6 Ucapan yang Perlu Diajarkan untuk Membentuk Karakter Anak

Reporter : Riza Umami
Jumat, 9 April 2021 17:17
6 Ucapan yang Perlu Diajarkan untuk Membentuk Karakter Anak
Apa saja ya Mom?

Sebagai orang tua, ibu tentu perlu mengajari anak tentang beberapa ucapan yang akan sangat berguna hingga nanti dia sudah dewasa. Ucapan ini pun perlu diajarkan agar anak punya tata krama dalam menjalani kesehariannya dan juga untuk membentuk karakter anak.

Hal baik seperti ini pun perlu ibu ajarkan mulai anak kecil agar dia terbiasa melakukannya dan akan terus terbawa sampai dia besar nanti. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa ucapan yang perlu diajarkan untuk membentuk karakter anak.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Yang pertama yaitu 'tolong'. Meski ucapan yang satu ini tampak sederhana, tetapi terkadang kita lupa untuk mengatakannya ketika meminta tolong pada orang lain untuk melakukan suatu. Biasakan anak mengucapkan kata 'tolong' saat dia hendak meminta bantuan agar kesannya tidak menyuruh-nyuruh.

Yang kedua yaitu 'maaf'. Kata yang satu ini pun ternyata sangat sulit untuk diungkapkan apalagi kalau orang tersebut tak pernah meminta maaf. Ajari anak untuk meminta maaf ketika dia berbuat salah agar dia pun menyesali kesalahan yang sudah dia perbuat.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Yang ketika yaitu 'salam'. Salam ini pun juga salah satu yang perlu diajarkan pada buah hati saat dia masuk ke dalam rumah seseorang atau masuk ke dalam ruangan misalnya kelas sehingga terlihat bahwa si kecil memang punya sopan santun dan tidak main nyelonong saja.

Yang keempat adalah 'terima kasih'. Ajari anak ketika dia menerima hadiah atau suatu barang dari orang lain, maka dia pun perlu mengatakan terima kasih kepada orang tersebut. Ucapan sederhana ini pun akan membuat orang lain juga senang.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Yang kelima yaitu 'permisi'. Ibu pun perlu mengajari anak untuk mengucapkan kata yang satu ini yang bisa digunakan untuk banyak hal. Kata permisi sendiri biasa digunakan ketika kita hendak meminta izin untuk melakukan sesuatu misalnya izin hendak lewat di depannya, izin keluar sebentar, izin masuk rumah dan masih banyak lagi.

Yang keenam yaitu 'bisa'. Maksudnya, ibu juga perlu mengajarkan anak untuk mengatakan 'aku bisa' ketika dia melakukan sesuatu atau menemui hambatan dalam hal yang dia lakukan. Kata ini pun akan membuat anak lebih optimis dan membuatnya tumbuh dengan percaya diri. Namun, perlu dipastikan juga bahwa anak melakukan hal yang masih dalam batas kemampuannya dan jangan sampai terlalu memaksanya.

Itulah beberapa ucapan yang perlu diajarkan untuk membentuk karakter anak yang baik dan budiman, semoga bermanfaat.

Beri Komentar