10 Cara Membuat Pastel Bihun Sayur, Simpel, Gurih, dan Super Renyah

Reporter : Arifina
Selasa, 28 November 2023 20:17
10 Cara Membuat Pastel Bihun Sayur, Simpel, Gurih, dan Super Renyah
Camilan lezat dan sehat yang mudah dibuat, cocok dinikmati bersama saus sambal.

Cara membuat pastel bihun sayur sangatlah mudah. Kalian bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah untuk menu camilan keluarga yang nikmat.

Pastel merupakan makanan sejenis gorengan yang terbuat dari adonan kulit tepung yang diisi dengan berbagai macam isian. Pastel memiliki banyak variasi isian, mulai dari bihun, sayuran, ayam, sosis, daging, dan lain-lain.

Hal inilah yang kemudian menjadikan menu jajanan pasar ini  banyak digemari oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang lezat, juga karena banyaknya variasi isian pastel, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Pastel biasanya banyak dijual di pasaran. Namun, kita tidak tahu apakah makanan tersebut dibuat dengan cara higienis atau tidak. Untuk itu, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti cara berikut, yuk simak!

1 dari 11 halaman

Perhatikan Pemilihan Bahan-Bahan

Cara Membuat Pastel Bihun Sayur © Diadona

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat suatu hidangan akan mempengaruhi hasil akhir masakan. Bahan yang segar dan berkualitas akan menghasilkan rasa yang lebih baik dibanding dengan bahan yang sudah lama disimpan.

Hal ini berlaku juga untuk pembuatan pastel bihur sayur. Pilihlah macam-macam sayuran yang berkualitas, karena didalamnya terdapat berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, saat membuat kulit pastel, gunakanlah tepung yang berkualitas dan masih baru. Hindari menggunakan bahan yang sudah lama disimpan karena cenderung memiliki rasa dan aroma yang kurang, serta berpotensi terkontaminasi oleh bakteri dan mengalami pembusukan.

Menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas akan membuat pastel bihun sayuran memiliki rasa yang lezat dan bergizi.

2 dari 11 halaman

Pastikan Proses Pengadukan Kulit Pastel Tepat

Cara membuat kulit pastel adalah dengan mencampurkan tepung terigu, margarin leleh, air hangat, dan garam. Bahan-bahan ini perlu diaduk hingga semuanya tercampur rata, namun tidak perlu diuleni sampai kalis.

Dengan cara ini maka kamu akan menghasilkan tekstur kulit pastel yang renyah dan enak. Jika adonan kulit pastel diuleni terlalu lama hingga kalis, justru dapat menyebabkan gluten terbentuk secara berlebihan.

Sehingga butiran mentega menjadi pecah dan menghasilkan tekstur yang padat dan kurang renyah. Kulit pastel terkenal dengan teksturnya yang ringan dan renyah. Karena itu, jangan aduk adonan hingga kalis agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

3 dari 11 halaman

Diamkan Adonan Kulit hingga Lentur

Setelah tercampur rata, adonan kulit pastel perlu didiamkan terlebih dahulu. Langkah ini untuk mendapatkan tekstur dan kekenyalan yang optimal.

Mendiamkan adonan dapat membantu memudahkan saat proses pemotongan. Selain itu, proses ini juga dapat membantu menghasilkan kulit pastel dengan tekstur yang lebih lembut, renyah, dan tidak terlalu keras saat digoreng.

Diamkan adonan cukup selama 15-30 menit saja. Jangan didiamkan terlalu lama karena dapat mengakibatkan kulit pastel menjadi terlalu keras dan kurang renyah.

4 dari 11 halaman

Perhatikan Pencetakan Adonan Pastel

Cara Membuat Pastel Bihun Sayur © Diadona

Sebelum diberi isian bihun dan sayur, kulit pastel perlu dicetak terlebih dahulu. Proses mencetak ini membutuhkan alat pencetak dan rolling pin untuk menggiling adonan.

Jika tidak memiliki alat pencetak, kamu bisa menggunakan mangkok untuk mencetak adonan pastel. Sesuaikan ukuran mangkok yang digunakan untuk mencetak kulit dengan ukuran pastel yang diinginkan.

Cara mencetak adonannya sangatlah mudah, ambil sejumlah adonan, kemudian giling dengan rolling pin hingga mencapai ketebalan yang diinginkan. Setelah itu, cetak adonan dengan menggunakan mangkok hingga membentuk lembaran kulit pastel

5 dari 11 halaman

Rendam Bihun dengan Air Panas

Setelah kulit pastel jadi, sekarang waktunya membuat isiannya. Siapkan bihun jagung kering, kemudian rendam dengan air panas hingga lunak selama beberapa menit.

Jangan merendam bihun terlalu lama karena dapat menyebabkan bihun menjadi terlalu lembek, patah, dan bahkan hancur. Bihun tidak perlu direbus karena untuk membuat pastel dibutuhkan tekstur bihun yang lebih lembut dan ringan.

6 dari 11 halaman

Rebus Kentang dan Wortel

Sesudah merendam bihun, siapkan kentang dan wortel. Kupas kulitnya dan potong sesuai kebutuhan, setelah itu, rebus hingga empuk. Tambahkan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu hambar.

Biasanya waktu yang diperlukan untuk merebus kentang dan wortel hingga empuk sekitar 10-20 menit. Untuk mengetahui apakah kentang dan wortel sudah lunak bisa dengan cara menusukkan garpu.

Jika garpu dapat ditusukkan dengan mudah, berarti tandanya kentang dan wortel sudah matang serta lunak. Angkat dan diamkan kentang serta wortel selama beberapa saat hingga dingin sebelum dimasak kembali.

7 dari 11 halaman

Tumis Isian Pastel Terlebih Dahulu

Cara Membuat Pastel Bihun Sayur © Diadona

Sebelum isian pastel dimasukkan ke adonan, maka perlu ditumis terlebih dahulu. Siapkan bawang merah dan bawang putih, iris tipis lalu tumis hingga wangi. Masukkan kentang dan wortel yang sudah direbus, aduk rata.

Setelah itu, masukkan bihun kemudian tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, lada, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata, koreksi rasa. Jika dirasa kurang pas, tambahkan lagi bumbunya, lalu masak hingga matang.

Matikan kompor, lalu diamkan isian pastel hingga dingin agar saat dibungkus nanti tidak terlalu panas.

8 dari 11 halaman

Perhatikan Proses Membungkus Pastel

Sebelum membungkus pastel, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap. Ambil selembar kulit pastel yang sudah dicetak, letakkan isian yang sudah ditumis sebelumnya.

Tambahkan irisan telur rebus jika suka, kemudian lipat adonan menjadi setengah lingkaran. Rapatkan bagian pinggirnya, tambahkan sentuhan akhir dengan menggunakan garpu jika suka.

Pastikan untuk menambahkan isian secukupnya saja, jangan terlalu banyak agar mudah untuk dibungkus. Selain itu, berhati-hatilah saat melipat kulitnya karena rentan robek.

9 dari 11 halaman

Goreng Pastel di Minyak Panas

Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng pastel sudah benar-benar panas. Hal ini bertujuan agar pastel bisa matang dengan cepat dan merata.

Minyak yang panas dapat membantu menciptakan pastel dengan lapisan luar yang renyah dan lembut di dalam. Selain itu, suhu minyak yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya penyerapan minyak secara berlebihan ke dalam pastel.

Panaskan terlebih dahulu minyak sebelum mulai menggoreng pastel, agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

10 dari 11 halaman

Sajikan Pastel dengan Cocolan Saus

Cara Membuat Pastel Bihun Sayur © Diadona

Setelah pastel digoreng hingga matang, tiriskan terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa minyak berlebih. Sajikan pastel dengan pelengkap seperti sambal, acar, saus kacang, saus tomat, mayonaise, cabe, daun bawang, ataupun seledri.

Jika tidak ingin langsung dimakan, pastel juga bisa disimpan dalam freezer sebelum digoreng. Pastel bisa bertahan selama beberapa bulan jika disimpan dalam freezer. Meskipun bisa bertahan lama, akan tetapi sebaiknya segera konsumsi pastel setelah dibuat agar kualitas dan rasanya tetap terjaga.

Itulah cara membuat pastel bihun sayur yang lezat dan sehat. Mudah banget kan cara buatnya? Selain bisa diisi dengan kentang dan wortel, pastel juga bisa beri isian lain seperti ayam, sosis, daging, ataupun berbagai sayuran lain.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar