyegarkan seperti smoothie. Tidak perlu repot-repot menggigit daging dan menyisihkan biji buahnya, smoothie kurma hadir sebagai hidangan yang sehat dan lezat.

Selain kurma, bahan-bahan lain yang dapat ditambahkan adalah susu, yogurt, hingga buah-buahan lain. Tak heran jika smoothie kurma memiliki kandungan gizi lengkap dan kompleks. Cocok sebagai takjil sehat karena mudah dibuat dan tentunya lezat.

Wedang Kurma

Wedang Kurma © Diadona

Wedang kurma adalah minuman dengan bahan dasar utama sari kurma yang biasanya disajikan dalam keadaan panas. Selain untuk menghilangkan haus, wedang kurma juga bisa untuk menghangatkan tubuh.

Terdapat beberapa bahan lain yang terkandung dalam wedang kurma, yaitu jahe, kayu manis, hingga sereh. Ketiga bahan tersebut sangat terkenal dengan khasiatnya untuk memperkuat imun tubuh. Wah, cocok banget nih dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

Kolak Pisang dan Labu Kuning

Kolak Pisang dan Labu Kuning © Diadona

Kolak merupakan minuman khas Indonesia berbahan dasar santan, pisang, dan beberapa bahan tambahan lainnya, seperti labu kuning. Cita rasa minuman ini sangat khas, yaitu manis, gurih, dan creamy. Pisang dan labu kuning rebus membuat tekstur keduanya menjadi lembut dan mudah untuk dikunyah.

Adanya labu kuning dalam komposisi kolak pisang, menambah khasiat minuman ini. Sebagai salah satu sumber karbohidrat, labu kuning dapat membuat perut kita kenyang tanpa harus mengonsumsi gula berlebih. Selain itu, kandungan vitamin dan serat dalam pisang juga semakin mengokohkan hidangan ini sebagai ide menu takjil sehat untuk berbuka.

3 dari 12 halaman

Es Pisang Ijo

Menu Takjil Sehat Pisang Ijo © Diadona

Es Pisang Ijo ini adalah minuman khas dari Sulawesi yang bercita rasa gurih dan manis, serta punya tekstur yang legit. Olahan ini berbahan dasar pisang yang dibalut tepung berwarna hijau, bubur sumsum, dan sirup merah. Disajikan dengan es serut membuat es pisang ijo menjadi hidangan yang menyegarkan.

Selain segar dan lezat, es pisang ijo juga kaya akan gizi. Pisang mengandung banyak karbohidrat, serat, dan potasium. Nah, kandungan dalam pisang itu lah sangat baik bagi tubuh, terutama setelah seharian berpuasa.

Es Campur

Menu Takjil Sehat Es Campur © Diadona

Seperti namanya, es campur merupakan minuman dengan isi berbagai macam bahan dalam kuah air sirup dan es. Beberapa isian yang lumrah dalam es campur, antara lain cincau, mutiara, kolang-kaling, tape, selasih, dan aneka bahan lainnya. Rasanya manis yang dipadukan dengan es membuat menu ini menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Lalu, adanya kolang-kaling dalam isian es campur dapat membantu memperlancar pencernaan kamu loh. Ditambah lagi selasih yang juga dapat menjaga sistem pencernaan. Wah ternyata minum es campur bisa bikin pencernaan sehat selama berpuasa.

Sop Buah

Menu Takjil Sehat Sop Buah © Diadona

Sop buah merupakan minuman dengan isian beraneka macam buah yang dihidangkan di dalam kuah sirup, susu kental manis, dan es. Tidak ada resep khusus mengenai isi dari sop buah, tapi umumnya beberapa buah yang digunakan antara lain kelapa, buah naga, melon, dan berbagai buah lainnya. Agar tidak monoton, biasanya ditambahkan nata de coco dan selasih pada minuman ini.

Dengan isi berupa berbagai macam buah, tentunya minuman ini kaya akan vitamin dan serat. Adanya nata de coco dan selasih juga dapat membantu melancarkan pencernaan kamu selama berpuasa loh. Segar, enak, dan sehat, wow takjil yang pas banget ya buat buka puasa.

4 dari 12 halaman

Es

Menu Takjil Sehat Es Kopyor © Diadona

Kopyor

 

Es kopyor diambil dari nama bahan dasarnya yakni kelapa kopyor. Berasal dari buah kelapa yang mengalami kesalahan genetik sehingga daging buahnya lebih empuk. Tapi, saat ini kopyor sendiri dapat dibuat dengan bahan jeli atau puding loh, kemudian disajikan bersama susu kental manis, sirup, dan es.

Kelapa kopyor ternyata bisa meningkatkan energi dalam tubuh loh. Hal ini karena adanya kandungan asam laurat yang cukup tinggi dalam kopyor. Jadi habis puasa seharian, energi kalian bisa terisi kembali dengan segelas es kopyor.

Es Oyen

Menu Takjil Sehat Es Kopyor © Diadona

Minuman segar yang berasal dari Kota Bandung ini hampir mirip dengan es teler. Padahal keduanya beda loh, untuk es oyen sendiri memiliki isian kelapa muda, nangka, alpukat, dan pacar cina. Setelah itu, akan ditambahkan es serut dan susu kental manis yang menambah cita rasa dalam es oyen.

Duet maut alpukat dan nangka dalam es oyen, tentu bikin kandungan gizi di dalamnya bermanfaat banget nih buat yang puasa seharian. Kedua buah tersebut mampu menjaga pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit loh. Mantab banget buat dijadiin hidangan ide menu takjil sehat berbuka puasa.

Es Bola Tape dan Cincau

Menu Takjil Sehat Es Tape Cincau © Diadona

Terdapat berbagai macam olahan dari tape, salah satunya yakni es bola tape dan cincau. Tape yang sudah matang dihaluskan dan ditambahkan tepung, kemudian dibentuk menjadi bola. Diracik dengan tambahan cincau, kuah santan, dan es, membuat minuman ini terasa segar, manis, dan gurih.

Kandungan yang ada di tape dan cincau dalam minuman ini tentu sangat bermanfaat saat berpuasa. Tape dapat meningkatkan imunitas, sedangkan cincau dapat menstabilkan gula darah. Takjil yang satu ini memang paket komplit!

5 dari 12 halaman

Kolak Pisang Dessert Box

Menu Takjil Sehat Pisang Dessert © Diadona

Kalau bosan dengan kolak pisang yang gitu-gitu aja, ini saatnya kamu cobain kolak pisang dessert box. Seperti dessert box pada umumnya, hidangan ini juga disajikan dalam wadah kotak dengan beberapa layer. Adapun layer tersebut yakni kue, potongan pisang, saus gula merah, dan krim santan.

Sebagai salah satu sumber karbohidrat dan vitamin, tentunya pisang dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh kamu. Jadi, dessert box ini udah pasti cocok buat kamu makan tepat saat berbuka. Ini baru ide menu takjil sehat dan nikmat, yummy!

Strawberry Creamy

Menu Takjil Sehat Strawberry Creamy © Diadona

Strawberry creamy bisa jadi alternatif cara menikmati strawberry selain dimakan secara langsung ataupun dijus. Bahan dasarnya sederhana, mulai dari strawberry, whipped cream, dan cream cheese. Kemudian, strawberry creamy dapat disajikan dalam gelas dengan me-layer setiap bahan.

Setelah seharian puasa, kandungan strawberry dalam hidangan ini dapat mengatur gula darah kamu loh. Selain itu, buah strawberry juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini sih bener-bener takjil sehat yang harus kalian coba!

Es Jelly

Menu Takjil Sehat Es Jelly © Diadona

Jelly adalah makanan ringan bertekstur kenyal dan manis kesukaan anak-anak. Tapi, jelly juga bisa kamu buat menjadi es yang menyegarkan loh. Kamu tinggal memasak jelly kemasan kemudian tambahkan bahan-bahan yang kamu suka, seperti air, susu, sirup, atau bahkan kelapa.

Penambahan kelapa dalam es jelly tentu menambah kandungan gizi minuman ini. Kelapa yang dapat membantu mengatasi dehidrasi, sangat cocok kalau dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Nah, enak banget kan berbuka dengan takjil segar dan sehat seperti es jelly dan kelapa ini.

6 dari 12 halaman

Es Cincau

Menu Takjil Sehat Es Cincau © Diadona

Es cincau merupakan minuman dengan agar-agar yang diberi perisa dari daun cincau. Biasa disajikan dengan santan, es, dan sirup merah. Rasa cincau yang khas dipadukan dengan rasa manis dari sirup dan gurih dari santan, memberikan sensasi tersendiri ketika meminum es ini.

Selain menyegarkan, es cincau juga memiliki khasiat yang sangat berguna saat sedang berpuasa. Kandungan dalam cincau hijau, dapat membantu menstabilkan gula darah. Hal ini tentu menjadikan es cincau sebagai takjil berbuka puasa yang nikmat dan sehat.

Es Cincau Susu

Menu Takjil Sehat Es Cincau Susu © Diadona

Selain dapat menggunakan santan dan sirup, cincau juga dapat kamu kreasikan menggunakan bahan lainnya loh. Seperti yang satu ini, es cincau susu. Sebagai pengganti santan dan sirup, kamu bisa menggunakan susu dan gula merah yang pasti rasanya gak kalah enak.

Dengan kandungan susu full cream dalam minuman ini, kamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memenuhi nutrisi harian loh. Tentunya setelah seharian berpuasa kamu butuh mengganti energi yang hilang kan. Nah, ide menu takjil sehat ini bisa kamu jadikan pilihan takjil untuk berbuka Diazens!

Es Cappucino Cincau

Menu Takjil Sehat Es Capcin © Diadona

Salah satu olahan cincau yang paling hits adalah Es cappucino cincau. Jika biasanya cincau disajikan bersama susu, santan, gula merah, atau sirup, kali ini bahan pendampingnya adalah kopi cappucino. Minuman yang memiliki nama lain capcin ini, memiliki cita rasa manis, creamy, dan sedikit pahit.

Kandungan dalam cincau dan susu full cream pada capcin, tidak hanya memberikan rasa segar bagi tubuh. Perpaduan kedua bahan tersebut juga bisa mengembalikan energi dan kadar gula darah setelah seharian berpuasa. Es capcin segar siap menjadi teman berbuka puasa kamu.

7 dari 12 halaman

Es Sunkist Kelapa

Menu Takjil Sehat Es Sunkist Kelapa © Diadona

Es sunkist kelapa memiliki nama yang sama dengan bahan utamanya, yakni jeruk sunkist dan buah kelapa. Minuman ini memiliki rasa yang sangat segar, apalagi jika kamu menambahkan bahan seperti daun mint. Tentunya sangat pas menjadi pilihan untuk menyegarkan tenggorokan.

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk sunkist, mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, setelah berpuasa seharian, kandungan asam folat pada minuman ini dapat memaksimalkan protein dan vitamin yang diterima oleh tubuh. Jadi, es sunkist kelapa ini tentu menjadi pilihan menu takjil sehat dan menyegarkan.

Es Bubur Kacang Hijau

Menu Takjil Sehat Es Bubur Kacang Hijau © Diadona

Es bubur kacang hijau adalah hidangan yang terbuat dari kacang hijau dan kuah santan. Seperti namanya, kacang hijau akan diolah terlebih dahulu sehingga teksturnya menyerupai bubur yang kemudian ditambahkan gula merah dan daun pandan. Kamu bisa menyajikannya dengan kuah santan dan es, membuat olahan ini terasa segar, manis, dan gurih.

Dengan mengonsumsi es bubur kacang hijau sebagai takjil saat berbuka puasa, tentu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain rasa segar, kacang hijau akan membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan loh. Jadi, cocok banget habis makan ini kamu bisa lanjut makan hidangan utama saat berbuka.

Es Kelapa Muda

Menu Takjil Sehat Es Kelapa Muda © Diadona

Es kelapa muda ini terkenal sebagai es degan di beberapa wilayah Indonesia. Sederhana tapi sangat menyegarkan tampaknya sangat pas untuk mendeskripsikan minuman satu ini. Hanya terbuat dari kelapa yang masih muda, air kelapa, dan es, kamu juga dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti susu atau sirup loh.

Daging kelapa muda dapat memenuhi kebutuhan potasium dalam tubuh sehingga kamu gak akan mudah dehidrasi. Tentunya saat berpuasa kita akan kekurangan cairan ya, tapi kalau minum es kelapa muda ini saat berbuka dijamin akan langsung segar. Tentunya kebutuhan airmu juga akan terpenuhi Diazens!

8 dari 12 halaman

Kolak Biji Salak

Menu Takjil Sehat Kolak Biji Salak © Diadona

Jika selama ini kita biasanya menganggap hanya pisang dan umbi-umbian saja yang bisa diolah menjadi kolak, ternyata terdapat kolak biji salak loh. Eits, bukan berarti biji salak yang sebenarnya ya, dinamakan kolak biji salak karena bentuknya yang menyerupai biji buah bersisik tersebut. Bahan dasar pembuatannya dari ubi jalar yang dicampur berbagai bahan kemudian dimasak hingga mendapat tekstur kenyal dan manis.

Di dalam hidangan ini terdapat bahan pelengkap seperti gula merah dan santan. Kedua bahan tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh loh. Tentunya saat berpuasa kamu perlu tetap menjaga kesehatan badan ya, jadi olahan ini sangat cocok jika dikonsumsi sebagai takjil saat berbuka.

Salad Buah

Menu Takjil Sehat Salad Buah © Diadona

Salad buah merupakan salah satu makanan sehat yang berisi aneka buah-buahan. Seperti salad pada umumnya, salad buah juga bisa kamu berikan dressing atau bumbu dari yogurt, mayones, hingga parutan keju. Campuran bahan tersebut membawa cita rasa manis, asam, dan segar pada hidangan ini.

Berpuasa tentunya membuat kamu harus memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi, nah salad buah dengan berbagai kandungan gizi di dalamnya ini bisa jadi alternatif takjil sehat loh. Buah yang kaya akan serat bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, mengonsumsi salad buah juga mengenyangkan, jadi kamu bisa mengontrol makanan saat berbuka agar tidak berlebihan.

Puding Buah

Menu Takjil Sehat Puding Buah © Diadona

Puding buah biasa disajikan sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis dan ringan. Bahan dasar dari olahan ini juga sangat sederhana, yakni puding plain dan buah-buahan. Kamu juga dapat menambahkan gula dalam adonan puding dan fla sebagai saus.

Walaupun biasa disajikan sebagai makanan penutup, puding buah juga sangat pas untuk dimakan sebagai takjil saat berbuka puasa. Hal ini karena tingginya kandungan serat dalam makanan ini. Selain karena serat dalam buah-buahan, ternyata puding juga kaya akan serat yang tentunya dapat melancarkan pencernaan kamu selama berpuasa.

9 dari 12 halaman

Es Timun Serut

Menu Takjil Sehat Es Timun Serut © Diadona

Es timun serut merupakan minuman khas daerah Aceh yang dikenal dengan nama “ Le Boh Timon” oleh masyarakat sekitar. Menu ini diolah dari timun yang diserut menggunakan parutan, kemudian ditambahkan air soda dan es. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam bahan seperti jeruk nipis dan selasih.

Saat berpuasa, banyak dari kita yang merasakan dehidrasi karena kurangnya cairan. Nah, dengan mengonsumsi es timun serut saat berbuka, kalian dapat memasok cairan yang kurang dalam tubuh. Hal ini karena kandungan air dalam timun yang sangat tinggi.

Puding Buah

Menu Takjil Sehat Puding Buah © Diadona

Puding buah biasa disajikan sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis dan ringan. Bahan dasar dari olahan ini juga sangat sederhana, yakni puding plain dan buah-buahan. Kamu juga dapat menambahkan gula dalam adonan puding dan fla sebagai saus.

Walaupun biasa disajikan sebagai makanan penutup, puding buah juga sangat pas untuk dimakan sebagai takjil saat berbuka puasa. Hal ini karena tingginya kandungan serat dalam makanan ini. Selain karena serat dalam buah-buahan, ternyata puding juga kaya akan serat yang tentunya dapat melancarkan pencernaan kamu selama berpuasa.

Setup Nanas Pepaya

Menu Takjil Sehat Setup Nanas Pepaya © Diadona

Setup biasanya disajikan dengan buah pisang, tetapi kali ini terdapat olahan yang tak kalah nikmat yakni setup nanas pepaya. Sama seperti pembuatan setup biasanya, buah nanas dan pepaya bisa kamu rebus bersama gula, kayu manis, dan cengkeh hingga lembut. Minuman ini dapat kamu sajikan drngan hangat ataupun dingin dengan menambahkan es batu.

Adanya buah nanas dan pepaya membuat minuman satu ini kaya akan serat. Kandungan serat dalam makanan yang ada di dalamnya tentu sangat baik buat tubuh. Hal ini karena serat berperan penting dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dalam tubuh.

10 dari 12 halaman

Es Semangka

Menu Takjil Sehat Es Semangka © Diadona

Minuman ini identik dengan negara India, bahkan sering disebut es semangka india. Cara pembuatan dan bahan-bahan yang sederhana membuat es semangka cepat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain semangka, kamu juga dapat menambahkan bahan seperti nata de coco dan selasih.

Kandungan air yang dominan dalam buah semangka akan sangat membantu tubuh untuk terhindar dari dehidrasi setelah seharian berpuasa. Ditambah dengan selasih dan nata de coco yang kaya akan vitamin dapat menambah kekebalan tubuh. Wow, tentunya es semangka dapat kamu jadikan pilihan menu takjil sehat untuk berbuka ya Diazens!

Es Alpukat Mutiara

Menu Takjil Sehat Es Alpukat Mutiara © Diadona

Es alpukat mutiara merupakan minuman segar dengan rasa yang dominan manis dan gurih. Bahan utama dalam minuman ini tentunya alpukat dan sagu mutiara. Kedua bahan tersebut kemudian bisa kamu tambahkan kuah santan yang gurih dan potongan es batu yang segar.

Kandungan serat pada alpukat mampu mencegah sembelit selama kamu berpuasa. Selain itu, sagu sebagai bahan baku mutiara juga dapat melancarkan pencernaan. Nah, kalau kamu cari menu takjil sehat bagi pencernaan, es alpukat mutiara bisa jadi pilihan kamu nih.

Mango Sticky Rice Special

Menu Takjil Sehat Mango Sticky Rice Special © Diadona

Makanan asal Thailand ini sangat terkenal di Indonesia. Rasanya yang manis dan gurih dengan tekstur lembut dari mangga serta legit dari ketan, tentu menjadi daya tarik unik dari olahan ini. Selain ketan dan mangga, bahan lain yang bisa kamu tambahkan dalam olahan ini adalah santan sebagai saus pelengkap.

Dengan isian yang terlihat komplit, ternyata kandungan gizi dalam mango sticky rice ini memang mantap loh. Selain dapat kamu jadikan sumber energi karena adanya ketan, ternyata makanan ini juga bisa menjaga kekebalan dan metabolisme tubuh nih. Bener-bener definisi menu takjil sehat dan lezat ya.

