25 Ide Menu Buka Puasa Simple, Mulai dari Hidangan Pembuka, Utama, dan Penutup

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 15 Maret 2023 15:00
25 Ide Menu Buka Puasa Simple, Mulai dari Hidangan Pembuka, Utama, dan Penutup
Menu buka puasa yang simple-simple aja hehehe

Halo Diazens! Siapa di sini yang sudah tidak sabar menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba. Selain menyiapkan diri untuk meningkatkan ibadah di bulan suci, ada baiknya juga untuk sudah mulai menyiapkan ide menu buka puasa yang simple tapi juga ekonomis.

Nih, Diadona telah membuat ide menu buka puasa mulai dari hidangan pembuka, utama dan juga penutup. Semuanya bisa kamu jadikan ide kreasi menu berbuka selama bulan Ramadhan. Kuy tengok bareng-bareng!

1 dari 8 halaman

Menu Hidangan Pembuka

Mari kita mulai dari menu hidangan pembuka atau takjil yang segar dan auto melepas dahaga. Pastinya, setelah seharian menahan haus enak banget untuk melepas dahaga tersebut dengan yang segar-segar dan bergizi.

1. Salad Buah

Ilustrasi Salad Buah © Diadona

Untuk hidangan pembuka yang segar dan sehat, kamu bisa membuat salad buah nih Diazens. Potong buah-buahan seperti semangka, melon, apel, jeruk, atau pisang kecil-kecil.

Lalu jangan lupa campurkan dengan yogurt dan madu. Tambahkan juga sedikit mint atau daun selada untuk aroma segar. Semua yang ada di dalam salad buah ini cocok untuk melepas dahaga kamu

2. Jus Kurma Susu

Resep Unik Milkshake Kurma dan Kopi © Diadona

Kemudian ada jus kurma susu. Ini adalah minuman khas bulan Ramadhan yang enak dan kaya nutrisi. Kamu bisa membuatnya dengan memblender kurma yang sudah dihilangkan bijinya, susu, es batu, dan madu.

Jangan lupa taburi dengan kayu manis atau kacang almond cincang agar lebih nikmat. Auto kembali segar dan bugar ini.

3. Es Kelapa Madu

Es kelapa madu adalah minuman yang cocok untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa. Cara membuatnya pun juga mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air kelapa dengan madu dan es batu, lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar lebih segar.

2 dari 8 halaman

4. Manisan Kolang-kaling

Kolak Kolang Kaling © Diadona

Selanjutnya untuk menu yang manis dan berenergi, manisan kolang-kaling bisa menjadi pilihan yang tepat. Begini cara membuatnya, cuci bersih kolang-kaling, rebus dengan air gula dan cengkeh, lalu tambahkan sedikit air jeruk nipis agar tidak terlalu manis.

5. Es Timun Jeruk Nipis

Lanjut ya, kemudian ada es timun jeruk nipis. Es ini adalah minuman yang menyegarkan dan bermanfaat untuk kesehatan.

Cara membuatnya, potong timun kecil-kecil, campurkan dengan air jeruk nipis dan gula, lalu tambahkan es batu dan air soda. Es timun jeruk nipis siap melibas dahagamu.

6. Es Kelapa Muda

Ilustrasi Es Kelapa Muda © Diadona

Siapa yang tidak suka es kelapa muda? Es kelapa muda adalah minuman yang enak dan sehat, karena kaya akan elektrolit dan mineral. Ambil daging kelapa muda, tambahkan air gula dan es batu, aduk rata. Es kelapa muda siap untuk dinikmati.

7. Es Pisang Ijo

Ilustrasi Es Pisang Ijo © Diadona

Kemudian ada lagi menu pembuka selanjutnya yaitu es pisang ijo. Rasa manis dan juga sensasi dingin dari bubur sumsumnya dapat menyegarkan kembali tenggorokan yang kering setelah berpuasa.

Kemudian pisang dam kuah manisnya pun bisa jadi energi tambahan dan penunda lapar sebelum bersantap besar.

3 dari 8 halaman

8. Es Buah Sederhana

Ilustrasi Es Buah © Diadona

Es buah sederhana juga bisa kamu jadikan ide menu buka puasa yang simpe loh. Tentu nggak asingdong dengan menu satu ini, soalnya sudah menjadi menu sejuta umat.

Potong buah-buahan seperti mangga, nanas, jeruk, dan jambu biji kecil-kecil, lalu campurkan dengan sirup atau sari buah. Tambahkan sedikit es batu dan sajikan dalam mangkuk atau gelas.

