8 Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk, Tetap Segar dan Bikin Daging Tak Menghitam

Reporter : Arifina
Kamis, 9 Maret 2023 18:07
8 Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk, Tetap Segar dan Bikin Daging Tak Menghitam
Dengan trik ini, alpukat bisa bertahan hingga 3 bulan lho!

Alpukat adalah salah satu buah yang sering dijadikan pilihan bagi masyarakat Tanah Air untuk konsumsi sehari-hari. Selain rasanya yang enak, buah alpukat juga cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan  seperti jus, es buah, sandwich, dan masih banyak lagi.

Tak hanya lezat, alpukat juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di antaranya, vitamin C, E, K, B6, riboflavin, asam folat, dan masih banyak lainnya. Namun, untuk menyimpan alpukat agar tetap segar dalam waktu yang lama memang agak tricky.

1 dari 9 halaman

Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan cara penyimpanannya dengan benar agar alpukat tetap matang dan segar dengan waktu yang lama. Jika tidak disimpan dengan tepat, maka  buah ini akan cepat busuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Nah, jika tahu cara menyimpan alpukat yang benar, maka buah ini akan bisa bertahan lebih lama bahkan hingga 3 bulan. Berikut diadona.id rangkumkan, tips agar alpukat tidak cepat busuk dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

2 dari 9 halaman

Simpan Alpukat dalam Kulkas

Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk © Diadona

Langkah ini bisa membuat alpukatmu bertahan lebih lama. Jika sudah matang dan belum dipotong, kamu dapat menyimpan alpukat di dalam kulkas. Suhu dingin kulkas dapat memperlambat proses pematangan buah tersebut.

Biasanya, buah alpukat yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan setidaknya hingga lima hari.

3 dari 9 halaman

Taruh Alpukat di Suhu Ruangan

Ilustrasi Buah Alpukat © Diadona

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar alpukat tidak cepat busuk, adalah dengan menyimpannya di suhu ruangan. Masukkan alpukat ke dalam keranjang dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Dilansir dari allrecipes.com, cara ini dapat membuat alpukat tahan hingga lima hari. Jangan lupa untuk selalu memeriksa secara berkala dengan cara menekan buah tersebut dengan lembut.

4 dari 9 halaman

Simpan dengan Bawang

Manfaat alpukat untuk ibu hamil © Diadona

Rupanya, selain menjadi pelengkap bumbu, bawang merah juga bisa digunakan untuk membuat alpukat tidak cepat busuk, lho! Dilansir dari eatingwell.com, cara agar alpukat tidak busuk ini cukup mudah.

Pertama, kamu perlu memotong buah alpukat menjadi dua bagian Selanjutnya, masukkan ke dalam wadah bersama dengan potongan bawang merah. Simpan di dalam kulkas dengan penutup. Cara ini dapat membuat alpukat tahan hingga dua hari dengan tampilan alpukat berwarna cantik.

5 dari 9 halaman

Jauhkan dari Buah-Buahan Lainnya

Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk © Diadona

Buah alpukat bisa dibilang tidak cocok bersanding dengan beberapa buah lainnya. Dilansir dari thekitchn.com, alpukat sebaiknya tidak disimpan bersamaan dengan pisang dan apel.

Karena pisang dan apel mengeluarkan hormon yang mempercepat proses pematangan alpukat. Hal ini justru akan membuat buah berwarna kuning kehijauan tersebut cepat busuk jika sudah matang.

6 dari 9 halaman

Olesi Alpukat dengan Minyak

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Tidak banyak yang tahu, minyak dapat mencegah alpukat cepat busuk. Caranya, kamu cukup memotongnya menjadi dua bagian dan olesi bagian daging buah alpukat dengan minyak.

Gunakan minyak yang tidak merubah rasa seperti minyak zaitun atau minyak alpukat. Kemudian, simpan alpukat dalam wadah kedap udara.

7 dari 9 halaman

Bekukan Alpukat di Freezer

Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk © Diadona

Tips ini dapat membuat alpukat bertahan hingga 3 bulan lho! Caranya, kamu bisa pisahkan dulu kulit dan biji alpukat.

Kemudian masukkan daging buah ke dalam plastik kedap udara dengan cara divakum. Langsung simpan di dalam freezer deh!

8 dari 9 halaman

Bungkus dengan Kertas

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Alpukat yang masih utuh juga dapat dimasukkan ke dalam kantung kertas. Tips ini dapat mencegah alpukat cepat membusuk dengan menyerap uap dan udara. Usahakan untuk menyimpan alpukat tanpa dicampur dengan jenis buah lainnya.

9 dari 9 halaman

Masukkan Alpukat ke Wadah Berisi Air

Tips Agar Alpukat Tidak Cepat Busuk © Diadona

Menurut allrecipes.com, kamu bisa membuat alpukat tidak cepat busuk dengan menempatkannya ke wadah berisi air. Caranya, cuci, kupas, dan potong daging alpukat terlebih dahulu.

Setelah itu siapkan wadah berisi air dan masukkan potongan-potongan alpukat ke dalam wadah tersebut. Tips ini tidak hanya untuk alpukat yang telah matang dan sudah dipotong, tapi untuk buah yang utuh juga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama, lho!

Nah, itulah deretan tips agar alpukat tidak cepat busuk. Silahkan diterapkan ya!

Beri Komentar