10 Tips Renovasi Kamar Tidur Low Budget, Bikin Ruangan Lebih Indah dan Nyaman Tanpa Menguras Kantong

Reporter : Arifina
Kamis, 6 Juli 2023 16:07
10 Tips Renovasi Kamar Tidur Low Budget, Bikin Ruangan Lebih Indah dan Nyaman Tanpa Menguras Kantong
Meski low budget, kamar tidur tetap bikin ruangan terlihat keren lho!

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang paling penting. Selain untuk sekedar beristirahat, kamar yang indah dan nyaman justru akan banyak membuat seseorang lebih banyak menghabiskan waktu di kamar.

Tak ayal, banyak orang akan merenovasi area kamar tidur setidaknya setiap 3 sampai 5 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar suasana kamar lebih enak dipandang dan menarik untuk dijadikan tempat bersantai.

1 dari 11 halaman

Renovasi Kamar Tidur Low Budget © Diadona

Nah, untuk mengubah kamar tidur menjadi ruangan yang nyaman dan menenangkan tidak selalu harus memakan biaya besar lho! Kamu tetap bisa mendapatkan kamar tidur sesuai keinginan dengan low budget.

Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang tepat, maka merenovasi kamar tidur akan lebih mudah dan tetap hemat anggaran. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips merenovasi kamar tidur low budget!

2 dari 11 halaman

Buat Konsep Tata Ruang

Sebelum memulai renovasi kamar, kamu perlu memperhatikan area ruangan. Sebelum pemilihan dekorasi hingga furnitur, maka buatlah konsep penataan ruangan agar kamu bisa melihat setiap sudut ruangan secara efektif.

Hal ini akan mempermudah kamu dalam meletakkan berbagai barang-barang untuk di area kamar agar lebih rapi dan menarik dipandang.

3 dari 11 halaman

Kosongkan Area Kamar

Setelah membuat konsep, langkah yang paling tepat sebelum memulai renovasi adalah mengosongkan area kamar. Dengan begitu kamu bisa membayangkan konsep yang sudah dibuat untuk menata barang-barang.

Hal ini akan mempermudah dan mempercepat proses renovasi kamar kamu deh!

4 dari 11 halaman

Pemilihan Dekorasi

Renovasi Kamar Tidur Low Budget © Diadona

Kamar tidur dimanfaatkan sebagai tempat untuk beristirahat dan bersantai. Karena itu, pemilihan dekorasi yang tepat penting dilakukan untuk membuat suasana kamar lebih menarik dan tidak terkesan sumpek.

Tak perlu berlebihan, pilih model-model dekorasi sederhana saja. Seperti, memakai rak untuk tempat bingkai foto fan aneka pajangan.

Bisa juga untuk menyimpan aneka barang-barang kamu agar terlihat lebih rapi. Tanpa banyak barang, kamar sederhana akan membuat waktu tidur makin berkualitas lho!

5 dari 11 halaman

Cat Ulang Area Kamar

Mengecat area kamar tidur bisa menjadi alternatif untuk membuat suasana ruangan menjadi berbeda. Tentukan saja sesuai seleramu, dan tema yang akan kamu pilih dengan area ruangan kamar yang diinginkan.

Jika tak ingin mengubah semua warna di seluruh kamar, manfaatkan saja salah satu bagian dinding yang dicat ulang. Hal ini juga lebih hemat dan bisa memberi kesan baru pada kamar mu.

6 dari 11 halaman

Manfaatkan Penggunaan Furnitur

Merenovasi kamar bukan berarti kamu harus mengganti semua furnitur yang dipakai. Lihat kembali barang-barang yang masih bisa digunakan, seperti lemari pakaian, kasur, dan meja.

Cukup kamu kreasikan saja berbagai furnitur yang digunakna tersebut. Misal, dengan mengecat ulang lemari pakaian, mengganti tema-tema sprei yang biasa digunakan juga bisa menjadi alternatif renovasi kamar nih!

7 dari 11 halaman

Ubah Tata Letak

Renovasi Kamar Tidur Low Budget © Diadona

Biasanya tata letak yang itu-itu saja akan membuat suasana kamar menjadi membosankan. Maka, sesekali kamu perlu mengubahnya agar lebih fresh.

Siapkan waktu senggangmu untuk mengubah berbagai tata letak dari furnitur yang kamu gunakan di kamar. Sesuaikan juga dengan ukuran kamar agar terlihat pas saat dipindahkan ya!

8 dari 11 halaman

Beri Pencahayaan yang Efisien

Jika biasanya lampu kamar hanya menggunakan yang umum, kamu bisa mengubah pencahayaan dengan pernak-pernik lampu hias. Bisa model lampu tempel dinding yang memanjang, atau memberikan tambahan lampu meja.

Pilihlah model lampu yang tetap sesuai dengan budget minimalis ya! Penambahan lampu hias akan membuat suasana kamar semakin menarik dan estetik banget!

9 dari 11 halaman

Tambahkan Walpaper Minimalis

Buat kamu yang tidak terbiasa melihat ruangan di kamar kosong, ide yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan lho! Tambahkan saja berbagai walpaper minimalis di beberapa sudut kamar.

Motif-motif menarik walpaper akan membuat suasana kamar menjadi lebih menarik dan asyik. Kamu bisa memilih seauai yang kamu inginkan, bisa model efek pop art atau elegan dengan warna walpaper netarl seperti abu-abu.

10 dari 11 halaman

Beri Sentuhan Seni

Renovasi Kamar Tidur Low Budget © Diadona

Biar area kamar lebih menarik kamu bisa menambahkan sentuhan seni. Misal, memasang berbagai lukisan yang menarik.

Jika memang lukisan terkesan mahal, kamu bisa mengakalinya dengan gambar-gambar simpel yang kamu buat sendiri misalnya. Lalu, berilah bingkai agar terlihat lebih estetik.

11 dari 11 halaman

Gunakan Teknik Do It Yourself

Merenovasi kamar dengan konsep low budget harus pandai-pandai dalam berkreasi. Alih-alih membeli dekorasi baru, kamu bisa membuat sendiri kreasi untuk pernak-pernik di kamar lho!

Misalnya, memanfaatkan kayu palet bekas menjadi kreasi headboard unik, membuat bingkai foto yang beda dari yang lain atau memanfaatkan kardus bekas menjadi rak buku praktis. Dijamin, area kamar tidur akan semakin menarik dan rapi.

Itulah sederet tips menrenovasi kamar tidur low budget. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar