9 Cara Membuat Cendol Dawet Beras, Kanji, Sagu, Hunkwe dan Dawet Ayu Warna Hijau dan Gula Merah

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 17 Januari 2020 14:38
9 Cara Membuat Cendol Dawet Beras, Kanji, Sagu, Hunkwe dan Dawet Ayu Warna Hijau dan Gula Merah
Cendol dawet merupakan minuman yang disajikan dengan keadaan dingin yang cukup populer di Indonesia. Kamu bisa membuat cendol dawet segar dengan resep di bawah ini!

Cendol dawet, cendol dawet seger
Cendol cendol, dawet dawet...
Cendol cendol, dawet dawet...
Cendol cendol, dawet dawet...
Cendol dawet seger piro? limangatusan
Terus gak pake ketan
Ji Ro Lu Pat Limo Enem Pitu Wolu
tak gintak gintak tak gintak yoyoyo...

Yap, jika kamu membaca lirik tersebut dengan berirama maka kamu adalah penggemar setia cendol dawet. Yap tapi ini cendol dawet sungguhan ya? 

Cendol dawet sendiri merupakan olahan minuman yang cukup populer dan digemari orang Indonesia. Minum es cendol yang segar dengan sirup manis atau sirup gula jawa yang kental akan semakin nikmat. Biasanya penyajian cendol dawet masih ditambah dengan kacang hijau, kacang merah, ketan hitam, dan buah nangka.

Jika kamu penikmat cendol dawet dan sedang malas untuk membeli cendol yang itu-itu saja, maka kamu wajib mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak resep cara membuat cendol dawet di bawah ini. Selamat membaca!

1 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Beras

Ilustrasi Cendol BerasIlustrasi Cendol Beras © Liputan6.com

Cendol dawet beras merupakan salah satu olahan cendol yang menjadi idola pencinta cendol. Perpaduan beras dengan gurih santan serta sedapnya pandan menjadikan cndol beras selalu diminati. Yuk simak resep cara membuat cendol beras di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram tepung hunkwe
- 50 gram tepung beras
- 100 ml air perasan daun pandan dan suji
- 700 ml air putih
- 1 sdt garam

Cara membuat cendol beras:

  1. Campur semua bahan tersebut menjadi satu. Masak adonan tersebut sambil terus diaduk hingga tercampur dan mengental. Gunakan api Sedang cenderung kecil agar tidak lengket atau gosong di dasar.
  2. Siapkan air es dalam wadah baskom. Letakkan cetakan cendol di atas wadah. Ambil adonan cendol kemudian taruh dan tekan pada cetakan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  3. Diamkan cendol dalam air es hingga sedikit mengeras atau taruh cendol ke dalam lemari es beberapa saat hingga dirasa dawet sudah mengeras. Cendol beras siap dinikmati dengan sirup atau gula jawa.

2 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Dawet

      View this post on Instagram

Kepanjen, 5 November 2019 . Assalamualaikum.. Tiba2 pengen es cendol buatan sendiri, bisa gk yaa bikin.. Secara gk punya cetakan cendol. Tapi liat postingan beberapa teman, banyak yg bikin pake plastik segitiga yg di pencet2 in gitu.. Ya sudah ngikut dehh, meskipun si cendol hasilnya panjang2 hihihi.. Resep ambil sana sini dan aku modif sedikit... Yuuk yang pengen nyoba jugaa... . ES CENDOL Bahan cendol : 50 gr tepung beras 60 gr tepung sagu 40 gr hongkwe 750 ml air sari pandan (10 lbr daun pandan + air) 1 sdm air kapur 1 sdt garam Bahan cairan gula : 200 gr gula merah, sisir 1 lbr daun pandan 250 ml air (di rebus jadi satu sampai sedikit mengental) Bahan santan : 300 ml santan 1/4 sdt garam 1 lbr daun pandan (rebus sampai mendidih dan santan tdk pecah) Pelengkap : Es batu secukupnya Air matang Cara membuat : 1. Cendol : campur semua bahan, saring dan masak sampai mendidih dan matang. Angkat 2. Masukkan pada plastik segitiga, gunting ujung plastik dan semprotkan pada wadah yg berisi air matang dan es batu. Lakukan sampai habis. 3. Siapkan gelas saji, tuang gula di dasar gelas, es batu, cendol dan terakhir siram kuah santan. Es cendol siap di sajikan. #doyanbaking #cakedankue #shareresep #berbagiresep #resepmudah #belajarbaking #bakingvideo #cendol #dawetcendol #resepcendol #escendol #instagram #instafood #instagood #instalike #foodporn #foodphotography

A post shared by Dhiah Oddie (@dhiahoddie) on

 

Jika kamu menyukai minuman segar dan kenyal kamu wajib sekali mencoba membuat cendol dawet di rumah. Yuk langsung saja praktikkan resep cara membuat cendol dawet berikut ini.

Bahan:

- 50 gram tepung beras
- 60 gram tepung sagu
- 40 gram hongkwe
- 750 ml air sari pandan
(10 lbr daun pandan + air)
- 1 sdm air kapur
- 1 sdt garam

Bahan cairan gula:

- 200 gram gula merah (sisir)
- 1 lembar daun pandan
- 250 ml air
(rebus bahan jadi satu hingga sedikit mengental)

Bahan santan:

- 300 ml santan
- 1/4 sdt garam
- 1 lbr daun pandan
(rebus hingga mendidih dan santan tidak sampai pecah)

Pelengkap:

- Es batu secukupnya
- Air matang

Cara membuat cendol dawet:

  1. Buatlah cendol terlebih dahulu dengan mencampur semua bahan. Setelah semua bahan tercampur lalu saring dan masak adonan hingga mendidih dan matang.
  2. Masukkan adonan pada plastik segitiga dan gunting ujung plastik kemudian semprotkan pada wadah yg berisi air matang dan es batu. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Siapkan gelas saji dan tuang gula di dasar gelas, es batu, cendol dan terakhir siram kuah santan. Es cendol siap di sajikan.

3 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Kanji

      View this post on Instagram

ES CENDOL ? By : iren_natty? ? Bahan Cendol :? 110 gr Tepung beras? 40 gr Tepung sagu? 1/2 sdt Garam? 2 sdm Air kapur sirih? 15-20 lbr Daun pandan? 300 ml Air? 700 ml Air? ? Kuah Santan :? 300 ml Santan dari 1 butir kelapa? 2 lbr Daun pandan uk kecil? 1/2 sdt Garam? ? Air Gula Merah :? 200 gr Gula Merah? 2 lbr Daun pandan uk kecil? 500 ml Air? ? Cara Membuat :? 1. Blender daun pandan dengan 300 ml air hingga halus lalu saring.? 2. Campur semua bahan cendol, aduk rata. Nyalakan api masak hingga mengental dan warna menjadi hijau tua dan bening. Angkat.? 3. Siapkan air berisi es batu, lalu cetak adonan cendol dengan cetakan cendol atau bisa menggunakan piping bag atau plastik gula dilubangi bagian ujung nya. ? 4. Kuah Santan : Campur semua bahan, aduk-aduk hingga mendidih.? 5. Air Gula : Masak semua bahan aduk rata, masak hingga mengental.? 6. Sajikan cendol dengan air gula merah, santan dan es batu.? .? .? Note : kalau mau pakai pewarna makanan / esense pandan ngasinya pas sebelum adonan dipanaskan yaa, Moms agar rasa adonan tidak pahit.? . . ??????????? Jangan lupa like, comment & mention teman kalian ???? Di follow yuk: @resepmasakanrumah.id ??????????? #cooking #cook #recipe #resep #resepindonesia #reseproemahan #kumpulanresepmasak #reseprumahan #resepmasak #homemade #reseplokal #bymyself #dapurku #masakdidapur #bumbudapur #masakanku #resepmama #resepibu #masakanlokal #resepdapur #makandirumah #masakgampang #masakmurah #masakmudah #belajarmasak #resepmudah #cendol #escendol #resepcendol

A post shared by FOOD RECIPE TUTORIAL (@resepmasakanrumah.id) on

 

Perpaduan bahan tepung kanji menjadikan cendol yang kamu buat akan semakin kenyal dan enak. Kalau dalam bahasa jawa biasa disebut dengan tekstur kenyal yang "kenthing". Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:?

- 110 gram tepung beras?
- 40 gram tepung sagu?
- 1/2 sdt garam?
- 2 sdm air kapur sirih?
- 15-20 lembar daun pandan?
- 300 ml air?
- 700 ml air?
?
Kuah santan:?

- 300 ml santan dari 1 butir kelapa?
- 2 lembar daun pandan uk kecil?
- 1/2 sdt garam?
?
Air gula merah:?

- 200 gram gula merah?
- 2 lembar daun pandan uk kecil?
- 500 ml air?
?
Cara membuat cendol kanji:?

  1. Blender daun pandan dengan 300 ml air hinga halus kemudian saring. ? Campur semua bahan cendol dan aduk rata.
  2. Nyalakan api dan masak adonan tepung dan pandan hingga mengental dan warna menjadi hijau tua dan bening. Siapkan air berisi es batu.
  3. Cetak adonan cendol dengan cetakan cendol atau gunakan piping bag dengan plastik gula yang dilubangi bagian ujung nya. ?Cetak hingga semua adonan habis.
  4. Buat kuah santan dengan mencampur semua bahan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur tunggu hingga mendidih.? Buat air gula dengan cara memasak semua bahan aduk rata, masak hingga mengental.? Sajikan cendol dengan air gula merah, santan dan es batu.?

4 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Sagu

      View this post on Instagram

Masak suka-suka ala saya ~CENDOL SAGU~ Bahan-bahan : -100 gram tepung sagu (saya pakai sagu tani) -300 gram tepung beras -Air daun suji (krg lbh 20lembar daun suji+2lembar daun pandan) -4 sdm air kapur sirih -700 ml air -Garam secukupnya -Es batu secukupnya -Ayakan cendol (saya beli di pasar) . . Cara membuat : 1. Aduk tepung sagu dan tepung beras dengan 400 ml air. Dan rebus air sisanya dengan air daun suji, air kapur sirih, dan garam. Rebus smpai mendidih 2. Tuangkan larutan tepung, aduk smpai kental. Kemudian angkat. 3. Siapkan ayakan cendol, kemudian taruh di atas baskom yang sudah terisi air es 4. Yg terakhir, tuang adonan panas ke dalam cetakan. Lalu tekan-tekan hingga membentuk butiran-butiran yang memanjang dan tiriskan #resepcendolsagu

A post shared by Food Galery (@dapoer_jengnoor) on

 

Selain dibuat dengan tepung beras dan kanji, cendol dawet juga bisa dibuat dari tepung sagu loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? simak resep selengkapnya cara membuat cendol dawet sagu di bawah ini.

Bahan:

- 100 gram tepung sagu (sagu cap tani)
- 300 gram tepung beras
- Air daun suji (20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan)
- 4 sdm air kapur sirih
- 700 ml air
- Garam secukupnya
- Es batu secukupnya
- Ayakan cendol

Cara membuat cendol sagu:

  1. Campurkan bahan tepung sagu dan tepung beras dengan 400 ml air. Aduk bahan tersebut hingga tercampur rata.
  2. Dan rebus air sisanya dengan air daun suji, air kapur sirih, dan garam. Rebus adonan tersebut hingga mendidih. Masukkan larutan tepung, aduk smpai kental.
  3. Siapkan ayakan cendol, lalu taruh di atas baskom yang berisi air es.
    Tuang adonan panas ke dalam cetakan. Lalu tekan-tekan hingga membentuk butiran-butiran yang memanjang dan tiriskan.

5 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Nutrijel

      View this post on Instagram

. - Cendol Nutrijell - Bahan : * 500 ml air * 1 bungkus nutrijell plain * 5 sdm tepung beras * 3 sdm gula * secukupnya perasa pandan Cara membuat : * campur semua bahan sampai larut dan nyalakan api sedang cenderung kecil * masak sampai meletup letup dan mengental * siapkan air es masukkan adonan kedalam plastik segitiga dan cetak sesuai selera * cendol siap digunakan untuk cempuran es apa saja. ???? . . . #cendolnutrijell #escendol #esdawet #dawetnutrijell #resepcendolnutrijell #resepdawetnutrijell #resepcendol #resepdawet #suryaningsmasak #dapursuryanings

A post shared by @ suryanings22 on

Membuat cendol dawet juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan bubuk nutrijell loh. Yuk langsung saja simak resep cara membuat cendol nutrijel di bawah ini.

Bahan:

- 500 ml air
- 1 bungkus nutrijell plain
- 5 sdm tepung beras
- 3 sdm gula
- Perasa pandan secukupnya

Cara membuat cendol nutrijel:

  1. Campur semua bahan menjadi satu kemudian aduk. Masak adonan tersebut dalam panci dengan bara api sedang cenderung kecil lalu angkat.
  2. Siapkan air es dalam wadah. Bentuk adonan menjadi dawet dengan menggunkaan cetrakan atau plastik yang dibentuk mengerucut dengan dipotong kecil ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Diamkan adonan dalam larutan es atau masukkan adonan dalam lemari pendingin agar mengeras. Cendol nutrijel siap dihidangkan dengan gula atau sirup manis.

6 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Hijau

      View this post on Instagram

Masiiiih edisi cendol cendolan ????????.. . Kali ini cendolnya warna hijau seperti pada umumnya ????, kemarin bikin yang item pada comment kayak worm ????.. . Kali ini resepnya beda pake takaran tepung tapiokanya lebih banyak dibanding tepung berasnya, jadi sudah pasti lebih kenyal tapi tetap lembut, mirip bubble tea cuma gak se-alot bubble tea.. . Saya mengambil kesimpulan, bahwa lebih enak pake resep sebelumnya yang komposisi tepung beras lebih banyak & pake agar agar, saat dicetakpun lebih mudah jatuh, jadi prosesnya lebih cepat dibanding yang sekarang, dicetaknya agak lama karena tekstur yang kenyal banget.. . Over all sih rasanya tetap sama enaknya yah untuk ukuran cendol homemade.. . CENDOL / DAWET By. Me. @mrsyanni1411 Bahan : 6sdm munjung tepung tapioka 4sdm tepung beras 350ml air matang 100ml air sari daun pandan *15lbr daun pandan saya blender bersama air sampai jadi 100ml, ambil sarinya 1sdt pasta pandan 1sdt garam 1sdm gula pasir How : ???? Campur semua bahan dalam panci, masak diatas api sedang sampai adonan meletup letup dan kalis. ???? Masukan dalam plastik segitiga, cetak jatuhkan dalam wadah berisi air dingin *tanpa pakai es tidak apa apa. ???? Sajikan dengan simple sirup, gula merah cair, santan, sesuai selera.. . . . #cendol #cendolhijau #dawetcendol #dawet #dawetpandan #resepcendol #berbagiresepmasakan #berbagi_resep #indonesiansnack

A post shared by Yanni (@mrsyanni1411) on

 

Cendol dawet identik dengan warna hijau yang segar, subur, dan bersahaja. Hal ini menambah tampilan es cendol dawet segar ini untuk segera dinikmati. Berikut Diadona ulas dalam cara membuat cendol dawet hijau.

Bahan:

- 6 sdm munjung tepung tapioka
- 4 sdm tepung beras
- 350 ml air matang
- 100 ml air sari daun pandan (15 lembar daun pandan diblender bersama air sampai jadi 100 ml, ambil sarinya)
- 1 sdt pasta pandan
- 1 sdt garam
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat cendol hijau:

  1. Campurkan semua bahan kemudian masak dengan hingga meletup-letup dan kental juga kalis.
  2. Siapkan air es dalam wadah. Bentuk adonan menjadi dawet dengan menggunkaan cetrakan atau plastik yang dibentuk mengerucut dengan dipotong kecil ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Diamkan adonan dalam larutan es atau masukkan adonan dalam lemari pendingin agar mengeras. Cendol nutrijel siap dihidangkan dengan gula atau sirup manis.

7 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol dari Tepung Hunkwe

      View this post on Instagram

RESEP DAWET : beras, hungkue, jelly BAHAN A 50 gram tepung beras 50 gram tepung hungkue 7 gram jelly powder plain 500 ml air Air atau air es secukupnya untuk menampung dawet yang baru dicetak. BAHAN B 1.Santan ( kelapa asli/ santan instan yang ditambah air) dan diberi garam sedikit biar rasa manisnya mantap. Untuk penggunaan santan ada 2 cara : a. bisa direbus diaduk terus sampai matang b.menggunakan air yang sudah matang . 2.Gula merah yang direbus dan disaring setelah matang. Lebih mantap rasanya tambahkan 1- 2 sendok makan gula pasir. CARA MEMBUAT 1.Campur semua bahan A hingga rata lalu direbus dengan api kecil ( supaya tidak gosong),sambil diaduk sampai meletup letup tandanya sudah matang 2.Cetak dengan cetakan dawet diatas wadah yang sudah diberi air/ air es ( lebih kenyal) 3.Kalau tidak punya cetakan bisa dimasukkan ke pipping bag dan ujungnya dipotong kurang lebih 1/2 cm, lalu ditekan saatnya keluar dipotong dengan gunting sesuai selera. 4.Jika tidak ada air es juga tidak masalah , karena bahan untuk dawet tersebut sudah kenyal jika sudah matang. 5.Setelah selesai mencetak ganti dengan air matang. CARA PENYAJIAN Dalam gelas/ mangkuk taruh cendol , sirup gula jawa dan santan serta tambahkan es batu jika menginginkan.Bisa juga ditambahkan kolak dan jenang ( putih / mutiara / hitam ) 19T-wed-240719-24.51 280719-19.15 . #frliessulistyowati #kulinerkemangi #dawethungkue #dawetberas #dawetjelly #resepdawetberas #resepdawet #instafood #foodgram #videomasak #stasiunbalapansolo #stasiunbalapan #bandaraadisumarmo #bandarasukarnohatta #yai #mrtjakarta #bandarasukarnohatta #solograndmall #videomasak #resepdawetsagu

A post shared by F. R. Lies Sulistyowati (@frliessulistyowati) on

Selain dengan menggunakan bubuk nutrijell, cendol dawet juga bisa diolah dari tepung hunkwe. Berikut resep selengkapnya dalam cara membuat cendol dari tepung hunkwe.

Bahan:
Bahan A:

- 50 gram tepung beras
- 50 gram tepung hunkwe
- 7 gram jelly powder plain
- 500 ml air
- Air es secukupnya

Bahan B:

- Santan ( kelapa asli/ santan instan - yang ditambah air) dan diberi garam sedikit biar rasa manisnya mantap.
- 1- 2 sendok makan gula pasir.

Cara membuat cendol dari tepung hunkwe:

  1. Campur semua bahan A dan aduk hingga tercampur merata. Masak bahan tersebut hingga meletup-letup sambil terus diaduk agar tidak lengket.
  2. Setelah sedikit dingin segera detak. Sebelumnya siapkan air es dalam wadah untuk menampung hasil cetakan agar segera mengeras.
  3. Kalau tidak tersedia cetakan kamu bisa menggunakan pipping bag dan ujungnya dipotong kurang lebih 1/2 cm. Masukkan adonan dan tekan hingga adonan keluar. Lakukan hingga adonan habis.

8 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Dawet Ayu

Ilustrasi Cendol Dawet AyuIlustrasi Cendol Dawet Ayu © Liputan6.com

Bahan:

- Cendol hijau
- Es batu secukupnya

Bahan sirup gula merah:

- 500 gram gula merah
- 100 gram gula pasir
- 200 ml air
- 3 lembar daun pandan
(Campur dan didihkan semua bahan hingga larut kemudian saring)

Bahan saus santan:

- 1,5 L santan kelapa
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun pandan
(Campur semua bahan dan didihkan tapi jangan sampai santan pecah)

Saran penyajian es dawet ayu:

Siapkan gelas saji dan susun es batu, cendol lalu santan serta sirup gula merah di atasnya. Es dawet ayu khas Banjarnegara siap disantap.

9 dari 9 halaman

Cara Membuat Cendol Gula Merah

Ilustrasi Cendol Dawet Gula MerahIlustrasi Cendol Dawet Gula Merah © Fimela.com

Bahan:

- 200 gram tepung beras
- 1 sdm tepung tapioka
- 200 gram gula merah
- 1/2 butir kelapa, ambil air santannya
- 5 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 tetes pewarna hijau pandan
- 1 liter air

Cara membuat cendol gula merah:

  1. Siapkan panci anti lengket kemudian masukkan 1 liter air. Tambahkan dengan tepung beras, tepung tapioka, dan pewarna hijau. Aduk rata dengan diberi garam.
  2. Nyalakan api, lalu masak dengan api kecil sampai mengental. Setelah matang, siapkan wadah berisi air dingin. Taruh saringan di atasnya, lalu cetak cendol dengan cara menggosok-gosokkannya di saringan. Sisihkan.
  3. Rebus gula merah dan gula putih, kemudian dinginkan. Rebus santan kelapa yang diberi sedikit garam dan dinginkan. Sajikan cendol beras dengan santan dan rebusan gula.

Demikian resep cara membuat cendol dawet yang bisa kamu coba dan praktikkan di rumah. Kalau kamu ingin mencoba resep cendol dawet dengan bahan tepung yang mana? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar