9 Cara Memasak Beras Merah Agar Cepat Lunak dan Super Pulen

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 11 Oktober 2022 14:24
9 Cara Memasak Beras Merah Agar Cepat Lunak dan Super Pulen
Mulai dari merendamnya terlebih dahulu atau dengan trik khusus.

Beras merah bagus banget buat kesehatan karena kandungan kalori dan indeks glikemiknya yang lebih rendah sementara membawa serat dan mineral yang lebih kayak ketimbang beras putih. Namun perlu diketahui karena beras merah memiliki tekstur yang lebih keras maka ada cara memasak beras merah agar cepat lunak dan ini berbeda dengan beras putih biasa.

Warna merah pada beras merah disebabkan oleh adanya kandungan antosianin yang terdapat pada lapisan tipis dan berserat-serat hingga lapisan luar endosperm beras. Antosianin ini punya manfaat buat tanaman itu sendiri dan juga kesehatan manusia. Seratnya lima kali lipat dibanding dengan beras putih biasa. Jadi, jangan ragu deh buat segera mengomsumisnya.

Beras merah cenderung lebih keras karena lapisan kulit arinya yang lebih tebal. Untuk cara memasak beras merah agar cepat lunak, mikuti aja deh tips yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cuci Beras 2-3 Kali

Cara Memasak Beras Merah Agar Cepat Lunak © Diadona

Seperti halnya memasak beras putih, beras merah pun juga harsu dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Usahakan untuk mencucinya sebanyak 2-3 kali saja sampai kotorannya hilang ya. Mencuci beras merah secara berulang-ulang bisa menyebabnkan kandungan vitamin di dalamnya larut bersama dengan air dan terbuang.

Melansir Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gr nasi beras merah, terdapat komposisi gizi sebagai berikut:

  • Air: 64 gr
  • Energi: 149 Kal
  • Protein: 2.8 gr
  • Lemak: 0.4 gr
  • Karbohidrat: 32.5 gr
  • Serat: 0.3 gr
  • Fosfor: 63 mg
  • Besi: 0.8 mg
  • Seng: 0.9 mg
  • Thiamin (Vit.B1): 0.06 mg

Gunakan Lebih Banyak Air

Karena teksturnya yang lebih keras, maka cara memasak beras merah agar cepat lunak adalah dengan menambah takaran airnya dibanding bila kamu memasak beras putih biasa. Ini dilakukan biar selain nggak keras, nasi merah juga jadi lebih pulan. Berapa takarannya?

Gunakan perbandingan 3: 1 untuk beras dan air. Artinya, tiap 1 ukuran beras dimasak dengan 3 ukuran air.

2 dari 4 halaman

Masak dengan Air Panas

Selain menambah jumlah takaran air, cara memasak beras merah agar cepat lunak yakni dengan memasaknya menggunakan air panas dengan takaran seperti yang telah disebutkan. Bila dibutuhkan sekian waktu untuk menaikkan suhu air dalam beras yang dimasak, maka dengan menggunakan air panas, waktu tersebut akan terpotong sehingga beras jadi lebih cepat matang.

Rendam Semalaman

Agar nasi pulen dan tidak keras, rendam beras merah dulu sebelum dimasak selama minimal 30 menit dan maksimal semalaman. Saat direndam dengan air, lapisan luar bakalan mengempuk sehingga mempersingkat waktu memasak kamu dan beras merah lebih cepat lunak deh. Kamu jadi irit gas dan irit listrik!

3 dari 4 halaman

Trik dengan Magic Com

Cara Memasak Beras Merah Agar Cepat Lunak © Diadona

Beberapa pengguna cookpad udah membuktikan cara memasak beras merah agar cepat matang dari Ummu Ihsan melalui langkah berikut ini.

  • Rendam beras semalaman.
  • Masak beras merah di magic com seperti biasa lalu setelah ada uap yang keluar dari magic com, tekan tombol Warm. Tunggu sampai 20 menit lalu buka tutup dan cek apakah beras sudah merekah atau pecah. Kalau beras sudah merekah tapi masih ada sisa air, buang airnya sampai menyisakan sedikti air dan masukkan kembali, tekan tombol 'Cook'. Tanda dari beras merah yang sudah matang yakni air yang meletup semakin sedikit serta saat diaduk menggunakan sendok, beras terasa lengket.

Tapi gimana kalau air sudah menyusut tapi beras belum merekah? Tekan tombol 'Warm' trus tutup lagi dan biarkan selma 10-15 menit baru deh nyalakan tombol 'Cook' lagi ya!

Rebus Beras Terlebih Dahulu

Kalau cara memasak beras merah agar cepat lunak di atas menurutmu terlalu ribet, kamu bisa dengan memasaknya menggunakan air pans terlebihd ahulu. Caranya yaitu dengan merebus air sebanyak 1 ruas jari trus masukkan beras merah yang udah dicuci. Masak selama lima menit matikan api, tutup panci lalu diamkan selama 20 menit.

Cek kembali apakah airnya beras sudah meletek atau belum. Bila belum, rebus lagi selama 5 menit dengan panci tertutup, matikan api lalu diamkan kembali. Bila nasi sudah meletek, pindahkan ke magic com atau masak di panci dengan menggunakan api besar sampai nasi matang.

4 dari 4 halaman

Tambahkan Serai dan Daun Pandan

Menambahkan kedua bahan ini memang bukan sebagai cara agar beras merah cepat lunak tapi agar nasi jadi pulen banget. Setelah beras merah direndam selama dua jam, rebus air bersama dengan daun pandan dan juga serai lalu masukkan beras merah. Aduk sampai air menyusut dan empuk lalu kukus beras.

Campur dengan Beras Putih

Mencoba sesuatu yang sehat memang tak mudah, apalagi bila harus meninggalkan kenikmatan beras putih seutuhnya dan beralih pada beras merah sepenuhnya. Biar ngga kaget-kaget amat, kamu bisa lho memulainya dengan mencampurkan keduanya.

Namun nih ternyata mencampur beras merah denga beras putih bukan cuman buat megatasi selera aja nih melainkan juga bsia sebagai cara memasak beras merah agar cepat lunak lho! Gunakan perbandingan sesuai selera tapi jangan terlalu banyak memberikan nasi pudih agar manfaat beras merah tetap terasa.

Tambahkan Garam

Meskipun bagus buat kesehatan, beberapa orang nggak menyukai beras merah karena rasanya yang hambar dan tidak manis seperti beras putih. Untuk mengatasinbya nih biasanya beras merah disantap dengan masakan yang memiliki cita rasa kuat.

Namun ada juga nih triknya yakni dengan menambahkan sedikit garam ketika akan dimasak. Seberapa besar takarannya? Sesuaikan saja ya agar tidak terlalu asin dan malah bikin nasi merah jadi nggak termakan.

Dengan trik dan cara memasak beras merah agar cepat lunak ini kamu nggak boleh ragu lagi untuk menyantapnya.

Beri Komentar