Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar, serta Rekomendasi Produk Skincare untuk Bikin Kulit Mulus dan Bersih

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 9 April 2024 10:09
Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar, serta Rekomendasi Produk Skincare untuk Bikin Kulit Mulus dan Bersih
Punya pori-pori besar tapi bingung gimana cara ngatasinnya? Yuk cari tau tips dan skincare yang cocok untuk atasi pori-pori besar kamu.

Pori-pori besar merupakan masalah umum yang sering dialami banyak orang. Walaupun bukan hal yang serius, namun pori-pori besar dapat menurunkan rasa percaya diri dan ketidaknyamanan untuk penampilan. Penyebab dari pori-pori besar ini yaitu produksi sebum yang terlalu berlebihan di wajah sehingga dapat memicu timbulnya jerawat dan masalah yang lainnya. 

Untuk mengatasi masalah pori-pori besar, kamu dapat memilih kandungan skincare, seperti niacinamide, retinol, asam glikolat, asam salisilat, tanah liat, dan squalene. Kandungan tersebut dapat mengecilkan pori-pori wajah kamu dan mengangkat minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati. 

1 dari 5 halaman

Sebelum memilih produk yang tepat, kamu perlu mengetahui tips yang efektif membantu mengatasi masalah pori-pori besar agar kulit wajah lebih mulus.

1. Bersihkan Kulit Secara Teratur

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Membersihkan kulit secara teratur merupakan langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengurangi penampilan pori-pori besar. Gunakan pembersih wajah yang lembut atau gentle yang mampu membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Toner yang Mengandung AHA atau BHA

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Toner yang mengandung AHA atau BHA dapat membantu mengurangi tampilan pori-pori besar dengan membersihkan secara mendalam dan mengangkat sel-sel kulit mati. Pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Eksfoliasi secara rutin dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Gunakan scrub wajah yang lembut atau produk eksfoliasi yang mengandung asam glikolat atau asam laktat untuk membantu meratakan tekstur kulit dan mengurangi penampilan pori-pori.

2 dari 5 halaman

4. Gunakan Serum dengan Kandungan Retinol

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Retinol merupakan salah satu kandungan yang efektif dalam merangsang regenerasi sel-sel kulit dan merangsang produksi kolagen. Selain itu, retinol juga dapat membantu menyempitkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih halus dan kencang. 

5. Pilih Sunscreen dengan SPF Tinggi

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperbesar pori-pori dan membuat wajah menjadi kusam. Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mengurangi penampilan pori-pori.

6. Hindari Produk yang Mengandung Minyak

Tips Mengatasi Masalah Pori-Pori Besar © Diadona

Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar. Hindarilah produk skincare atau makeup yang mengandung minyak berlebih, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak atau kulit berjerawat.

3 dari 5 halaman

Setelah mengetahui tips di atas, kamu dapat memilih produk skincare di bawah untuk membantu mengecilkan tampilan pori-pori besar di wajah kamu. 

1. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash © Diadona

Face wash dari Hadalabo ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori secara lembut dengan kandungan AHA dan BHA di dalamnya. Selain menjadi face wash, produk ini juga dapat menjadi makeup removal sehingga kamu bisa menghemat waktu dan biaya untuk membersihkan wajah. (Harga Rp37.000)

2. Skintific Glycolic Acid Daily Clarifying Toner

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Skintific Glycolic Acid Daily Clarifying Toner © Diadona

Toner ini mengandung glycolic acid dan lactobionic acid atau PHA yang dapat membantu mengatasi jerawat maupun bruntusan. Selain itu, toner ini juga dilengkapi dengan kandungan Niacinamide yang dapat menyamarkan tampilan pori-pori besar sekaligus mencerahkan kulit wajah. Toner dari Skintific ini aman digunakan setiap hari dan dapat menjaga serta meningkatkan skin barrier. (Harga Rp115.920)

3. Somethinc Hylapore Away Solution Serum

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Somethinc Hylapore Away Solution Serum © Diadona

Serum dari Somethinc ini memiliki kandungan cleome gynandra leaf ectract, zinc-pca, dan bahan aktif lainnya yang dapat membantu mengecilkan tampilan pori-pori. Serum ini mampu mengatasi komedo dan cocok untuk kulit berminyak, juga dapat digunakan untuk remaja yang berusia 11 tahun ke atas dan dapat digunakan setiap hari. (Harga Rp107.100)

4 dari 5 halaman

4. Carasun Solar Smart UV Protector Sunscreen SPF 45

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Carasun Solar Smart  UV Protector Sunscreen SPF 45 © Diadona

Sunscreen dari Carasun ini memiliki label non-comedogenic sehingga cocok untuk pori-pori besar dan mampu melindungi wajah dari sinar UV yang berbahaya. Sunscreen ini bertekstur ringan dan tidak lengket sehingga dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit wajah. (Harga Rp53.000)

5. Avoskin Miraculous Refining Toner

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Avoskin Miraculous Refining Toner © Diadona

Toner eksfoliasi dari Avoskin ini memiliki kandungan chemical exfoliant, 5% AHA, 1% BHA, 2% PHA, 2% Niacinamide, 2% Tea Tree, dan aloe vera yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan tampilan pori-pori besar. Dengan kandungan yang efektif dan formulanya yang lembut, toner ini dapat membuat wajah kamu halus dan lebih cerah. (Harga Rp99.000)

6. Neogen Bio Peel Gauze Pad Lemon

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Neogen Bio Peel Gauze Pad Lemon © Diadona

Produk eksfoliasi yang menggunakan kapas dari Neogen ini bisa mengatasi pori-pori besar dan mengangkat sel kulit mati. Selain mengandung AHA, produk ini juga mengandung ekstrak buah lemon yang kaya akan vitamin C untuk mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit wajah. (Harga Rp229.800)

7. Whitelab Mugwort Clarifying Mask

Skincare Untuk Pori-Pori Besar - Whitelab Mugwort Clarifying Mask © Diadona

Masker wajah ini dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menenangkan kulit dengan kandungan ekstrak mugwort, niacinamide, green tea leaf, dan cica. Masker dari Whitelab ini telah teruji klinis dan aman digunakan untuk kulit sensitif. Kamu dapat menggunakan masker wajah ini 2-3 kali seminggu untuk mengecilkan tampilan pori-pori. (Harga Rp75.000)

5 dari 5 halaman

Nah, itulah tips dan rekomendasi produk skincare yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Untuk mengecilkan pori-pori, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kamu juga perlu melihat berbagai kandungan di dalam produk skincare kamu agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Eunike Jeannette Siregar

Beri Komentar