Tips Minyak Goreng Tetap Jernih untuk Memasak Makanan di Rumah

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Maret 2023 20:15
Tips Minyak Goreng Tetap Jernih untuk Memasak Makanan di Rumah
Ini beberapa tips minyak goreng tetap jernih.

Minyak goreng adalah bahan dapur yang digunakan dalam memasak dan menggoreng makanan. Minyak goreng biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, termasuk minyak jagung, minyak kedelai, minyak canola, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lainnya.

Selain itu, minyak goreng juga tersedia dalam berbagai jenis, seperti minyak nabati, minyak hewani, dan campuran minyak nabati dan hewani. Nah, berikut ini beberapa tips minyak goreng tetap jernih saat digunakan untuk memasak makanan.

1 dari 6 halaman

Hindari Pakai Api yang Besar ketika Memasak

Minyak Goreng © Diadona

Dikutip dari laman bola.com (20/1), tips minyak goreng tetap jernih yang pertama, disarankan untuk tidak menggunakan api besar saat memasak agar tidak membuat minyak mudah jadi hitam. Penggunaan api yang terlalu besar selama proses penggorengan adalah salah satu faktor yang membuat minyak cepat berubah warna menjadi kehitaman.

Ketika minyak terlalu panas, maka kemungkinan besar akan jadi hitam. Oleh karena itu, lebih baik gunakan api kecil atau sedang saat menggoreng. Pastikan kamu mengatur suhu api dulu ya saat menggoreng makanan.

2 dari 6 halaman

Bersihkan Sisa Makanan yang Ada di Minyak

Ilustrasi Minyak Goreng © Diadona

Tips minyak goreng tetap jernih yang kedua, untuk menjaga agar minyak goreng tidak cepat hitam, penting untuk segera membersihkan sisa makanan yang tersisa pada minyak yang digunakan. Ketika membuat gorengan yang berbahan tepung, seringkali akan terdapat sisa makanan yang tertinggal di minyak.

Oleh karena itu, sisa-sisa ini harus segera dibersihkan agar kualitas minyak yang kamu gunakan tetap terjaga. Jangan biarkan sisa makanan tersebut terlalu lama, karena akan semakin sulit dibersihkan dan dapat merusak kualitas minyak. Pastikan untuk segera membersihkan sisa-sisa makanan tersebut secepat mungkin.

3 dari 6 halaman

Simpan dengan Benar dan Jauhkan dari Sinar Matahari

Tips Minyak Goreng Tetap Jernih © Diadona

Tips minyak goreng tetap jernih yang ketiga agar minyak goreng tetap awet dan berkualitas, penting untuk memperhatikan cara penyimpanannya. Simpanlah minyak di wadah yang jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Jika tidak disimpan dengan baik, minyak bisa berubah warna menjadi keruh dan hitam. Sebaiknya simpan minyak dalam wadah stainless atau botol yang tertutup rapat, serta menjauhkannya dari sumber panas dan paparan sinar matahari langsung.

4 dari 6 halaman

Pisahkan Sesuai dengan Bekas Makanan yang Digoreng

Ilustrasi Minyak Goreng © Diadona

Tips minyak goreng tetap jernih yang keempat, penting untuk memisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang telah digoreng agar minyak goreng tetap awet dan tidak cepat hitam. Hal ini dilakukan untuk menghindari aroma dari satu jenis makanan yang bercampur dengan makanan lainnya.

Sebagai contoh, saat menggunakan minyak goreng untuk menggoreng ikan, pastikan untuk menggunakan bekas minyak goreng tersebut hanya untuk menggoreng ikan saja. Jangan gunakan minyak goreng bekas menggoreng ikan untuk menggoreng makanan lain, seperti pisang, tempe, atau tahu.

Oleh karena itu, pastikan untuk memisahkan minyak sesuai dengan bekas makanan yang Anda goreng untuk menjaga kualitas dan kebersihan minyak goreng.

5 dari 6 halaman

Hindari Gunakan Minyak Berulang Kali

Ilustrasi Minyak Goreng © Diadona

Tips minyak goreng tetap jernih yang kelima, untuk menjaga kualitas minyak goreng dan menghindari cepat hitam, penting untuk memperhatikan batas penggunaannya. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya minyak tidak digunakan terus menerus dan diusahakan maksimal hanya tiga kali penggunaan atau penggorengan saja.

Jika minyak digunakan secara berulang-ulang, minyak akan menjadi menghitam dan kualitasnya akan menurun. Selain itu, hal ini juga dapat mempengaruhi rasa dan aroma makanan menjadi tidak enak.

6 dari 6 halaman

Tips Minyak Goreng Tetap Jernih © Diadona

Tidak hanya itu, penggunaan minyak goreng yang telah berulang kali digunakan atau yang telah menghitam dan keruh juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, batasi penggunaan minyak goreng untuk menjaga kualitas makanan dan kesehatan kamu.

Itulah beberapa tips minyak goreng tetap jernih yang bisa kamu lakukan saat memasak setiap harinya. Kalau minyak goreng tetap jernih seperti ini, jadi bisa agak berhemat ya Mom untuk membeli minyak goreng yang baru. Ada yang udah pernah coba gak nih, Diazens?

Beri Komentar