8 Warna Cat untuk Kamar Tidur yang Elegan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 22 Mei 2023 12:13
8 Warna Cat untuk Kamar Tidur yang Elegan
Di antara warna cat kamar tidur yang bikin ruangan kamu makin elegan tapi terasa menenangkan antara lain warna netral seperti abu-abu, putih, cream, warna pastel hingga warna berani seperti teal.

Memilih warna cat untuk kamar tidur yang elegan bisa jadi hal yang sulit. Selain ngasih nilai estetika, cat kamar tidur baru kamu itu juga harus sesuai dengan keseluruhan dekorasi dalam ruangan.

Dan ngomongin rekomendasi warna cat untuk kamar tidur yang elegan, Diadona udah punya tujuh daftarnya nih. Di antaranya adalah warna abu-abu klasik, cream, putih hingga warna teal dan coral yang berani.  Masing-masing nggak cuman menambah keindahan kamar kamu, tapi juga membawa mood tertentu yang bikin momen istirahatmu makin nyaman.

Apa itu Warna Cat yang Elegan?

Dikutip dari KBBI, elegan berarti elok, anggun, luwes. Melansir Creative Color Schemes, warna elegan melambangkan keanggunan, kemewahan, dan kehormatan. Skema warna-warna yang elegan berasal dari warna permata, ruby, zamrud, safir serta emas, perak, tembaga dan juga perunggu.

Warna elegan umumnya adalah warna-warna alami yang bersahaja seperti hitam, putih, abu-abu, biru laut, krem, dan juga warna pastel yang soft. Makanya warna elegan nggak cuman mewah tapi juga memunculkan sisi kelembutan.

1 dari 8 halaman

Warna cat abu-abu untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Abu-Abu Klasik untuk Kamar yang Elegan dan Menawan

Urutan pertama dalam daftar warna cat untuk kamar tidur yang elegan adalah abu-abu klasik. Warna ini menawarkan tampilan modern dan juga keanggunan dalam satu tampilan. Abu-abu bikin kamar kamu nampak terang dan cerah tapi tetap menghadirkan rasa nyaman. Cat warna ini juga membangkitkan suasana romantis lho!

Abu-abu klasik juga tak menyolok,  merupakan warna netral sehingga bisa dipadukan dengan warna dekorasi apapun.

Warna abu-abu dan hijau adalah kombinasi yang bagus untuk menghadirkan nuansa alam di dalam kamar. Tempatkan tanaman indoor dengan daun hijau berukuran besar lalu rasakan ketenangan beristirahat di dalamnya.

Warna cat abu-abu untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Gunakan aksen lis putih untuk menambah nuansa elegan ruangan. Selain itu, pilih furniture berwarna abu-abu terang atau abu-abu kehitaman.

Kalau kamu ragu mengecat seluruh dinding kamar kamu dengan warna ini, aplikasikan pada satu sisi dinding saja dulu. Gunakan bingkai jendela dan gorden putih untuk membuatnya menonjol.

2 dari 8 halaman

Warna cat krem untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Warna Krem yang Elegan dan Tak Lekang Zaman

Warna krem bukan cuman pilihan yang tepat sebagai warna cat kamar tidur elegan, tapi juga kesan klasik yang tak lekang zaman. Nuansa cream cenderung kuning tua ngasih kehangatan dan kenyamanan buat kamar tidur kamu. Sementara warna cream beige memancarkan keanggunan ruangan. 

Warna cream adalah warna serbaguna dengan spektrum yang dimulai dari cream muda hingga warna pasir. Cream bisa dipasangkan dengan dengan banyak rangkaian warna untuk menciptakan segudang tampilan, mulai dari tampilan klasik hingga modern. 

Pasangkan dengan seprai, bedcover atau karpet earth tone buat bikin kamar kamu terasa hangat.

3 dari 8 halaman

Warna cat teal untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Warna Teal yang Berani

Warna teal adalah warna hijau-biru gelap. Saat melihatnya, kamu pasti akan teringat dengan air di sungai dan perairan hutan tropis.

Menjadikan teal sebagai cat kamar tidur adalah pilihan yang berani. Tapi bila diaplikasikan dengan benar, warna cat ini ngasih kesan menyenangkan dan juga elegan. Jika dipasangkan dengan warna-warna lembut seperti abu-abu atau cream, teal gelap akan terasa menangkan tapi nggak bikin bosan.

Warna teal menarik perhatian, sehingga kamu bisa memasangkannya dengan dekorasi yang ‘strong’. Misalnya, furniture gold untuk tampilan mewah dan indah, dekorasi kayu atau rotan untuk ngasih kesan tropis atau untuk kesan minimalis, kontraskan dengan dekorasi warna putih.

4 dari 8 halaman

Warna cat taupe untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Taupe, Warna Elegan Netral 

Warna taupe adalah istilah warna untuk merujuk pada coklat keabu-abuan atau abu-abu kecoklatan. Tapi taupe sendiri sulit ditentukan sebagai coklat atau abu-abu. 

Warna taupe pas banget kalau kamu ingin warna elegan yang netral dengan nuansa hangat yang klasik. Ini adalah warna alami dan bersahaja yang membangkitkan rasa tenang, makanya ideal banget sebagai cat kamar tidur

Taupe adalah warna yang nggak lekang oleh waktu dan cocok dikombinasikan dengan hampir setiap warna. Mau dekorasi interior yang berani? Taupe adalah warna yang pas. Misalnya dikombinasikan dengan fuschia, pirus, atau hijau emerald.

Kontraskan taupe dengan seprai linen putih yang lembut atau furniture kayu bercat putih untuk mendapatkan keanggunan yang elegan dan kasual. Untuk efek nyaman, gunakan warna taupe gelap untuk cat dinding. Taupe gelap juga bikin dekorasi jadi menonjol.

5 dari 8 halaman

Warna cat terakota untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Terracota yang Energik tapi Menenangkan

Bosan dengan warna abu-abu atau putih namun tetap ingin warna yang elegan? Sekarang saatnya mencoba cat warna terakota. Memang sih teracota bukan warna yang umum sebagai cat rumah, namun nyatanya mampu menghasilkan nuansa yang sama sekali baru.

Warna terracota adalah warna tanah liat yang mudah dikenali karena rona oranyenya yang kaya, elegan namun tetap bersahaja. Terracota bisa kita temui dengan mudah mulai dari warna kerajinan tembikar, tanah liat, atau warna warna karat.

Secara dekoratif, terakota adalah warna yang netral namun hangat, pas banget dikombinasikan dengan berbagai warna. Karakternya menenangkan, makanya cocok buat kamar tidur kamu.

Warna terakota berada di rentang warna jingga dan coklat trus punya efek psikologis dari kedua warna tersebut, yakni kehangatan coklat serta energi dari jingga. 

6 dari 8 halaman

Warna cat corale untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Coral Pink yang Menenangkan

Warna coral menarik banget buat diaplikasikan sebagai cat kamar tidur. Warnanya menangkan tapi juga ngasih kesan menyenangkan.

Bila kamu cukup berani mengecat seluruh dinding kamar tidur kamu dengan warna coral, maka padukan dengan dekorasi warna putih atau abu-abu yang membantu menonjolkan ketegasan warna dinding coral.

7 dari 8 halaman

Warna cat pastel untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Warna-Warna Pastel

Kalau kamu berharap cat kamar tidur yang nggak cuman indah tapi bisa membuat stresmu hilang, pertimbangkan warna pastel. Biasanya, warna warna terang pastel ini menciptakan rasa damai dan tenang tapi juga memberikan suasana elegan.

Kamu bisa nyoba warna biru pucat yang menenangkan, atau hijau muda lembut yang ngasih efek relaksasi ke seluruh ruangan. Atau jangan ragu mengecat kamar tidur kamu dengan pink ceria buat ngasih sentuhan hangat pada kamar tidur yang menenangkan.

8 dari 8 halaman

Warna cat putih untuk kamar tidur yang elegan © Diadona

Cat Warna Putih yang Hangat dan Anggun

Yup, warna ini wajib masuk dalam daftar cat warna kamar tidur. Tapi bagaimana untuk menjadikannya sebagai warna yang ngasih kesan elegan?

Gunakan warna hitam buat ngasih aksen grafis yang menegaskan ruangan putih. Untuk tampilan dramatis, tempatkan satu perabot dengan warna hitam mencolok, seperti tempat tempat tidur, meja rias atau lainnya. Atau kalau perlu nih gunakan aksen hitam di seluruh dekorasi ruangan.

Namun bila kamu merasa warna hitam terlalu ‘bold' di antara cat dinding warna putih elegan, gunakan warna abu-abu tua yang ngasih efek dramatis serupa namun lebih lembut.

Salah satu kelebihan dari cat warna putih adalah kemampuannya buat memantulkan cahaya alami. Saat siang hari, cat dinding putih akan menampilkan nuansa minimalis, cerah dan juga lapang, namun akan mencolok di malam hari. Buat bikin suasana hangat dan nyaman di malam hari, gunakan lampu berwarna redup dan tambahkan dekorasi warna krem hangat.

Dekorasi dan cat kamar tidur tentu tergantung selera masing-masing tapi Diadona berharap deretan rekomendasi di atas bisa ngasih kamu pencerahan buat bikin kamar tidur kamu makin nyaman. Selamat berkreasi!



Beri Komentar