8 Cara Memasak Beras Merah Organik dengan Rice Cooker untuk Diet, Bayi dan Penderita Diabetes

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 28 Februari 2020 02:33
8 Cara Memasak Beras Merah Organik dengan Rice Cooker untuk Diet, Bayi dan Penderita Diabetes
Ternyata ada tips dan caranya terseindiri lho, dalam memasak beras merah. Bagaimana dengan cara memasakmu selama ini?

Beras merah merupakan salah satu bahan yang bisa menjadi salah satu alternatif dalam membantu kamu melakukan program diet ketat. Dilansir iDiva, beras merah merah merupakan bahan pangan yang mengandung serat lebih tinggi, sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tak hanya itu, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, saking banyaknya manfaat karena kandungan dalam beras merah ini, banyak orang yang beralih dari mengonsumsi beras putih ke beras merah. Tapi, ada beberapa hal lho yang membuat orang-orang sedikit tidak nyaman. Pasalnya, masih banyak dari mereka mungkin juga kamu yang tidak memahami cara memasak beras merah yang benar.

Kebanyakan dari mereka mengeluh karena beras merah yang mereka masak sangatlah keras dan nggak bisa pulen. Inilah yang menjadi permasalahannya, karena memasak beras merah tidak sama seperti memasak beras putih pada umumnya. Yuk, langsung saja simak resep cara memasak beras merah yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Memasak Beras Merah untuk Diet

Ilustrasi Beras Merah untuk Diet © Diadona

Cara memasak beras merah untuk orang diet juga ada tipsnya, lho. Nah, untuk cara memasak beras merah di bawah ini dikhususkan untuk kamu yang sedang diet ketat dengan kepemilikian golongan darah O. Langsung saja simak resep dan tips cara memasak beras merah untuk diet berikut ini.

Untuk Diet Golongan Darah O
Bahan:
- 1 cup beras merah
- 1 1/2 cup beras putih
- Air untuk menanak nasi

Cara memasak beras merah untuk diet:

  1. Cuci beras merah dan beras putih, ukuran beras putih lebih banyak agar nasi tidak terlalu keras karena tekstur beras merah berbeda dengan beras putih. Masukkan beras ke dalam rice cooker. Lalu sentuhkan jari telunjuk di permukaan beras.
  2. Tuang air hingga tingginya menyentuh sendi pertama jari telunjukmu. Ketika jari yang kamu celupkan sudah terendam air setinggi sendi yang pertama, takaran airnya sudah pas. Jadi sudah siap untuk langsung ditanak.

2 dari 8 halaman

2. Cara Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker

Ilustrasi Memasak Beras Merah dengan Rice Cooker © Diadona

Berikut ini adalah tips cara memasak beras merah dengan menggunkaan alat bantu rice cooker. Dijamin praktis dan tentunya akan mendapatkan hasil nasi beras merah yang pulen maksimal. Berikut cara memasak beras merah selengkapnya:

  1. Cuci beras merah dengan air kemudian tiriskan, sama seperti cara memasak beras putih. Masukkan beras merah ke dalam panci rice cooker dan tambahkan air dengan perbandingan 1 cup beras merah:1 1/2 cup air.
  2. Rendam beras merah di dalam air selama kurang lebih 30 menit agar beras lebih cepat masak, pulen, dan lembut. Tambahkan 1/2 sendok garam untuk memberikan rasa gurih pada nasi.
  3. Hidupkan rice cooker pada mode " Cooking" dan tunggu hingga masak. Biarkan nasi 10-30 menit sebelum membukan rice cooker. Hal ini dilakukan untuk membuat nasi lebih merekat.
    Aduk nasi agar tidak menggumpal dan nasi siap dimakan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Memasak Beras Merah untuk Bayi

Ilustrasi Beras Merah untuk Bayi © Diadona

Beras merah yang kaya akan kandungan menyehatkan tubuh ini juga cocok sebagai makanan anak bayi. Yuk, langsung saja simak cara memasak beras merah berikut ini.

