Benarkah Keseringan Main Handphone Bisa Mempengaruhi Ingatan Remaja?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 12 April 2021 07:37
Benarkah Keseringan Main Handphone Bisa Mempengaruhi Ingatan Remaja?
Ternyata ada hubungan antara penggunaan handphone dan kemampuan memori anak.

Saat ini handphone dan remaja menjadi dua hal yang sepertinya nggak bisa dipisahkan. Apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, intensitas penggunaan handphone pada anak semakin meningkat karena mereka juga menggunakannya untuk kebutuhan sekolah online.

Hal ini tentu cukup wajar terjadi karena remaja tumbuh di era teknologi dan perkembangan smartphone yang cukup pesat. Sebagai orang tua, mengambil dan membatasi penggunaan handphone pada anak biasanya hanya akan mendapatkan penolakan atau kemarahan dari mereka.

Namun seperti banyaknya perkembangan teknologi lainnya, penggunaan handphone pada remaja tentu memiliki dampak positif dan negatif. Dilansir dari Moms.com, Down To Earth mengungkapakan ada hubungan antara penggunaan handphone dan ingatan remaja.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak bermain gadget © Diadona

Remaja yang sering menggunakan handphone memiliki kemungkinan mengalami hambatan dalam inagatan mereka. Padahal ingatan sangat penting bagi anak, terutama dalam menjalankan pendidikan.

Tautan utama antara handphone dan memori bermuara pada gangguan. Jika ada terlalu banyak gangguan, hal itu bisa menyulitkan pikiran untuk membentuk ingatan.

2 dari 4 halaman

Nggak bisa dipungkiri bahwa handphone adalah benda pengalih perhatian bagi remaja. Saat mereka mencampurkan kegiatan bermain handphone dan mempelajari keterampilan baru, maka mereka hanya akan melakukan usaha yang setengah.

Hal ini kemudian membuat anak lebih sulit mempelajari keterampilan baru. Bahkan untuk mempertahankan apa yang telah dipelajari pun akan terasa sulit.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Main HP © Diadona

Selain masalah tersebut, radiasi juga menjadi perhatian dalam hubungan antara handphone dan ingatan. Menurut Business Insider, sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui efek kesehatan terkait penggunaan handphone pada remaja.

Ditemukan bahwa radiasi handphone punya efek negatif pada kinerja memori karena fungsi memori di otak sangat penting. Otak remaja mungkin mendapatkan terlalu banyak radiasi dari handphone mereka.

4 dari 4 halaman

ilustrasi anak belajar © Diadona

Fenomena ini disebut sebagai " amnesia digital" . Secara khusus amnesia digital memengaruhi memori figural, yaitu memori yang bertanggung jawab untuk mengenali bentuk dan figur.

Menurut Science News for Students, tampaknya hal ini memengaruhi remaja yang lebih sering menggunakan handphone dengan telingan kanan daripada telinga kiri. Ada juga faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk seberapa banyak seorang remaja berbicara di telepon, seberapa dekat mereka memegangnya di telinga, dan apakah mereka lebih suka mengobrol daripada menggunakan chat.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mulai membicarakan tentang penggunaan handphone pada remaja. Kita bisa menjelaskan bahaya-bahaya yang perlu mereka hindari agar mereka bisa menggunakan handphone dengan lebih sehat.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar