8 Tips Membuat Bacem Tahu Tempe, Kenyal, Gurih, Lezat, dan Rasa Manisnya Pas!

Reporter : Arifina
Rabu, 29 November 2023 18:07
8 Tips Membuat Bacem Tahu Tempe, Kenyal, Gurih, Lezat, dan Rasa Manisnya Pas!
Ternyata begini membuat bacem tahu tempe yang rasa legit dan gurihnya pas!

Tips membuat bacem tahu tempe dengan cita rasa lezat dan menggugah selera perlu diperhatikan agar mendapati hasil masakan yang super nikmat. Dengan cita rasa khas manis dan gurih, bacem tempe tahu banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air sebagai lauk sehari-hari.

Tahu tempe bacem menjadi alternatif lauk pendamping makan yang nikmat. menu olahan tahu tempe ini sangat nikmat walaupun hanya dimakan dengan nasi hangat.

Namun, lebih lezat lagi jika mengkonsumsi tahu tempe bacem dengan sambal dan sayur lalapan. Hidangan ini sangat mudah ditemukan dan diolah.

Jika ingin mencoba membuatnya dirumah, simak beberapa tips berikut agar hasilnya gurih dan legit sempurna.

1 dari 9 halaman

Siapkan Bahan yang Berkualitas

Tips Membuat Bacem Tahu Tempe © Diadona

Pastikan tahu dan tempe yang akan kamu gunakan untuk membuat menu olahan bacem ini memiliki kualitas yang baik dan masih segar. Tahu yang memiliki tekstur lebih padat dan tempe yang tidak terlalu keras akan lebih baik jika digunaka.

Dengan bahan berkualitas, bumbu yang dimasak juga akan lebih meresap. Tahu atau tempe yang tidak segar biasanya memiliki aroma yang tidak enak dan tekstur yang lembek atau bahkan berlendir.

Jika tahu dan tempe menunjukkan ciri-ciri tersebut, artinya tahu dan tempe sudah tidak layak diolah atau dikonsumsi. Tidak hanya tahu dan tempe, bahan lainnya seperti gula merah dan air kelapa juga harus memiliki kualitas yang baik agar aman saat dikonsumsi.

 

2 dari 9 halaman

Rendam Tahu Tempe dengan Air Garam

Sebelum tahu tempe diolah menjadi bacem, alangkah baiknya rendam terlebih dahulu dengan air dan garam secukupnya. Tidak perlu waktu yang lama, cukup rendam selama beberapa menit saja agar tekstur tahu tempe yang lembut tidak mudah hancur.

Melakukan perendaman di air garam dapat membantu mengurangi rasa amis pada tahu dan tempe. Selain itu, cara ini juga membantu membuka tekstur tahu dan tempe agar bumbu lebih meresap saat diolah menjadu bacem.

3 dari 9 halaman

Gunakan Gula Merah

Rasa manis yang didapati pada tahu tempe bacem dihasilkan dari tambahan kecap manis. Namun, agar rasa tahu tempe bacem lebih lezat dan gurih, kamu bisa menggunakan gula merah.

Gunakan gula merah berkualitas baik agar warna yang dihasilkan lebih pekat dan menarik. Selain tampilan yang menarik, rasa yang dihasilkan tahu tempe bacem lebih gurih banget lho!

4 dari 9 halaman

Perhatikan Proses Memasak

Tips Membuat Bacem Tahu Tempe © Diadona

Setelah tahu dan tempe direndam, masukkan ke dalam bumbu yang sudah disiapkan di dalam wajan sebelum dimasak. Bumbu tersebut biasanya terdiri dari air kelapa, gula merah, kecap manis, daun salam, serai, lengkuas, ketumbar, bawang putih, bawang merah, garam, dan penyedap rasa secukupnya.

Kemudian masak dengan cara direbus sampai air rebusan menyusut dan meresap ke dalam tahu dan tempe agar saat dinikmati bumbu lebih lezat. Pastikan semua tahu dan tempe bisa terendam air rebusan dan bumbu saat dimasak.

Masukkan air kelapa untuk menambah cita rasa dari bacem tahu tempe yang dibuat.

5 dari 9 halaman

Masak Tahu dan Tempe Secara Terpisah

Tips agar mendapati hasil tempe dan tahu matang sempurna, kamu bisa melakukan proses pemasakan secara terpisah. Tahu dan tempe memiliki tekstur yang berbeda jauh.

Tahu yang memiliki tekstur lembut dan lembek, sedangkan tempe memiliki tekstur yang lebih padat. Tahu akan mudah hancur ketika dimasak dengan air dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menghindari tahu hancur, sebaiknya masak tahu dan tempe secara terpisah. Perbedaan tekstur tahu dan tempe akan mempengaruhi hasil akhir saat setelah dimasak.

6 dari 9 halaman

Masak dengan Api Kecil

Saat tahu dan tempe dimasak, sebaiknya masak dengan menggunakan api kecil. Penggunaan api saat proses memasak akan mempengaruhi hasil dan rasa bacem.

Api yang kecil akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam tahu dan tempe saat dimasak. Jika saat proses merebusnya menggunakan api besar, tahu dan tempe akan cenderung kurang matang merata.

Api yang besar juga dapat lebih cepat menyusutkan air sehingga bumbu bacem kurang meresap. Masak selama beberapa jam sambil terus bolak balik tahu atau tempe agar matang merata.

7 dari 9 halaman

Tutup Wajan saat Memasak

Resep Tahu Tempe Bacem Khas Jogja © Diadona

Pastikan untuk selalu menutup wajan atau panci yang digunakan untuk memasak bacem tahu tempe. Hal ini bertujuan agar bumbu lebih meresap ke dalam tahu tempe dan matang secara merata.

Selain itu, cara ini juga bisa menghasilkan aroma gurih dari bacem tidak banyak keluar ke suhu luar. Dengan menutup wajan saat memasaknya, kamu juga dapat juga menjaga kualitas bacem lebih lebih baik.

8 dari 9 halaman

Panggang Tahu Tempe Bacem

Untuk mendapatkan cita rasa bacem lebih nikmat, sebelum disajikan kamu bisa memanggangnya terlebih dahulu. Namun, sebelum dipanggang, pastikan tahu tempe yang sudah matang ditiriskan terlebih dahulu.

Langkah ini bertujuan agar tidak terlalu banyak air yang meresap pada pori-pori tahu atau tempe. Jika ingin tahu tempe bacem terasa agak krispi dan smokey, sebaiknya panggang bagian luar tahu dan tempe bacem.

Panggang tahu tempe bacem sekitar 20-25 menit menggunakan panggangan sambil terus bolak balik agar tidak gosong.

Itulah tujuh tips membuat bacem tahu tempe yang tepat. Rasanya dijamin jadi lebih enak dan nikmat. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar