10 Tips Menata Kamar Tidur Sempit, Auto Luas dan Nggak Bikin Sumpek

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 20 April 2023 15:56
10 Tips Menata Kamar Tidur Sempit, Auto Luas dan Nggak Bikin Sumpek
Sempit bukan berarti nggak bisa bikin nyaman loh~

Tips menata kamar tidur sempit agar terasa luas dan nyaman itu gampang loh. Dengan catatan, kamu tahu hal-hal yang harus kemu perhatikan dengan jeli.

Jadi, jika kamu memiliki kamar tidur yang sempit, mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk menata dan membuatnya terlihat lebih luas. Tetapi jangan khawatir, dengan beberapa tips dan trik yang tepat di artikel ini kamu bisa membuat kamar tidur sempit terlihat lebih lapang dan nyaman.

Berikut adalah tips menata kamar tidur sempit dengan efektif. Yuk simak bareng-bareng Diazens!

1 dari 6 halaman

Gunakan Perabotan Kecil

Tips Menata Kamar Tidur Sempit © Diadona

Perabotan kecil sangat bisa membuat kamar terasa luas loh. Pasalnya, perabotan besar seperti lemari besar atau tempat tidur tinggi akan memakan ruang yang ada di kamar tidur.

Oleh karena itu, pastikan memilih perabotan kecil yang sesuai dengan ukuran kamar tidur kamu Diazens. Perabotan kecil tidak hanya memakan ruang yang lebih sedikit, tetapi juga membuat kamar tidur terlihat lebih lapang dan terorganisir.

Gunakan Tempat Tidur Rendah

Kemudian, jangan gunakan ranjang yang tinggi. lebih baik kamu pilih tempat tidur rendah karena akan membuat kamar tidur terlihat lebih modern dan juga memberikan kesan lapang dan nyaman.

Selain itu, tempat tidur atau ranjang yang rendah akan membuat plafon kamar terlihat lebih tinggi dan memberikan efek luas pada kamar tidur. Oh iya, sebaiknya gunakan tempat tidur tanpa headboard di kamar sempit. Dengan demikian, kamu dapat menghemat tempat dan menambah kesan ruangan terasa lebih luas.

2 dari 6 halaman

Letakkan Kasur di Bagian Pinggir

Tips Menata Kamar Tidur Sempit © Diadona

Cukup penting juga nih, jangan menempatkan kasur di bagian tengah kamar tidur karena akan memakan ruang yang berharga dan membuat kamar tidur terlihat lebih sempit. Oleh karena itu, letakkan kasur di bagian pinggir kamar tidur untuk memberikan lebih banyak ruang di tengah kamar.

Gunakan Hidden Storage

Sekarang ini banyak perabotan dengan fitur penyimpanan tersembunyi yang bisa kamu gunakan untuk menata kamar tidur. Misalnya, kamu bisa menggunakan lemari dengan pintu geser atau tempat tidur dengan laci di bawahnya untuk menyimpan barang-barang yang tidak sering digunakan.

Dengan menggunakan perabotan dengan fitur penyimpanan tersembunyi, kamar tidur kamu yang sempit akan terlihat lebih rapi dan terorganisir. Pun barang-barang milik kamu juga akan tersimpan dengan rapi.

3 dari 6 halaman

Manfaatkan Dinding yang Kosong

Tips Menata Kamar Tidur Sempit © Diadona

Lanjut ya Diazens, dinding kosong di kamar tidur kamu bisa banget kamu manfaatkan untuk menyimpan barang-barang seperti buku, foto, atau dekorasi lainnya. Jadi, kamu bisa menggunakan rak dinding untuk menyimpan barang-barang tersebut dan memberikan kesan artistik pada kamar tidur.

Jangan Membuat Banyak Gantungan Baju

Membuat banyak gantungan baju di kamar tidur dapat membuat kamar terlihat berantakan dan sempit. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menggunakan beberapa gantungan baju yang dibutuhkan saja.

Kemudian kamu juga bisa menggunakan lemari dengan fitur gantungan baju tersembunyi untuk memberikan kesan rapi dan terorganisir pada kamar tidur. Jadi baju tetap nggantung tapi kamar tetap terlihat bersih dan rapi.

4 dari 6 halaman

Pencahayaan Cukup

Tips Menata Kamar Tidur Sempit © Diadona

Pencahayaan yang cukup di kamar tidur sangat penting untuk memberikan kesan lapang dan nyaman loh Diazens. Jadi, gunakan lampu dengan cahaya yang lembut dan tempatkan di beberapa sudut kamar untuk memberikan kesan yang lebih luas.

Lalu selain lampu kamu juga bisa memperhatikan pencahayaan dari luar. Jadi, pastikan cahay dari jendela bisa membuat kamar kamu terlihat makin lega dan nyaman.

Pakai Warna Cat Netral

Kamudian yang nggak boleh kamu lewatkan adalah cat. Warna cat netral seperti putih, abu-abu, atau beige bisa membuat kamar tidur terlihat lebih luas dan nyaman.

Warna-warna cerah seperti kuning atau merah mungkin terlihat menarik, tetapi dapat membuat kamar tidur terlihat lebih sempit dan padat. Jadi, gunakan warna netral pada dinding dan furnitur utama untuk memberikan kesan yang lebih lapang pada kamar tidur kamu Diazens.

5 dari 6 halaman

Gunakan Rak Vertikal

Jika kamu memiliki sedikit ruang untuk meletakkan perabotan di kamar tidur, gunakan rak vertikal untuk memanfaatkan ruang kosong di dinding kamar kamu. Dengan begitu kamu bisa menggunakan rak dinding atau rak kamar mandi untuk menyimpan barang-barang pribadi seperti buku, jam tangan, atau aksesoris lainnya. Selain itu, rak vertikal juga memberikan kesan modern dan unik pada kamar tidur.

Gunakan Pintu Geser

Terakhir, jika kamar tidur kamu terbatas dalam hal ruang, pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser sebagai alternatif pintu biasa. Pintu geser tidak memakan ruang banyak di kamar tidur.

Pun ini juga memberikan kesan minimalis pada kamar tidur kamu. Jadi, kamu dapat memilih pintu geser dengan desain yang cocok dengan tema kamar tidur untuk memberikan tampilan yang estetis dan serasi.

Beri Komentar