11 Cara Agar Beras Tidak Berkutu, Ampuh dan Awet Lebih Lama

Reporter : Arifina
Senin, 13 Maret 2023 15:17
11 Cara Agar Beras Tidak Berkutu, Ampuh dan Awet Lebih Lama
Mengatasi beras agar tidak berkutu mudah banget lho!

Beras adalah jenis bahan pokok yang menjadi pilihan banyak orang untuk menu makanan sehari-hari. Tetapi, seringkali kita mengalami masalah dengan kutu beras yang merusaknya.

Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan menyebabkan beras tidak lagi layak untuk dikonsumsi. Kutu beras biasanya muncul di tempat yang lembab dan gelap, sehingga bisa menghasilkan telur kutu beras dan semakin banyak berkembang biak.

Jika beras yang kamu miliki sudah terinfeksi kutu, sebaiknya segera membersihkannya. Berikut adalah beberapa cara agar beras tidak berkutu yang sudah dirangkum diadona.id dari berbagai sumber, dan bisa memanfaatkan bahan alami di rumah, lho!

1 dari 12 halaman

Simpan Beras di Wadah Kedap Udara

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Cara pertama agar beras tidak berkutu adalah dengan menyimpannya di wadah kedap udara. Langkah ini untuk mencegah masuknya udara lembab yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya kutu pada beras.

Kamu bisa memilih wadah yang terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama seperti plastik atau kaca.

2 dari 12 halaman

Pakai Daun Salam

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Tidak hanya berguna untuk masakan, ternyata daun salam cukup ampuh untuk mengusir kutu beras. Caranya mudah, kamu hanya perlu menaruh beberapa lembar daun salam kering dan bersih di dalam wadah penyimpanan beras.

3 dari 12 halaman

Bawang Putih

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Kandungan senyawa allicin pada bawang putih memiliki efek antibakteri dan antijamur yang kuat. Aroma khas dari bawang putih rupanya ampuh untuk menghilangkan kutu beras lho!

Kamu hanya perlu menaruh beberapa siung bawang putih yang dudah di kupas ke dalam tempan penyimpanan beras.

4 dari 12 halaman

Jemur di Bawah Terik Matahari

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Jika berasmu sudah terlanjur terkena kutu, cara tercepat untuk menghilangkannya adalah dengan menjemurnya di bawah terik matahri. Caranya, siapkan wadah seperti nampan atau benda cekung yang lebar.

Kemudian, letakkan beras ke wadah tersebut atau kamu juga bisa meletakkannya di atas koran. Jemur beras yang terinfeksi kutu di tempat yang terkena sinar matahari kurang lebih sekitar 15-30 menit atau sampai kutunya hilang.

Biasanya, kutu beras suka hidup di tempat yang lembab dan gelap. Oleh karena itu, menjemurnya di bawah sinar matahari akan membuat kutu merasa tidak nyaman karena mereka tidak menyukai panas dari sinar matahari.

5 dari 12 halaman

Kayu Manis

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Kayu manis memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu menghilangkan kutu beras, lho! Cukup siapkan beberapa kulit kayu manis, lalu letakkan ke dalam wadah penyimpanan beras.

6 dari 12 halaman

Daun Jeruk

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Ini juga cara alami untuk menghilangkan kutu beras, yakni dengan menggunakan daun jeruk. Wangi yang dihasilkan dari daun jeruk nipis dapat mencegah kutu beras dan hama bubuk mendekati beras simpanan.

Untuk melakukannya, cukup letakkan beberapa helai daun jeruk nipis di dalam wadah penyimpanan beras.

7 dari 12 halaman

Cengkeh

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Meletakkan cengkeh di antara butiran beras juga dapat mengusir kutu. Seperti daun salam, cengkeh memiliki aroma yang tidak disukai oleh kutu.

Namun, cara ini sedikit berisiko karena dapat mengubah rasa beras. Kamu bisa menyiapkan beberapa cengkeh di dalam mangkuk kecil dan letakkan di tengah-tengah butiran beras. Dengan cara ini akan memudahkan kamu untuk mengambil cengkeh saat kutu sudah keluar dari beras.

8 dari 12 halaman

Masukkan dalam Freezer

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan kutu pada beras adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Beras yang dingin ternyata dapat membunuh larva dan telur kutu, karena suhu yang dingin tidak dapat dijangkau oleh mereka.

Stok beras yang terinfeksi kutu dapat disimpan di dalam freezer selama 3-4 hari, atau sampai kutu mati. Setelah itu, keluarkan beras dan keringkan hingga benar-benar kering sebelum disimpan kembali.

9 dari 12 halaman

Cabai Merah Kering

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Cabai merah kering juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras, lho! Kamu hanya perlu meletakkan beberapa cabai kering di bagian dalam tumpukan beras dan biarkan kutu beras keluar dengan sendirinya.

10 dari 12 halaman

Manfaatkan Kotak Korek Api

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Mungkin kamu cukup terkejut membaca cara yang satu ini, ya memanfaatkan kotak korek api untuk mengghilangkan kutu beras cukup efektif dilakukan, lho!

Aroma belerang pada kotak korek api ternyata tidak disukai oleh kutu beras sehingga dapat menjadi cara efektif untuk mengusir mereka. Cukup letakkan beberapa kotak korek api di dalam tempat penyimpanan beras, maka kutu beras akan pergi dengan sendirinya.

11 dari 12 halaman

Kopi

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Kamu juga bisa nih menggunakan kopi yang telah disangrai untuk mengusir kutu pada beras. Aroma kopi yang cukup kuat dapat membantu mencegah dan mengusir kutu.

Gunakan biji kopi utuh atau bubuk kopi yang telah disangrai dan letakkan dalam plastik yang telah dilubangi kecil-kecil. Kemudian masukkan plastik tersebut ke dalam wadah penyimpanan beras.

12 dari 12 halaman

Cara Agar Beras Tidak Berkutu © Diadona

Itulah beberapa cara efektif untuk menghilangkan kutu beras dengan bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Selain itu, pastikan kamu juga menyimpan beras di tempat yang kering dan terlindungi dari udara lembab.

Langkah tersebut untuk mencegah kutu beras muncul kembali. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar