8 Cara Memanggang Kentang di Microwave, Lebih Cepat Empuk dan Bikin Memasak Semakin Praktis!

Reporter : Arifina
Rabu, 6 Desember 2023 16:07
8 Cara Memanggang Kentang di Microwave, Lebih Cepat Empuk dan Bikin Memasak Semakin Praktis!
Praktis dan sat set, begini cara memanggan kentang di microwave.

Cara panggang kentang di microwave bisa kamu jadikan referensi mengolah makanan berkabohidrat satu ini. Proses memsak kentang yang satu ini menjadi langkah yang praktis dan cepat untuk menikmati makanan bergizi tersebut.

Kentang panggang menjadi salah satu olahan masakan yang cukup nikmat bila kamu sedang bosan dengan menu makanan harian yang itu-itu saja. Menu ini bisa menjadi alternatif menikmati kentang selain digoreng, direbus, ataupun diolah menjadi sajian berbagai masakan.

Biasanya olahan kentang panggang ini disajikan bersamaan dengan steak, pasta, atau makanan western lainnya. Tidak hanya enak dan lezat saja, hidangan ini juga dianggap sehat karena hanya menggunakan sedikit minyak dalam pengolahannya.

1 dari 9 halaman

Cara Panggang Kentang di Microwave © Diadona

Selain itu, kentang panggang juga bisa dinikmati secara langsung. Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan dapat dikonsumsi untuk menjadi pengganti nasi.

Dilansir dari hellosehat.com, tidak hanya karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Dari beberapa kandungan tersebut kentang dapat menurunkan risiko penyakit kronis, menjaga kesehatan pencernaan,menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lainnya.

Namun, cara memanggng kentang membutuhkan beberapa teknik dan tips agar rasa dan teksturnya lebih pas dan juga bergizi. Salah satunya, kentang bisa dipanggang dalam microwave lho! Yuk, simak tipsnya berikut!

2 dari 9 halaman

Pilih Kentang Berkualitas Baik

Cara yang paling penting untuk dilakukan dalam mengolah kentang menjadi hidangan yang lezat adalah dengan memilih kentang kualitas baik. Sebab, kentang panggang diolah beserta kulitnya, maka kualitas kentang harus benar-benar baik dan bagus.

Hindari kentang yang berwarna hijau dan selalu perhatikan treksturnya saat membeli. Kentang berwarna hijau cenderung masih muda atau terlalu lama disimpan di bawah sinar matahari yang dapat mempengaruhi kualitas ketika diolah.

Biasanya kentang berkualitas baik memiliki tekstur permukaan kulit yang halus. Pilih juga kentang yang cukup berat, tidak memiliki goresan atau lubang yang cukup besar agar kualitas kentang tetap baik dan bagus.

3 dari 9 halaman

Cuci Bersih Kentang

Setelah memastikan kentang berkualitas baik, maka langkah selanjutnya cuci bersih dengan air mengalir. Jangan lupa, cuci sambil gosok-gosok perlahan permukaan kentang agar debu, pasir, ataupun tanah yang masih menempel hilang dan bersih.

Pentingnya untuk mencuci kentang pada air mengalir adalah agar kotoran langsung hilang. Jika kentang sudah dicuci, segera tiriskan dan lap pada seluruh bagiannya menggunakan tisu dapur.

Pastikan kentang sudah benar-benar kering sebelum dipanggang di dalam microwave ya!

4 dari 9 halaman

Tusuk Kentang dengan Garpu atau Tusuk Gigi

Cara Buat Perkedel Kentang Enak © Diadona

Sebelum proses pemamnggangan di microwave, pastikan kamu menata kentang di atas piring atau nampan anti panas. Kemudin, tusuk pada beberapa bagian kentang menggunakan tusuk gigi atau garpu.

Langkah ini bertujuan agar bumbu kentang bisa lebih meresap. Selainh itu, cara ini juga dapat menghindarkan kentang meledak ketika proses pemanggangan di dalam microwave.

Menusuk-nusuk pada bagian kentang juga akan membuatnya matang sempurna dan empuk sampai bagian dalamnya.

5 dari 9 halaman

Baluri dengan Minyak Zaitun dan Garam

Pastikan untuk membumbui kentang dengan sedikit olesan minyak zaitun dan sedikit garam di atasnya. Cara ini dapat dilakukan sebelum atau sesudah kentang dipanggang dalam microwave.

Jika dilakukansebelum dipanggang, maka minyak akan membantu kelembaban kentang saat proses pemanggangan di dalam microwave. Namun, jika  dilakukan sesudah dipanggang, maka lakukan pemanggangan kembali setelah pengolesan minyak zaitun dan garam.

Panggang dengan posisi kentang yang terbalik sebelumnya agar kematangan kentang lebih merata sempurna.

6 dari 9 halaman

Panggang di Suhu Tinggi

Perhatikan saat proses pemanggangan kentang. Disarankan saat proses membumbui kentang sambil memanaskan microwave dengan suhu tinggi dan panas.

Biasanya kentang dipanggang dalam microwave dengan suhu sekitar 200-220 derajat celcius selama beberapa menit. Hal ini tergantung banyaknya dan bentuk kentang yang dipanggang.

memanggang dengan suhu tinggi akan memberikan efek panggangan pada kulitnya yang lebih crunchy, tapi bagian tengah kentang tetap matang dan lembut.

7 dari 9 halaman

Perhatikan Waktu Memasak

Cara Panggang Kentang di Microwave © Diadona

Perhatikan proses pemanggangan kentang pada microwave . Jika sudah dipastikan pans, masukkan kentang yang sudah ditata pada nampan.

Cukup panggang selama 5-6 menit untuk dua buah kentang atau 10-12 menit untuk empat buah kentang. Jika dengan durasi waktu tersebut kentang belum matang, kamu bisa menambahkan waktu sekitar 1-2 menit lagi agar kentang matang menyeluruh.

Durasi waktu yang digunakan untuk memanggang ini tergantung jumlah banyaknya kentang yang dipanggang ya!

8 dari 9 halaman

Periksa Kematangan Kentang

Jika waktu masak kentang sudah selesai, periksa kentang dengan menusukkan pisau atau garpu ke bagian dalamnya. Jika pisau ditusuk mudah, artinya kentang sudah matang.

Namun, jika pisau masih terasa sulit ditusukkan, artinya kentang masih belum matang karena kurang empuk. Sehingga kamu masih perlu waktu lagi untuk memanggangnya di dalam microwave. Penting untuk memeriksa tingkat kematangan kentang agar lebih nikmat saat disajikan.

9 dari 9 halaman

Diamkan Selama Lima Menit sebelum Dikonsumsi

Setelah kentang matang, segera keluarkan dari microwave dan diamkan pada suhu ruang kurang lebih selama lima menit. Letakkan kentang pada aluminium foil dalam keadaan kentang masih panas.

Cara ini akan memudahkan bagian kentang yang memungkinkan belum matang dan membantu kentang matang dengan merata. Sealin itu, juga dapat membuat kentang menjadi lebih lembut dan bagian luarnya tidak mudah kering saat akan disajikan.

Itulah beberapa cara memanggang kentang di microwave yang bisa kamu coba dan praktekkan di rumah. Hasilnya, dijamin enak dan tekstur kentangnya lembut sempurna. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar