7 Tips Memasak Dendeng Balado yang Empuk dan Juicy, Cocok untuk Menu Hidangan Keluarga

Reporter : Arifina
Rabu, 25 Oktober 2023 18:07
7 Tips Memasak Dendeng Balado yang Empuk dan Juicy, Cocok untuk Menu Hidangan Keluarga
Olahan daging dengan bumbu balado yang pedas yang nampol abis! Begini tips membuatnya!

Tips memasak dendeng balado khas Minang bisa kamu jadikan referensi saat mengolah masakan satu ini. Dengan memperhatikan cara pengolahan yang benar, maka kamu akan mendapati ilahan dendeng balado dengan rtesktur daging yang juicy dan empuk.

Dendeng balado diolah menggunakan bahan utama aging sapi yang juicy dan dibalut dengan bumbu cabe pedas balado yang menggoda. Menu masakan ini banyak digemari masyarakat Tanah Air karena mudah didapatkan  di rumah makan Padang.

1 dari 10 halaman

Cara membuat dendeng sapi balado © Diadona

Dendeng balado dapat diolah menjadi berbagai variasi seperti, dendeng kering dan dendeng basah. Kedua olehan dendeng balado tersebut terasa nikmat dengan cita rasa bumbu khas Padang dan cabai.

Cara mengolahnya pun sebenarnya mudah, asal kamu mengetahui tipsnya dengan tepat. Berikut tips memasak dendeng balado yang empuk dan juicy!

2 dari 10 halaman

Pilih Daging yang Tepat

Jika ingin mendapati rasa dendeng balado dengan tekstur yang lembut dan empuk maka perhatikan saat pemilihan daging. Gunakan daging sapi has dalam atau daging sengkel pada sapi.

Pastikan juga memilih daging sapi yang segar dan tidak memiliki banyak lemak berlebih. Meskipun dendeng balado tidak mengandung lemak berlebih, kamu dapat menambahkan sedikit minyak untuk membantu daging membentuk tekstur garing luarnya.

Hal ini juga membantu menjaga keseimbangan rasa, tekstur, dan gizi dalam hidangan dendeng balado yang lezat.

3 dari 10 halaman

Perhatikan Cara Pemotongan Daging

Membuat dendeng balado yang pas dan empuk juga berkaitan dengan cara pemotongan pada daging lho! Pastikan kamu memotong daging dengan tipis untuk menghasilkan dendeng yang empuk.

Memotong daging dengan ukuran kecil akan memudahkan saat memakannya. Daging yang tipis juga lebih cepat meresap marinasi bumbu.

Daging yang tipis juga memudahkan proses penggorengan yang lebih cepat. Cara ini pun membantu menghindari daging overcooking.

Gunakan pisau yang tajam untuk memotong daging yang tipis agar hasil potongannya lebih rapi ya!

4 dari 10 halaman

Marinasi Daging

Tips Memasak Dendeng Balado © Diadona

Setelah daging diiris tipis, marinasi daging dengan bumbu-bumbu dapur, seperti garam, lada, kecap, dan gula sesuai selera. Jangan lupa untuk menghaluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan garam agar tekstur daging lebih gurih dan juicy.

Marinasi ini akan membantu menghilangkan rasa daging mentah atau aroma daging yang kurang sedap. Selanjutnya, simpan selama beberapa jam atau semalaman di dalam kulkas.

Langkah ini untuk membantu bumbu marinasi meresap dan melunakkan daging. Selain itu, dengan menyimpannya di lemari es dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada daging.

5 dari 10 halaman

Rebus Daging Terlebih Dahulu

Sebelum daging digoreng atau diolah lebih menjadi dendeng balado, pastikan untuk merebusnya lebih dahulu. Cara ini akan membantu melunakkan daging, terutama jika potongan daging keras atau kasar.

Proses perebusan daging akan membuat sera-serat daging lebih empuk saat digigit atau dimakan. Selain itu, daging yang direbus cenderung akan lebih cepat matang saat digoreng.

Hal ini akan membantu menghemat waktu saat memasak dan akan menghasilkan dendeng yang garing di luar dan empuk di dalam.

6 dari 10 halaman

Goreng Daging Sebentar Saja

Tidak perlu lama-lama untuk menggoreng daging, kamu hanya membutuhkan 5-10 menit saja. Apalagi, jika irisan daging tipis tidak membutuhkan waktu lebih lama untuk memasaknya.

Cukup panaskan sedikit minyak dalam wajan dengan api kecil-sedang. Goreng potongan daging dalam minyak yang panas hingga berubah warna kecoklatan dan matang. Pastikan untuk tidak terlalu lama menggoreng daging agar tetap empuk dan tidak keras saat akan disajikan.

7 dari 10 halaman

Siapkan Bumbu Balado dengan Tepat

Tips Memasak Dendeng Balado © Diadona

Selain bumbu marinasi, pastikan bumbu balado yang kamu gunakan enak dan dapat meresap baik ke dalam daging. Cukup dengan menghaluskan cabai merah besar, bawang merah, daun jeruk, perasan air jeruk nipis, garam, dan gula dijamin rasa dan aroma pada bumbu lebih kuat dan pekat.

Kamu bisa menentukan jumlah dan takaran bumbu sesuai resep atau selera. Untuk rasa lebih pedas, tambahkan banyak cabai rawit. Haluskan atau ulek semua bumbu agar lebih tercampur ke seluruh daging saat nanti dimasak.

8 dari 10 halaman

Perhatikan Cara Memasaknya

Setelah daging dimarinasi, disimpan dalam kulkas, dan digoreng, lanjutkan dengan mencampurkan daging dan bumbu balado. Cara ini harus diperhatikan agar rasa dan aroma dendeng balado enak, serta tidak merusak tekstur daging yang garing bagian luarnya dan juicy di bagian dalamnya.

Panaskan sedikit minyak goreng, masukkan bumbu balado yang sudah dihaluskan atau diulek. Tambahkan daun jeruk dan masak hingga harum dan matang. Selanjutnya, masukkan garam, lada, gula dan perasan air jeruk nipis.

Koreksi rasa, jika rasa sudah pas masukkan daging dan aduk merata hingga semua berlumur bumbu balado. Jika tidak ingin mencampurkan keduanya, cukup letakkan dendeng diatas piring lalu siramkan bumbu balado diatasnya.

9 dari 10 halaman

Itulah tips memasak dendeng balado yang empuk dan juicy. Menu makanan ini cocok disajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

 

Beri Komentar