11 dari 12 halaman

Smoothie Bowl

Smoothie Bowl © Diadona

Smoothie bowl bisa jadi salah satu cara baru buat kamu mengonsumsi buah. Cara pembuatannya sangat mudah loh, buah-buahan yang ingin kamu makan bisa langsung kamu haluskan menggunakan blender hingga lembut dan kental. Jangan lupa menambahkan toping, seperti buah-buahan kering, kacang, atau buah segar.

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat, tentunya sangat baik apabila kamu konsumsi setelah seharian berpuasa. Selain itu, teksturnya yang lembut akan memudahkan tubuh mencerna olahan ini. Bisa dibilang bahwa smoothie bowl ini adalah menu takjil sehat yang sempurna untuk berbuka puasa.

Es Blewah

Menu Takjil Sehat Es Blewah © Diadona

Es blewah masih menjadi salah satu minuman favorit bagi masyarakat Indonesia sebagai takjil buka puasa. Rasanya yang manis dan segar, serta daging buah blewah yang bertekstur lembut tapi tidak lembek, menjadi alasan utama minuman ini populer. Tentunya, kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan dalam minuman ini.

Berbagai macam kandungan dalam blewah tentu sangat baik bagi tubuh. Salah satunya yakni tingginya kandungan air dalam buah ini dapat mencegah kamu mengalami dehidrasi setelah seharian berpuasa. Ternyata gak cuma segar ya, es blewah juga menyehatkan.

Es Cendol

Menu Takjil Sehat Es Cendol © Diadona

Minuman ini kerap ditemui di pinggir jalan hingga restoran bintang lima. Es cendol terbuat dari tepung beras yang kemudian disaring dan ditambahkan kuah santan dan gula merah. Rasanya santan yang gurih dipadukan dengan gula merah yang manis, serta tekstur cendol yang kenyal, menjadi daya tarik tersendiri dari minuman ini.

Es cendol sangat cocok kamu jadikan hidangan takjil untuk berbuka. Tentunya tak lepas dari kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi dalam minuman ini. Hal tersebut dapat memberi energi tambahan bagi tubuh setelah seharian berpuasa.

12 dari 12 halaman

Es Jagung

Menu Takjil Sehat Es Jagung © Diadona

Salah satu olahan dari jagung yang menyegarkan adalah es jagung. INi adalah perpaduan jagung parut rebus, es batu, susu kental manis, dan topping lainnya. Nah, kalau kamu pengen bikin sendiri bisa cek resep es jagung di sini ya. https://www.diadona.id/food/resep-es-jagung-kental-viral-bisa-jadi-ide-menu-jualan-yang-menyegarkan-220917w.html

Minuman satu ini tentu sangat cocok kamu santap ketika berbuka puasa sebagai menu takjil sehat yang segar dan manis. Kandungan nutrisi dalam es jagung ini pun cukup lengkap, mulai dari serat, protein, hingga vitamin. Kamu juga gak perlu bingung nyari takjil lagi deh, karena es jagung juga gampang banget dibikin sendiri di rumah.

Es Shanghai

Menu Takjil Sehat Es Shanghai © Diadona

Es shanghai adalah minuman yang asal-usulnya masih belum diketahui pasti nih. Walaupun belum tau berasal dari mana, es shanghai tetap menjadi salah satu minuman favorit untuk santapan menu takjil sehat buka puasa. Rasanya yang manis dengan isian yang komplit, menjadi alasan minuman ini populer.

Berbagai isian dalam es shanghai, seperti nangka dan kacang merah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berpuasa. Salah satunya yakni serat yang dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

jadi itulah beberapa ide menu takjil sehat untuk berbuka puasa yang bisa kamu jadikan referensi. Bahkan semua menu di atas tadi bisa kamu buat satu hari satu selama bulan puasa. Enak kan, Diazens?

Jadi, selamat mencoba ya!

Penulis: Nisah Dyah

Beri Komentar