9. Kolak Pisang Ubi

Ilustrasi Kolak Pisang © Diadona

Kolak adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang cocok untuk hidangan berbuka puasa. Perpaduan rasa gurih dan manis memang cocok banget jadi menu hidangan berbuka.

Cara membuatnya membuatnya mudah, potong pisang dan ubi jalar menjadi dadu kecil-kecil, lalu rebus dengan air kelapa, santan, dan gula merah hingga matang. Tambahkan sedikit garam agar rasanya lebih seimbang. Sajikan kolak pisang ubi dalam mangkuk atau piring sesuai selera.

10. Es Cendol Dawet

Ilustrasi Cendol Dawet Gula Merah © Diadona

Terakhir ada es cendol dawet yang memang sudah menjadi primadona minuman segar. Kamu bisa membuat es cendol dawet sendiri di rumah dengan mudah.

Buat cendol dari tepung ketan, lalu rebus dan potong menjadi serabut kecil-kecil. Buat santan kelapa dengan menambahkan gula pasir dan sedikit garam, lalu dinginkan. Siapkan es batu dan air matang dalam mangkuk atau gelas, lalu tambahkan cendol dan santan. Es cendol dawet siap dinikmati!

4 dari 8 halaman

Menu Hidangan Utama

Setelah selesai dengan hidangan pembuka, mari lanjut ke ide menu buka puasa simple untuk hidangan utama. Tentu saja ini berisi makanan berat yang mengenyangkan.

1. Asem-asem Daging

Resep Asem-asem Daging © Diadona

Asem-asem daging merupakan salah satu hidangan khas Jawa yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah khas. Hidangan ini terasa sedikit asam dan gurih sehingga cocok untuk menemani kamu berbuka puasa.

Cara membuat asem-asem daging pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan daging sapi yang sudah dipotong-potong. Kemudian tumis hingga harum dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan daun salam.

Setelah itu, tambahkan air dan masak hingga daging empuk. Terakhir, tambahkan potongan tomat hijau, asam jawa, dan gula merah secukupnya untuk memberikan rasa asam manis pada hidangan.

2. Udang Pedas Manis

Ilustrasi Udang Asam Manis © Diadona

Siapa yang tidak suka dengan udang? Hidangan udang pedas manis ini tentu akan menjadi favorit keluarga saat berbuka puasa. Untuk membuat hidangan ini, kamu hanya perlu menyiapkan udang yang sudah dibersihkan.

Lalu, tumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, kecap manis, dan saus tiram. Tambahkan sedikit gula dan garam secukupnya agar rasanya semakin mantap.

3. Tongkol Cabai Hijau

Tongkol cabai hijau adalah hidangan yang terbuat dari ikan tongkol yang digoreng dan dicampur dengan bumbu cabai hijau. Hidangan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai makanan pedas.

Untuk membuat hidangan ini, kamu hanya perlu menggoreng ikan tongkol yang sudah dibersihkan, kemudian tumis dengan bumbu cabai hijau, bawang putih, dan bawang merah. Tambahkan sedikit air dan garam secukupnya, masak hingga bumbu meresap ke dalam ikan.

5 dari 8 halaman

4. Telur Orek Campur Teri

Telur orek campur teri adalah hidangan yang mudah dan cepat dibuat. Cara membuatnya juga mudah banget. langsubg saja, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu tambahkan telur yang sudah dikocok.

Setelah telur matang, tambahkan teri medan dan sedikit gula merah. Sajikan telur orek campur teri dengan nasi putih dan sayuran hijau.

5. Tumis Bayam Jamur

Resep Tumis Bayam Sederhana © Diadona

Bayam dan jamur adalah bahan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Kedua bahan ini bisa kamu padukan menjadi hidangan tumis bayam jamur yang sangat cocok disajikan saat berbuka puasa.

Kamu hanya perlu menumis bayam dan jamur dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Tumis bawang putih dan jamur hingga matang, lalu tambahkan bayam dan jagan lupa koreksi rasa. Jika sudah, sajikan tumis bayam jamur dengan nasi putih dan sambal terasi.

6. Brokoli Saus Tiram

Brokoli juga bisa menjdai piliha asupan sayur saat berbuka puasa. Ya itung-itung biar kamu nggak makan sayuran yang itu-itu aja. Cara membuat brokoli saus tiram ini juga mudah banget kok.

Cincang bawang butih hingga harum. Kemudian tambahkan saus tiran dan juga garam dan gula. Jika sudah, beri sedikit air dan masukkan brokoli. Masak hingga bumbu meresap.

6 dari 8 halaman

7. Tumis Sawi Putih Brokoli Jagung

Masih seputar tumis, perpaduan sawi putih, brokoli, dan jagung adaah menu pendamping nasi yang kaya akan gizi. Meskipun demikian, cara membuat menu ini sangat mudah dan juga cepat loh.

Tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan tomat, wortel, jagung manis, brokoli, dan paprika merah. Aduk setengah layu. Masukkan saus sambal, kecap asin, garam, merica, gula. Siram kaldu dan masak sampai semua matang.

8. Tumis Tauge dan Tahu

Ini adalah makanan pendamping nasi yang sederhana tapi lezat. Selain itu bahannya juga mudah didapat pun cara membuatnya juga mudah.

Tumis bawang putih di minyak, lalu masukkan potongan tahu ke dalam tumisan tersebut. Jangan lupa tambahkan tauge panjang dan batang daun bawang yang dipotong-potong sebagai pelengkap.

7 dari 8 halaman

Menu Hidangan Penutup

Terakhir, langsung ke menu penutup aja ya Diazens. Ide menu hidangan penutup atau dessert ini sekaligus bisa kamu jadikan camilan setelah makan.

1. Pancake Buah

Ilustrasi Pancake Keju © Diadona

Pancake buah ini sangat cocok untuk kamu yang ingin makan penutup yang ringan tapi tetap manis. Kamu bisa menggunakan berbagai macam buah-buahan sesuai selera untuk dijadikan topping-nya.

Kamu bisa menggunakan pisang, stroberi, blueberry, atau apapun yang kamu suka. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu bisa buat adonan pancake sendiri atau menggunakan pancake instan yang sudah tersedia di pasaran.

2. Silky Puding

Puding © Diadona

Puding memang selalu jadi pilihan yang pas untuk penutup. Tapi, buat kamu yang ingin mencoba puding yang berbeda, kamu bisa coba bikin silky puding. Teksturnya yang lembut dan halus di mulut bikin kamu pasti langsung jatuh cinta. Kamu bisa tambahkan topping seperti potongan buah, keju parut, atau saus karamel di atasnya.

3. Nugget Pisang

Ilustrasi Nugget Pisang © Diadona

Nugget biasanya dijadikan sebagai camilan, tapi siapa sangka kalau nugget bisa juga dijadikan penutup? Nugget pisang ini cukup unik dan pasti bikin kamu dan keluarga terkagum-kagum. Kamu bisa membuatnya dengan menggoreng pisang yang sudah dibalut tepung, kemudian tambahkan taburan gula dan kayu manis. Selain itu, kamu juga bisa buat saus coklat atau karamel sebagai pelengkapnya.

8 dari 8 halaman

4. Pancake Sederhana

Pancake Pisang © Diadona

Pancake sederhana juga bisa menjadi pilihan hidangan penutup yang simpel dan mudah dibuat. Kita hanya perlu membuat adonan pancake dengan tepung terigu, telur, susu, dan gula. Tambahkan topping sesuai selera seperti coklat, keju, atau madu untuk menambahkan rasa manis pada pancake.

5. Lapis Legit

Resep Puding Cokat Lapis Tiga dengan Vla Vanilla © Diadona

Lapis legit adalah hidangan penutup khas Indonesia yang sangat lezat dan populer. Meskipun terlihat sulit untuk dibuat, sebenarnya resepnya sangat simpel. Kita hanya perlu menggunakan bahan-bahan seperti telur, mentega, tepung terigu, dan gula. Jika memilik oven, kita bisa langsung memanggangnya di dalam loyang.

6. Puding Susu

Puding susu juga bisa menjadi pilihan hidangan penutup yang sangat simpel dan enak. Kita hanya perlu menggunakan susu cair, agar-agar, dan gula untuk membuat puding ini. Tambahkan topping sesuai selera seperti potongan buah atau saus karamel untuk menambahkan rasa manis pada puding.

7. Roti Bakar

Ilustrasi Roti Bakar Coklat © Diadona

Roti bakar juga bisa menjadi pilihan hidangan penutup yang sangat simpel. Kita hanya perlu menggunakan roti tawar dan mentega. Panggang roti tawar di atas teflon hingga kecoklatan, dan tambahkan topping seperti selai kacang, keju, atau madu untuk menambahkan rasa manis pada roti bakar.

Ya jadi itu lah beberapa menu ide berbuka puasa simple yang bisa kamu kreasikan di rumah. So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar