Yuk Kenalan Sama Beras Merah Hassawi, Hasil Tani Tanah Oasis yang Dihargai Layaknya Emas!

Reporter : Nasa
Minggu, 27 September 2020 08:35
Yuk Kenalan Sama Beras Merah Hassawi, Hasil Tani Tanah Oasis yang Dihargai Layaknya Emas!
Jadi harganya setara dengan Emas?

Percaya gak sih kamu kalau pasir di Arab Saudi bisa menghasilkan tanaman beras? Kamu harus percaya deh. Soalnya ada yang namanya beras Hassawi yang hanya bisa ditemui di Kota Alahsa, bagian timur Arab Saudi.

Nah kok bisa ya tanaman padi tumbuh di daerah gurun pasir seperti Arab Saudi? Usut punya usut nih ya, beras Hassawi ini ditanam di sebuah kawasan oasis di kota Alahs. Beras Hassawi kabarnya sudah ditanam secara turun-temurun di sana.

1 dari 3 halaman

Ditanam di Lahan Oasis Warisan Unesco

Ilustrasi Beras Merah Hassawi © Diadona

Menurut laman Alarabiya English, beras Hassawi ini ditanap di lahan oasis terbesar di dunia. Yang bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Oasis tersebut memang populer dengan 2 juta tanaman palem, meski dikelilingi oleh gurun pasir yang kering. Nah di sekitar kawasan perkebunan palem itulah beras Hassawi ditanam.

2 dari 3 halaman

Khasiat Beras Hassawi

Sementara itu, beras Hassawi diyakini mengandung khasiat yang jauh berbeda dibanding beras pada umumnya. Kabarnya beras Hassawi ini bisa mengurangi rasa sakit bagi mereka yang mengalami patah tulang.

 

3 dari 3 halaman

Harga Selangit

Untuk per kilonya, beras Hassawi ini dibanderol 25-30 Riyal atau sekitar Rp 90 hingga Rp 119 ribu rupiah. Namun demikian, berharganya beras Hassawi sendiri bukan hanya terkait dengan harga, namun juga tradis dan khasiat yang dikandungnya.

" Ini adalah emas, ini adalah anak-anak kami yang dibesarkan selama berbulan-bulan. Kami melindunginya dan akan mewariskannya lintas generasi," kata salah seorang petani beras Hassawi, Abdulhadi al-Salman seperti dikutip dari laman Alarabiya.

Beri Komentar