12 Makanan dari Tepung Beras yahg Legit dan Gurih Lengkap dengan Cara Membuatnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 31 Maret 2020 13:51
12 Makanan dari Tepung Beras yahg Legit dan Gurih Lengkap dengan Cara Membuatnya
Angkat tangan dong! siapa disini yang suka camilan kue?

Menyantap kudapan kue memang selalu menggugah selera. Jajanan kue kini beraneka ragam dan banyak digemari orang. Tak heran jika saat ini jajanan dan snack banyak dijual di pasaran. Namun tahukah kamu kue seperti ini termasuk ke dalam makanan dari tepung beras. Mengapa? Karena kue tersebut dibuat menggunakan bahan dasar tepung beras lho. Mau tahu apa saja makanan dari tepung beras yang biasa kamu makan? Simak terus informasinya di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Makanan yang Terbuat dari Tepung Beras

Tepung beras adalah satu dari banyaknya jenis tepung yang banyak digunakan dalam pembuatan berbagai macam olahan pangan di Indonesia. Mulai dari menu makanan yang digoreng hingga dikukus tidak terlepas dari penggunaan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Nah, ternyata makanan dari tepung beras ini banyak macamnya lho! penasaran? jangan-jangan camilan yang selama ini kamu santap juga ada. Yuk, langsung simak saja makanan yang terbuat dari tepung beras berikut ini.

Bubur Sumsum

      View this post on Instagram      

A post shared by Genika yulia (@genikayu) on

 

 

Makanan dari tepung beras yang pertama adalah bubur sumsum. Biasanya bubur sumsum disajikan dengan penambahan kuah yang terbuat dari gula merah dan beraroma daun pandan. Bubur sumsum memiliki rasa manis dan gurih yang cocok dinikmati saat dingin ataupun masih hangat. Harganya pun tebilang cukup murah. Kalau kamu mau membelinya, datang saja ke pasar tradisional terdekat pasti kamu akan menemuinya.

Kue Cucur

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Genika yulia (@genikayu) on

 

Makanan dari tepung beras yang kedua adalah kue cucur. Kue cucur terbuat mempunyai rasa manis dan sedikit gurih. Kita bisa menemui jajanan pasar ini dengan berbagai macam varian warna. Kue cucur terbuat dari tepung beras yang dioalah dengan proses penggorengan. Sama seperti bubur sumsum, kamu bisa menjumpainya di pasar tradisional terdekat.

Es Cendol

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Tazimadevi #aisyaskitchen (@tazimadevi) on

 

Siapa sih yang nggak tahu es cendol? Makanan dari tepung beras satu ini bahkan semakin terkenal lewat lagu koplo cendol dawet lima ratusan jirolipat. Pernah dengar dong pastinya? Es cendol ini biasanya dibuat dengan tambahan santan, gula jawa yang manis dan es batu. Rasanya yang segar, gurih sekalogus manis, membuat siapapun yang memeniumnya saat siang bolong langsung merasa segar seketika.

2 dari 4 halaman

Resep Makanan dari Tepung Beras

Banyak camilan yang biasa kamu makan itu, termasuk dalam makanan dari tepung beras. Nah, kalau kamu ingin membuat sendiri pun bisa banget. Langsung aja simak resep makanana dari tepung beras berikut ini

Makanan dari Tepung Beras Kue Lapis

 

 

      View this post on Instagram    

Lapis Surabaya ? by @repost @resepcake._? ? Bahan Lapisan Kuning (x2 untuk 2 loyang)? 15 kuning telur? 125g gula pasir? 60g terigu protein rendah? 10g susu bubuk? 10g tepung maizena? 150 gr mentega dingin (ini pakai full mentega, boleh campur dengan margarine)? 1 sdm Rum (opsional)? 1 sdt vanilla extract (opsional)? ? Cara:? 1. Siapkan 3 loyang ukuran 22x22cm oles margarine dan alas dengan baking paper. ? 2. Kocok mentega sampai mengembang dan ringan, masukkan vanilla dan rum, campur rata. ? 3. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental. Lalu masukkan bahan terigu, maizena dan susu bubuk yang sudah diayak, mixer sampai rata sebentar.? 4. Terakhir masukkan mentega kocok nya, aduk rata kemudian tuang ke loyang.? 5. Oven dengan panas 175°c selama +/- 20 menit sampai matang. Biarkan dingin, kemudian di oles dengan selai strawberry dan ditumpuk jd 3 lapis.? ? Bahan Lapisan Coklat ? 15 kuning telur? 125g gula pasir? 50g terigu protein rendah? 20g bubuk coklat? 10g tepung maizena? 150g mentega dingin (ini pakai full mentega, boleh campur dengan margarine)? 1 sdm pasta coklat (opsional, kalau saya tidak pakai)? ? Cara sama dengan diatas, step ke 3 ditambahkan pasta coklat.? ? ? Follow me @kokicake__ ? ? #lapislegit ? ##lapissurabaya #nastarpremium #kuelapis #kastengel #lapislegitpremium #nastarkeju #kuekeringlebaran #kuekering #kuelapislegit #jualkue #cakekekinian #spiku #cakepotong #marmercake #kuebolu #bolugulung #piebuah

A post shared by Koki Cake (@kokicake__) on

 

Bahan:
- 250 gr tepung kanji
- 125 gr tepung beras
- 250 gr gula pasir
- 4 gelas santan (per gelas 200 ml), rebus dinginkan
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili
- Pewarna makanan pink, ungu, merah

Cara membuat:
1. Campur semua bahan, aduk-aduk sampai gula larut dan semua bahan tercampur rata.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Yang satu biarkan putih dan adonan satunya bagi menjadi 3 bagian. Masing-masing beri pewarna ungu, pink dan merah
3. Oles loyang persegi 14x14 cm dengan minyak, lapisi plastik. Tuang adonan pertama warna merah satu setengah sendok sayur kukus 5 menit sampai atasnya set, timpa warna putih kukus 5 menit, kemudian timpa adonan ungu kukus lagi 5 menit.
4. Kemudian timpa dengan adonan putih lagi dan seterusnya berselang seling. Lakukan sampai adonan habis dan kukus kembali 15 menit. Angkat, dinginkan.
4. Potong-potong sesuai selera dan sajikan.

Makanan dari Tepung Beras Talam Jagung Manis

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Inspirasi Masakan Rumahan (@buchaskitchen) on

 

Bahan A:
- 210 gr jagung manis, serut (2 buah jagung manis ukuran sedang )
- 100 gr gula pasir
- 50 gr tepung beras
- 40 gr tapioka
- 175 ml santan
- 1/4 sdt garam
- 2 tetes pewarna kuning

Bahan B:
- 260 ml santan
- 50 gr tepung terigu
- 15 gr tapioka
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdm sari pandan

Cara membuat:
1. Campur bahan A jadi satu, lalu blender sampai halus, sisihkan.
2. Campur bahan B jadi satu, bagi menjadi 2 bagian, satu bagian tambahkan sari pandan, dan satunya biarkan putih.
3. Panaskan kukusan, oles cetakan dengan minyak.
4. Tuang adonan A ke cetakan sampai setengah cetakan, kukus sampai setengah matang, tuang adonan putih, kukus lagi sampai setengah matang, lalu tuang adonan hijau, kukus lagi sampai matang.
5. Angkat, dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari cetakan.

Makanan dari Tepung Beras Apem Selong

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Yunita Princess (@yunita_princess) on

 


Bahan:
- 250 gr tepung beras
- 200 gr gula pasir
- 400 ml santan kental
- 5 gr ragi instan (fermipan)
- 200 ml air kelapa dihangatkan
- 2 butir telur
- 1/2 sdt garam
- Nangka secukupnya, potong dadu

Cara membuat:
1. Aktifkan ragi, siapkan gelas berisi air kelapa hangat, jangan terlalu panas nanti ragi instan mati. Lalu tuangkan ragi instan, beri sepucuk sendok gula pasir, aduk rata. Biarkan selama 5 menit hingga berbusa (tanda ragi aktif).
2. Dalam baskom, campurkan gula pasir, telur, dan garam. Kocok, bisa gunakan whisker atau mikser. Hingga gula larut dan pucat.
3. Masukkan santan kental, aduk lagi hingga rata.
4. Masukkan tepung beras, aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggerindil. Kemudian tutup adonan dengan serbet bersih, diamkan adonan selama 1 jam.
5. Panaskan cetakan, oles seditit dengan minyak, harus benar-benar panas, gunakan api kecil.
6. Tuang adonan 1 sendok sayur, tekan dengan sedok supaya terbentuk renda di pinggirannya. Kemudian setelah setengah matang, beri potongan nangka.
7. Masak hingga matang. Angkat dengan cara dicungkil memutar.

3 dari 4 halaman

Olahan Makanan dari Tepung Beras

Beras yang diolah menjadi tepung sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat camilan. Aneka jajanan tradisional bisa diciptakan dengan memakai tepung beras ini. Yang paling mudah ditemukan adalah tepung beras dipakai untuk pelapis gorengan supaya lebih renyah dan garing teksturnya. Simak rekomendasi olahan makanan dari tepung beras berikut ini.


Kue Mangkok

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dewi Dhora (@dhora_kusumadewi) on

 


Makanan dari tepung beras yang ini sebenarnya merupakan bentuk lain dari cupcake khas Indonesia. Mirip cupcake modern hanya saja tanpa dihias icing. Sederhana bentuknya namun rasanya nikmat dan cukup mengenyangkan. Kamu bisa membuatnya dalam ragam warna yang diinginkan.

2.Kue Putri Selat


Di daerah Sumatera, ada makanan dari tepung beras yang digemari masyarakat sana. Nama jajanan ini adalah kue Putri Selat. Penampilannya cantik dan tentu rasanya sangat nikmat. Biasanya akan disantap sebagai peneman saat bersantai bersama keluarga di rumah. Kalau kamu ke Sumatera, jangan lewatkan untuk menciicpi jajanan satu ini ya!

Serabi Solo

 

      View this post on Instagram      

A post shared by SOLONYAMAN, SOLO, SURAKARTA (@solonyaman) on

 

Jawa Tengah juga tak mau kalah dalam menyajikan makanan dri tepung beras. Salah satunya adalah serabi yang berasal dari Solo.Kue tradisional yang satu ini nikmat dimakan kala hangat, loh. Berbahan tepung beras,membuat jajanan satu ini punya cita rasa yang gurih, legit dan nikmat. Mau mencobanya?

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Makanan dari Tepung Beras

Ada begitu banyak olahan makanandari tepung beras yang bisa kamu temui. Namun,daripada harus mengeluarkan uang untuk membelinya, kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Ttenang, cara membuatnya gampang kok. Mau tahu? Langsung simak aja cara membuat makanan dari tepung beras berikut ini.

Makanan dari Tepung Beras Kue Mangkok

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Dewi Dhora (@dhora_kusumadewi) on

 

Bahan:
- 100 gr tape singkong, haluskan
- 125 gr tepung beras
- 25 gr terigu
- 150 gr gula merah ,serut
- 250 gr air
- 1 sdt ragi instan
- Garam secukupnya
- 1 lembar daun pandan
- 1 sdt baking powder

Bahan pelengkap:
- Kelapa setengah tua, parut memanjang beri garam lalu kukus 15 menit.

Cara membuat:
1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan hingga gula larut, angkat dan dinginkan.
2. Dalam baskom campur tepung beras dan terigu lalu masukkan tape singkong halus, aduk rata, lalu tuangi air gula merah sambil diaduk memakai tangan hingga adonan menjadi halus dan encer. Uleni selama 5-10 menit.
3. Masukkan ragi instan, aduk memakai tangan lagi sampai tercampur rata. Lalu tutup dan diamkan 30-60 menit
4. Aduk adonan hingga busanya hilang lalu masukkan baking powder, aduk rata.
5. Tuang adonan dalam cetakan tanpa dioles apapun. Lalu kukus selama 20 menit, jangan lupa alasi tutupnya dengan serbet bersih, angkat dinginkan lalu keluarkan dari cetakan.
6. Sajikan bersama parutan kelapa.

Makanan dari Tepung Beras Kue Putri Mandi

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Asahid & tehYung (@asahid_tehyung) on

 


Bahan kulit:
- 250 gr tepung beras ketan
- 80 gr kentang yang dikukus haluskan
- 160 ml santan cair hangat
- 1/4 sdt garam
- Pewarna makanan kuning telur, merah muda, hijau pandan

Bahan isi enten-enten:
- 200 gr kelapa parut panjang
- 130 gr gula merah sisir
- 50 gr gula putih
- 130 ml air
- 2 daun pandan ikat
- Vanili

Bahan kuah:
- 500 ml santan
- 1,5 munjung sdm tepung beras
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat:
1. Buat isian, campur semua bahan isi masak, aduk rata sampai kering dan meresap, sisihkan.
2. Bahan kulit, siapkan kentang, tepung beras ketan, garam, dan masukkan santan cair sedikit sedikit uleni sampai kalis. Bagi adonan menjadi 3, setiap bagian dikasih pewarna merah muda, kuning telur, dan hijau
3. Ambil sedikit adonan kulit bulatkan, pipihkan dan isi dengan enten-enten, bulatkan lagi lakukan sampai habis.
4. Siapkan rebusan masukkan adonan yang sudah dibulatkan sampai mengapung, angkat tiriskan di air dingin.
5. Bahan kuah, campur semua bahan masak sampai matang meletup sisihkan,
6. Siapkan daun pisang masukkan bola ketan, siram dengan kuah siap disajikan.

Makanan dari Tepung Beras Nagasari Lapis Hunkwe

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Aneka Resep Kue dan Puding (@resepkuekoe) on

 


Bahan nagasari:
- 5 buah pisang raja iris tipis
- 75 gr tepung beras
- 25 gr tepung tapioka
- 250 ml santan
- 1/4 sdt garam
- 90 gr gula

Bahan hunkwe pandan:
- 25 gr tepung hunkwee plain
- 1 sdm tepung maizena
- 250 ml santan
- 1 sachet susu kental manis
- 50 gr gula pasir
- 1 tetes pasta pandan
- sejumput garam

Cara membuat:
1. Rebus santan, gula, garam, sampai mendidih lalu dinginkan
2. Lalu tuang sedikit demi sedikit di campuran tepung beras dan tapioka aduk rata, lalu saring.
3. Panaskan kukusan, siapkan loyang yang sudah dioles minyak
4. Tuang 1 sendok sayur di loyang kukus sekita 5 menit sampai matang. Tata pisang lalu siram lagi dengan adonan, kukus lagi 5 menit, lakukan berulang sampai adonan habis, kukus selama 25 menit, matikan api angkat loyang dari kukusan.
5. Siapkan adonan hunkwe pandan, campur semua bahan lalu masak sampai mendidih dan meletup lalu tuang di atas loyang nagasari.
7. Dinginkan sampai set atau masukkan kulkas, potong-potong.


Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan dari tepung beras besserta cara membuatnya yang bisa kamu coba. Selamat menikmati ya!

Beri Komentar