Tanda-Tanda Ibu Mempunyai Mental yang Sehat dalam Merawat Anak

Reporter : Riza Umami
Kamis, 8 April 2021 18:17
Tanda-Tanda Ibu Mempunyai Mental yang Sehat dalam Merawat Anak
Saking kelelahannya dalam mengurus anak, mungkin ibu tak sadar kalau kondisi mentalnya sedang tak baik-baik saja. Berikut ini tanda-tanda apakah ibu mempunyai mental yang sehat atau tidak.

Menjadi orang tua terkadang cukup melelahkan bahkan mungkin membuat stres seperti yang dialami oleh sejumlah ibu. Hal tersebut sangat mungkin terjadi terutama bagi ibu yang mengasuh anak-anaknya seorang diri tanpa bantuan dari baby sitter atau orang tua.

Lantas bagaimanakah cara agar tahu bahwa mental kita ini sedang dalam kondisi yang baik-baik saja dan sehat meski sibuk mengurus anak dan melakukan pekerjaan yang lainnya?

Rensia Sanvira yang merupakan konselor anak dan pernikahan serta kreator TikTok pemilik akun @rensiasanvira menjelaskan tentang ciri-ciri orang tua yang sehat mentalnya.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak perempuanilustrasi ibu dan anak perempuan © thepragmaticparent.com

Yang pertama ibu mempunyai rasa humor di mana semua hal tak perlu dibuat serius. Terkadang, ada momen saat kumpul bersama suami dan anak di mana kita bisa bercanda sambil tertawa dengan mereka. Coba perhatikan seharian ini Mom lebih banyak tertawa atau hanya diam saja.

Yang kedua, ibu memberikan respons yang wajar kepada anak. Maksudnya yaitu saat anak misalnya melakukan kesalahan, ibu mengatakan hal yang wajar kepada buah hati, bukan malah sedikit-sedikit memarahinya. Marah pada anak ini pun juga akan memberikan efek yang buruk pada buah hati.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Yang ketiga yaitu menghargai dan peduli apa yang dirasakan oleh anak. Bukan hanya ibu yang ingin dihargai dan juga diperhatikan, anak pun sama demikian. Meski ibu sibuk melakukan banyak hal, jangan sampai lupa untuk memperhatikan anak serta menghargai anak dalam keseharian.

Yang keempat, ibu mengerti batas kemampuan anak dan tidak memaksakan kehendak pada buah hati. Terkadang, kita masih sering menjumpai orang tua yang memaksakan kehendaknya pada anak bahkan mendektenya untuk melakukan ini dan itu tanpa memikirkan perasaan anak. Kalau dibiarkan begitu terus-menerus, tentu anaklah yang akan menderita karena dia harus hidup untuk memenuhi ekspektasi orang tuanya.

3 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © keytokids.com.au

Yang kelima, pastikan juga ibu mau menerima pendapat anak. Terkadang, mungkin kita menyepelekan pendapat anak padahal ini adalah salah satu cara untuk lebih menghargainya. Saat ibu hendak membelikan sesuatu untuk anak, tanyakan dulu anak penginnya yang mana. Dari sinilah kita belajar untuk menerima pendapat buah hati.

Yang terakhir dan sangat penting, ibu harus bisa berkomunikasi dengan baik sama anak. Komunikasi ini adalah salah satu kunci ibu mempunyai hubungan yang baik dan akur dengan anak. Buatlah anak agar dia bisa menceritakan apa pun kepada ibu tanpa ia perlu merasa takut atau ditutup-tutupi. Itulah beberapa tanda ibu yang mempunyai mental sehat dalam merawat anak. Apakah ibu sudah sehat mental?

Beri Komentar