Bahan:
- 2 sdm beras merah
- Susu formula 1 sendok takarkurang lebih 4 gram
- 250 ml air

Cara memasak nasi merah untuk bayi:

  1. Cuci bersih beras merah dengan tiga kali bilas. Masukkan secara perlahan ke dalam cooker, tambahkan air dan masak hingga tekstur menjadi bubur. Ambil 2 sdm bubur kemudian saring dengan saringan kawat. Jangan lupa bagian bawah saringan diambil, ya.
  2. Tambahkan air hangat sampai kekentalan yang sesuai. Taruh sendok dimiringkan bubur tidak jatuh. Tambahkan susu formula adult. Bubur siap disajikan hangat hangat.

4 dari 8 halaman

4. Cara Memasak Bubur Beras Merah

Ilustrasi Bubur Beras Merah © Diadona

Mungkin kamu biasanya menikmati bubur dengan bahan beras putih. Nah, sekali-kali kamu harus mencoba varian bubur beras merah yang juga bisa kamu buat sendiri dengan mudah di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara memasak beras merah untuk bubur berikut ini. 

Bahan:
- 2 sendok beras merah yang sudah di blender
- 5 helai daun kangkung
- Chia seed
- Air kaldu ayam

Cara memasak beras merah untuk bubur:

Masak beras merah dengan 2 gelas air kaldu selama kurang lebih 20 menit sampai airnya surut. Kukus daun kangkung sampai matang, setelah itu saring. Angkat bubur beras lalu saring.

5 dari 8 halaman

5. Cara Memasak Beras Merah Campur Beras Putih

Ilustrasi Beras Merah dan Putih © Diadona

Kamu yang suka olahan beras merah juga bisa banget kamu kombinasikan dengan beras putih. Tenang, hasil nasinya tidak akan keras dan dijamin pulen sempurna. Langsung saja simak resep cara memasak beras merah dengan campuran beras putih berikut ini.

Bahan:
- 1 cup beras merah
- 1 cup beras putih
- Secukupnya tempe
- Secukupnya ikan pindang
- 3 buah labu siam, cuci dan iris sebesar korek api
- 2 ons buncis, buang ujungnya
- Secukupnya cabe rawit hijau
- Secukupnya garam, gula, dan lada
- 8 siung bawang putih

Cara memasak beras merah campur beras putih:

  1. Cuci beras sampai bersih. Masak nasi putih dalam rice cooker, setelah matang, angkat, lalu masak nasi merah. mBumbui tempe dengan garam, lada, kemudian goreng tempe sampai kecoklatan. Setelah matang, Angkat dan tiriskan dari minyak.
  2. Tumis 3 siung bawang putih yang telah dicincang sampai harum, masukkan buncis yang telah dicuci bersih dan dibuang ujungnya. Beri garam, gula dan lada, dan sedikit air, masak sampai buncis matang.
  3. Tumis 3 siung bawang putih yang telah dicincang, masukkan labu yang telah diiris. Beri garam, gula, lada dan air. Masak sampai labu empuk dan angkat.
  4. Cuci bersih cabe rawit hijau. Lalu tumbuk cabe rawit dengan 2 siung bawang putih. Beri sedikit minyak, garam dan gula. Tumbuk sampai semua cabe dan bawang hancur. Sajikan nasi merah, nasi putih, dengan aneka sayuran tumisan, lauk ikan, tempe dan sambal hijau.

6 dari 8 halaman

6. Cara Memasak Beras Merah Organik

Ilustrasi Beras Merah Organik © Diadona

Beras merah organik termasuk bahan yang cukup sulit untuk didapatkan saat ini. Oleh karena itu, beras merah organik juga dibandrol dengan harga yang nggak murah. Nah, sayang dong jika beras merah organik ini kamu masak dengan asal-asalan, apalagi jika sampai menghasilkan nasi yang nggak pulen. Nah, simak saja deh resep cara memasak beras merah organik dengan menggunakan panci sederhana berikut ini. Dijamin nggak gagal dan menghasilkan nasi beras merah yang enak.

Cara memasak beras merah dengan menggunakan panci

  1. Ambil panci yang besar dengan tutup yang sesuai agar memungkinkan air yang ada dalam wadah panci bisa panas merata dan menghasilkan buliran nasi yang baik. Tutup panci dengan erat agar uap yang ada tidak bisa keluar.
  2. Ambil beberapa bagian beras merah, ambil 3 cangkir beras dan kemudian cuci beras sampai bersih bisa ditandai dengan air larutan yang jernih. Agar lebih mudah memasaknya, sebaiknya rendam dulu beras sebelum memasak dengan air dingin selama 1 jam.
  3. Silahkan ambil air dan ukur banyaknya masukkan kedalam panci, untuk 1 bagian beras merah bisa diberi air sebanyak 2 1/2 bagian kemudian rebus bersama beberapa bagian garam secukupnya, dianjurkan 1 sendok teh.
  4. Sangat penting untuk mengukur banyaknya air gunanya agar mencegah beras terlalu lembek atau kurang matang, bisa masukkan sayuran dan daging sebagai variasi. Panaskan sampai mendidih, kemudian setelah mendidih turunkan panasnya ke level yang lebih rendah dan biarkan mendidih dengan tetap menutup panci hingga beras terasa lunak.

7 dari 8 halaman

7. Cara Memasak Beras Merah dengan Magic Com

Ilustrasi Beras Merah © Diadona

Proses memasak nasi saat ini semakin dipermudah dengan hadirnya teknologi magic com. Tanpa perlu repot-repot kamu bisa menanak nasi khususnya beras merah yang biasanya dimasak dengan proses yang dibilang gampang-gampang susah ini. Berikut resep dan tips memasak beras merah dengan magic com sederhana.

  1. Cuci bersih beras merah layaknya mencuci beras putih. Bisa 3 sampai 4 kali bilasan air saja lalu rendam selama 30 menit, tujuannya agar beras merah tidak keras dan nantinya hasil masakan juga lebih pulen
  2. Berbeda dengan beras putih biasa, cara memasak nasi merah dengan magic com memerlukan takaran air yang lebih banyak. Takaran tersebut memiliki perbandingan 4:1, dimana 4 gelas air untuk 1 gelas beras merah.
  3. Setelah nasi merah direndam selama 30 menit dan ditambahkan air, beras tersebut siap untuk dimasak. Pada beberapa magic com terdapat tombol khusus untuk memask beras merah, sehingga bisa dipilih opsi tersebut. Tapi untuk rice cooker biasa, bisa dipilih tombol “ cook atau memasak”. Selepas itu, tunggu sampai nasi matang.
  4. Dari proses cook ke warm adalah tanda dimana nasi telah matang. Akan tetapi, tunggu sampai 10 menit sebelum nasi merah disajikan. Supaya uap air terserap oleh nasi merah tersebut. Hal ini juga menjadikan tekstur nasi merah tampak mengembang dan ringan.

8 dari 8 halaman

8. Cara Memasak Beras Merah untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi Beras Merah untuk Penderita Diabetes © Diadona

Untuk memasak nasi merah ini kamu bisa menggunakan panci terlebih dahulu, baru dipindahkan ke dandang untuk dikukus. Simak resep dan tips cara memasak beras merah untuk penderita diabetes berikut ini.

  1. Cuci beras merah hingga benar-benar bersih. Sebaiknya menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang berada dalam beras bisa ikut terbuang bersama air. Rendam terlebih dahulu dengan air bersih selama 30 menit agar nantinya tekstur nasi tidak keras dan empuk serta berasa pulen.
  2. Setelah itu masak dalam panci dengan memakai api yang kecil. Gunakan perbandingan 1:3 yaitu 1 cangkir beras merah dan 3 cangkir air bersih. Diamkan hingga airnya mendidih dan habis. Pindahkan nasi beras merah ke dalam dandang untuk dikukus. Gunakan api kecil atau sedang.
  3. Jika menginginkan harum mewangi, maka kamu bisa menambahkan irisan bawang merah dan bawang putih, 1 lembar daun salam dan 1 lembar daun pandang. Bisa juga kukusan dilapisi dengan daun pisang yang masih segar. Kukus beras merah hingga benar-benar matang dan sajikan dalam keadaan masih hangat agar nikmat dan lezat.

Nah, itulah beberapa cara dan tips memasak beras merah yang mudah dan tentunya akan menghasilkan nasi merah yang pulen maksimal. Yap, memang ada beberapa perbedaan mendasar dalam memasak beras merah dan beras putih. Bagaimana, sudah paham kan?

Beri Komentar