7 Cara Merebus Sayuran untuk Steak, Warna Tetap Cantik, Empuknya Pas dan Tetap Bernutrisi

Reporter : Arifina
Kamis, 21 Desember 2023 17:17
7 Cara Merebus Sayuran untuk Steak, Warna Tetap Cantik, Empuknya Pas dan Tetap Bernutrisi
Proses merebus sayuran untuk steak memang tricky, tapi mudah kok!

Cara merebus sayuran untuk steak ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Buat kamu yang sedang membuat oalahan steak sendiri di rumah, kiranya kini tak perlu khawatir akan tampilan sayuran yang terlalu lembek jika menerapkan beberapa cara yang tepat.

Hidangan steak biasanya disajikan dengan karbohidrat, seperti kentang, dan sayuran. Sayuran yang cocok untuk menjadi pendamping steak antara lain wortel, brokoli, asparagus, baby buncis, hingga jagung.

Menambahkan sayuran ke dalam menu makanan steak tidak hanya menjadi pelengkap yang menambah kelezatan semata. Tetapi sayuran juga dapat meningkatkan nutrisi dalam hidangan tersebut sehingga lebih sehat saat dikonsumsi.

1 dari 8 halaman

Cara Merebus Sayuran untuk Steak © Diadona

Namun, hal yang menjadi kekhawatiran banyak orang adalah tekstur dan tingkat kematangan sayuran pada steak. Untuk mendapatkan hasil sayuran yang renyah dan anti lembek harus dengan proses pemasakan yang tepat.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara merebus sayuran untuk steak yang bisa kamu jadikan referensi nih! Yuk, simak!

2 dari 8 halaman

Pilih Sayuran yang Tepat

Sebelum kita mulai merebus sayuran, sangat penting untuk memilih sayuran yang sesuai dengan selera kamu dan dirasa cocok disandingkan dengan steak. Beberapa pilihan yang umumnya cocok untuk steak antara lain, brokoli, wortel, kacang polong, kentang, asparagus, hingga jagung.

Nah, pastikan dalam menyiapkan sayuran tersebut kamu telah memilah jenis yang berkualitas bagus. Pilih sayuran tabf masih segar agar bisa didapati hasil masakan dengan cita rasa yang lezat dan tekstur renyah.

3 dari 8 halaman

Persiapkan Sayuran dengan Baik

Setelah sayuran dipilih, langkah berikutnya sebelum mulai merebus adalah membersihkannya dengan tepat. Bersihkan sayuran dengan dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida,

Kemudian, kupas dan potong sayuran sesuai selera. Misalnya, potong brokoli menjadi kuntum yang lebih kecil atau iris-iris wortel menjadi batangan tipis. Proses persiapan sayuran dengan cara yang tepat berguna untuk lebih memudahkan saat proses memasak dan penyajian.

 

4 dari 8 halaman

Rebus di Air Mendidih

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © Diadona

Panaskan air hingga mendidih sebelum memulai untuk merebus sayuran. Pemanasan air yang baik memastikan sayuran matang secara merata dan tetap renyah.

Jangan lupa untuk menutup panci dengan penutup agar panas tetap terjaga dan waktu memasak sayur dapat dipersingkat. Dengan cara ini kamu juga bisa mengontrol tekstur renyah pada sayuran agar lebih nikmat saat dimakan.

Hal ini pun juga dapat mempertahankan warna sayuran tetap cantik saat disajikan.

5 dari 8 halaman

Gunakan Garam

Beri tambahan sedikit garam ke dalam air rebusan sayuran. Cara ini membantu memberikan rasa pada sayuran sehingga saat dimakan tidak terasa hambar.

Selain itu, garam ternyata cukup membantu dalam menjaga warna sayuran agar tidak berubah menjadi kecoklatan atau keruh ketika sudah matang dan tiriskan. Tidak perlu banyak saat menambahkan garam saat merebus sayuran agar rasa sayuran tidak terlalu asin.

Rasio garam yang disarankan adalah sekitar satu sendok teh garam untuk setiap liter air. Hal itu sesuaikan saja dengan sayuran dan air yang digunakan untuk merebus ya!

6 dari 8 halaman

Perhatikan Durasi Waktu

Perhatikan durasi waktu ketika sayuran direbus. Hal ini guna mempertahankan tekstur sayuran agar tidak terlalu lembek dan tetap renyah.

Setiap sayuran memiliki durasi waktu masak yang berbeda, tergantung dengan tekstur yang diinginkan dan jenisnya. Umumnya, merebus sayuran untuk steak hanya memakan waktu maksimal 2 menit saja.

Misalnya, untuk merebus kentang yang memiliki tekstur keras biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, tergantung dengan ukuran potongan. Sayuran lain seperti, wortel membutuhkan waktu 5-10 menit, brokoli membutuhkan waktu 3-5 menit sampai tekstur lunak tetapi masih renyah, kacang polong 2-4 menit saja.

Hal ini sangat penting diperhatikan untuk menjaga kualitas sayur agar nilai gizi dan nutrisinya tetap terjaga. Merebus sayur terlalu lama justru akan membuat warna berubah dan teksturnya cenderung lembek.

7 dari 8 halaman

Angkat dan Tiriskan

Cara Merebus Sayuran untuk Steak © Diadona

Setelah sayuran matang, sesegera mungkin untuk diangkat dan ditiriskan. Cara ini untuk menghentikan proses pemasakan.

Sehingga, dapat  mencegah sayuran menjadi terlalu lembek akibat terlalu lama direbus di air mendidih. Selain itu, dengan meniriskan sayuran membantu menghilangkan kelebihan air rebusan.

Dengan begitu tidak akan mempengaruhi tekstur dan cita rasa saat sayuran dihidangkan dengan daging (steak). Langkah juga dapat menambah cita rasa kelezatan sayuran sebagai pelengkap hidangan steak.

8 dari 8 halaman

Simpan dengan Tepat

Jika sayuran yang sudah ditiriskan tidak langsung disajikan, sebaiknya simpan dalam wadah yang kedap udara. Pastikan sayuran yang disimpan sudah ditiriskan dengan baik dan memiliki suhu yang tidak terlalu panas.

Letakkan wadah tersebut di dalam lemari es untuk digunakan nanti. Cara ini dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas sayuran ketika disimpan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi atau tanda-tanda kebusukan pada sayuran.

Itulah tujuh cara merebus sayuran untuk steak yang bisa kamu coba. Pastikan untuk selalu memperhatikan tingkat kematangan sayur agar lebih tepat tekstur dan kematangan yang diinginkan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar