5 Cara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau dan Terjaga Nutrisinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 26 Januari 2023 13:25
5 Cara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau dan Terjaga Nutrisinya
Sayuran yang berwarna hijau bikin sajian terlihat makin cantik bukan?

WHO menyarankan kita buat makan setidaknya 250 gram sayur atau sekitar 2 porsi setiap hari. Keberadaan sayuran hijau di piring makananmu sangat penting untuk kesehatan tubuh, selain tu juga bikin 'look' makananmu makin menarik. Tapi setelah dimasak, nggak jarang sayuran tersebut berubah warna. Adakah cara merebus sayuran agar tetap hijau? Ada dong!

Sebelum ke cara menjaga warna sayuran biar tetep hijau selama proses perebusan, mungkin kamu kepo tentang sumber warna hijau tersebut dan mengapa terjadi perubahan warna ketika dimasak.

1 dari 6 halaman

Saat masih mentah, sayuran berwarna hijau karena keberadaan kloroplas yang diselimuti oleh kantong gas di dalam sel tumbuhan. Ketika dipanaskan, kantong udara itu mengembang dan terlepas, membuat kita akhirya bisa melihat warna hijau sebenarnya dari sayuran itu. Sayangnya nih warna tersebut cuman bertahan sebentar!

Sayuran kemudian akan berwarna kusam dan hijau kecoklatan. Ini karena proses perebusan yang sedang berlangsung membuat klorofil tersebut mengalir keluar dari sel ke dalam air. Proses ini juga terjadi ketika sayuran dimasak dengan cara ditumis. Alasannya, sebab suhu tinggi menyebabkan reaksi kimia yang menyebabkan klorofil yang cerah berubah menjadi kekuningan keabu-abuan.

Nah sekarang lanjut ke cara merebus sayuran agar tetap hijau. Apa aja yag bisa kita lakukan?

2 dari 6 halaman

Rebus Sayuran dengan Tambahan Sedikit Baking Soda

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap HijauCara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © shutterstock.com

Masukkan baking soda ke dalam air rebusan sayuran. Baking soda ini akan membuat air jadi basa yang pada akhirnya akan membuat klorofil ruak lebih lambat ketika terkena panas.

Memanfaatkan baking soda untuk mempertahankan warna hijau sayuran ketika direbus bisa kamu lakukan dengan cara berikut :

  • Didihkan air lalu tambakan sedikit baking soda
  • Atur jumlahnya ya jangan sampai kebanyakan karena bisa mempengaruhi rasa dari sayuran
  • Aduk sayuran, segera angkat ketika sudah empuk

3 dari 6 halaman

Rendam di Air Es

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap HijauCara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © wikihow

Untuk memaksimalkan warna hijau dalam sayuran yang direbus, kamu juga bisa menambahkan langkah lain berupa merendam sayuran yang baru saja direbus ke dalam mangkukberisi air es.

Sebab walaupun telah ditiriskan, sayuran yang masih panas akan tetap mengalami proses pemasakan atau pematangan. Merendamnya dengan air es akan menghilangkan suhu panas tersebut dan menghentikan proses pemasakan yang berpotensi bikin warna hijau sayuran lebih hilang.

Nggak cuman itu aja, merendam sayuran dengan air es juga bisa membuat sayuran jadi tetap renyah dan kandungan nutrisi lebih terjaga.

4 dari 6 halaman

Gunakan Panci Besar dan Air Mendidih dalam Jumlah Banyak

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap HijauCara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © shutterstock.com

Saat dimasak, ada enzim dalam sayuran yang memecah klorofil kemudian melepasnnya ke dalam air, membuat syuran jadi tak hijau lagi. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan merebus sayuran di panci besar dengan air mendidih dalam jumlah banyak. Dengan demikian, jumlah panas yang dihasilkan oleh air tersebut akan tinggi.

Hal ini akan menonaktikan enzim sebelum mereka bisa memecah klorofil. Panas ini akan membuat sayura matang dalam waktu sebentar sehingga rasa, warna dan nutrisinya tetap terjaga.

5 dari 6 halaman

Gunakan Waktu Singkat

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap HijauCara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © onceuponachef.com

Segera angkat sayuran dari air rebusan begitu sayur telah mencapai tingkat kematangan yang kamu inginkan. Meskipun sibuk dengan urusan dapur lainnya, kamu nggak boleh memasak sayuran secara overcook ya! Selain warnanya jadi berubah kecoklatan, teksturnya pun juga jadi lebih lembek.

6 dari 6 halaman

Tambahkan Sedikit Minyak Sayur ke Dalam Air Rebusan

Cara Merebus Sayuran Agar Tetap HijauCara Merebus Sayuran Agar Tetap Hijau © chiara conti on Unsplash

Dikutip dari The Kitchn, selama direbus sayuran akan kehilangan kelembaban di dalamnya yang bikin mereka nampak keriput dan mungkin saja berwarna akecoklatan. Nah, solusinya yaitu dengan melapisinya dengan sesuatu yang kedap air, yakni minyak.

Gunakan satu sndok makan minyak sayur untuk setiap 1 liter air rebusan. Jenis minyak yang kamu gunakan tergantung pada olahan sayuran apa yang ingin kau buat. Misalnya, tambahkan sedikit minyak wijen untuk merebus pakcoy yang akan kamu masak dengan tumisan bawang putih.

Cara merebus sayuran agar tetap hijau ternyata mudah dipraktikkan nih!

Beri Komentar