Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi, Mudah Banget Lho!

Reporter : Arifina
Jumat, 24 Februari 2023 12:03
Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi, Mudah Banget Lho!
Gak harus nunggu lama kalau udah pakai trik yang satu ini guys!

Buah alpukat menjadi salah satu nama buah yang banyak difavoritkan. Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat, buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Kandungan yang ada pada buah alpukat, di antaranya lemak sehat, karbohidrat yang rendah, potasium, mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, buah yang berbentuk lonjong bulat berwarna hijau ini akan terasa enak dinikmati jika tingkat kemtangannya sempurna.

1 dari 10 halaman

Buah alpukat munculnya musiman, maka tak jarang banyak orang membelinya dalam kondisi masih belum matang sempurn atau bahkan mentah. Jika begitu, biasanya kita akan dibuat kesal karena proses matang dari buah yang satu ini cukup lama.

Tapi, buat kamu yang tak mau berlama-lama menunggu kematangan alpukat, ada trik khusus yang bisa dilakukan, lho! Salah satunya dengan menggunakan tusuk gigi.

Cara ini merupakan yang paling mudah dan membuat alpukat matang lebih cepat. Berikut adalah cara mematangkan alpukat dengan menggunakan tusuk gigi yang dapat dilakukan di rumah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 10 halaman

Siapkan Alpukat

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Pertama-tama, siapkan alpukat mentah yang ingin dimatangkan. Pastikan alpukat yang masih keras tetapi tidak terlalu matang ini tidak memiliki bagian yang berlubang atau busuk ya.

3 dari 10 halaman

Tusuk Alpukat dengan Tusuk Gigi

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Setelah  dipilih, ambil beberapa tusuk gigi dan mulailah menusukkannya sedalam 1 hingga 2 cm pada bagian tengah alpukat. Lakukan ini pada beberapa tempat untuk mempercepat proses pematangan.

Tusukkan tusuk gigi dengan lembut dan hati-hati agar tidak merusak daging buah alpukat ya!

4 dari 10 halaman

Simpan Alpukat dalam Wadah Tertutup

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Setelah alpukat ditusuk, letakkan dalam wadah tertutup seperti kantong kertas atau plastik. Pastikan alpukat tidak terlalu rapat dalam wadah agar udara masih bisa masuk dan keluar.

Lalu, simpan alpukat yang sudah terbungkus itu pada suhu ruangan atau suhu yang sejuk.

5 dari 10 halaman

Diamkan Beberapa Hari

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Jika tanpa trik ini proses pematangan alpukat lebih lama, maka kamu cukup menunggunya beberapa hari saja, Biarkan alpukat dalam wadah selama kurang lebih 2 sampai 3 hri hingga buahnya terasa empuk saat ditekan.

Cek kondisi alpukat secara berkala dan pastikan tidak ada bagian yang busuk atau terlalu lunak.

6 dari 10 halaman

Cek Kematangan Alpukat

Cara Agar Alpukat Cepat Matang dengan Tusuk Gigi © Diadona

Salah satu ciri alpukat sudah matang sempurna bisa kamu lihat dari warna kulitnya. Alpukat yang sudah matang cenderung memiliki warna kulit hijau sangat gelap dan justru berwarna kecokelatan.

Selanjutnya, kamu bisa membuka kulit alpukat dan keluarkan daging buahnya. Alpukat yang sudah matang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai hidangan.

7 dari 10 halaman

Itulah cara mematangkan alpukat dengan menggunakan tusuk gigi yang dapat dilakukan di rumah. Selain cara tersebut, ada juga beberapa cara lain untuk mematangkan buah alpukat dengan cepat dan alami.

Ini juga salah satu yang paling gampang diterapkan, yakni kamu bisa meletakkan alpukat di atas meja selama beberapa hari. Cara lainnya, kamu bisa menempatkan alpukat di mangkuk atau kantong kertas bersama buah apel dan pisang.

8 dari 10 halaman

Ilustrasi Alpukat © Diadona

Dilansir dari Foodie Crush, buah pisang, kiwi, apel, dan alpukat semuanya menghasilkan gas etilen yang jika diletakkan di sebelah buah yang mentah, akan membuatnya lebih cepat matang.

Selanjutnya, kamu juga bisa nih menyimpan alpukat di kantong beras. Tak hanya itu, kamu bisa menyimpan alpukat di dalam beras lho! Caranya pun mudah, siapkan ember plastik dengan beras sebanyak setengah ember.

9 dari 10 halaman

Lalu masukkan beberapa buah alpukat yang masih mentah kedalam beras. Tambahkan beras kembali hingga seluruh bagian alpukat tertimbun, setelahnya tutup ember dengan rapat, dan biarkan di dalam beras selama 2 atau 3 hari.

Trik lainnya, gunakan plastic wrap. Tapi, kalau cara ini hanya bisa dilakukan untuk buah alpukat yang sudah dibuka namun kondisinya belum matang.

10 dari 10 halaman

Manfaat Biji Alpukat © Diadona

Dalam hal ini kamu perlu membungkus alpukat secara rapat dengan plastic wrap. Lalu, tempelkan kembali buah alpukat yang telah dibelah dan bungkus menggunakan plastik sehingga terlihat seperti alpukt utuh lagi.

Pastikan kamu membungkusnya dengan benar. Setelah itu simpan alpukt ke dalam lemari es. Untuk mengethui kapan buah alpukatmu matang memang tidak pasti, tapi kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala dengan menekan bagian dagingnya. Jika sudah terasa empuk, maka alpukat sudah matang dan siap dikonsumsi.

Beri Komentar