12 Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar dengan Tema Menarik, Mulai dari Gaya Feed Instagram hingga Lingkaran

Reporter : Aditia
Rabu, 31 Mei 2023 14:58
12 Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar dengan Tema Menarik, Mulai dari Gaya Feed Instagram hingga Lingkaran
Pasang foto dengan tips ini biar hasilnya lebih menarik!

Tips menyusun foto di dinding kamar menjadi tips yang kerap dicari homers yang hobi menghias interior dengan kolase foto pribadi. Meski terdengar mudah dilakukan, namun memajang foto di dinding kamar tak bisa dilakukan asal-asalan untuk menghasilkan tampilan dinding yang rapi dan tidak membuat ruangan kelihatan sempit.

Ada beberapa tips menyusun foto di dinding kamar yang bisa kamu lakukan agar ruanganmu nampak estetik. Misalnya dengan mempersiapkan kolase foto mana yang akan kamu pakai, memilih bingkai yang tepat, desain yang cocok, hingga cara membuatnya tetap selaras dengan warrna dinding kamu. 

Meski banyak persiapan yang perlu dilakukan, percaya deh tips menyusun foto di dinding kamar yang satu ini bisa bikin ruangan idaman kamu jadi makin hidup dengan koleksi estetik foto-foto kamu. Yuk simak di bawah ini!

1 dari 12 halaman

1. Pilih Dinding yang Cocok

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Langkah pertama tips menyusun foto di dinding kamar yang mesti kamu lakukan sebelum memasang beberapa kolase bingkai fotomu adalah menentukan bagian dinding kamar mana yang bagus untuk memajang hiasan dinding yang satu ini.

Pilihlah area di dinding yang terbuka luas, di mana terdapat paparan cahaya dan sinar matahari yang cukup.

Pastikan untuk memilih dinding yang kosong dengan lebar sekitar 1,5 hingga 2 meter, jangan lebih kecil dari itu agar dapat dijadikan tempat pajangan yang ideal.

Dengan cara ini, kamu akan memiliki kebebasan untuk menggantungkan bingkai foto dengan berbagai ukuran yang kamu inginkan.

2 dari 12 halaman

2. Pilih Desain Bingkai Foto yang Diinginkan

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Tips menyusun foto di dinding kamar selanjutnya adalah dengan memilih terlebih dahulu desain yang tepat untuk luas dinding kamu nih. Ini perlu dilakukan supaya tampilan dinding kamu jadi rapi dan selaras satu sama lain.

Kamu bebas menentukan foto yang mana hingga bentuk desain yang mana, ada banyak ide yang bisa kamu coba, namun kamu bisa menggunakan bentuk persegi panjang, segi lima, hingga bentuk berlian untuk membuat tampilan estetik. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba bentuk hati, piramida, atau bahkan mengatur bingkai foto sesuai dengan huruf inisial nama kamu. Tidak harus sama, kamu bisa menggunakan ide lain sesuai gambaran kamar yang cantik menurut kamu.

Untuk memudahkan, kamu bisa mengukur dan menandai area dinding yang kamu inginkan untuk memasang bingkai yang berukuran sama persis.

3 dari 12 halaman

3. Mulai Kolase Foto-Foto yang Kamu Sukai

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Setelah kamu memilih bagian dinding kamar dan desain sesuai keinginan, pilih foto-foto terbaikmu untuk dikolase dan dijadikan satu desain bingkai yang sejajar di dinding.

Setelah tips menyusun foto di dinding kamar ini kamu lakukan, penting untuk mengukur dengan teliti dan menggambar desainnya di atas kertas terlebih dahlu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan ide dan inspirasi yang lebih banyak.

Setelah itu, cocokkan desain tersebut dengan ukuran bingkai foto yang akan kamu gunakan dalam kolase.

 

 

4 dari 12 halaman

4. Buat Tema yang Kelihatan Senada

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Kamu juga bisa melakukan tips menyusun foto di dinding kamar berdasarkan tema yang kamu inginkan. Misalnya dengan mengatur bingkai dan foto berdasarkan warna atau tone gambar yang serupa.

Sebagai contoh, Diazens dapat membuat desain kolase foto dinding dengan tema gambar monokrom atau hitam-putih yang serasi.

Atau, jika kamu menyukai suasana yang segar juga bisa menampilkan gambar-gambar alam yang indah sebagai tema pigura dinding.

 

5 dari 12 halaman

5. Kombinasikan Beragam Desain dan Ukuran

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Cara agar tema yang kamu pilih tidak monoton, kamu bisa tips menyusun foto di dinding kamar dengan memilih ragam desain yang lebih estetik sesuai dengan tema kamar kamu. 

Tak harus serba persegi, kamu bisa menggunakan kolase bingkai foto dalam bentuk apa pun yang beragam. Pilih penggaris untuk mengukur dinding dan bagian yang ingin kamu pasangi desain yang sama dan selaras dengan ukuran bingkai yang berbeda.

Misalnya, kamu bisa membagi tiga bagian dinding kamarmu untuk dipasangi tiga ragam desain kolase foto. Lalu, ukur tiap area dan sesuaikan dengan jenis bingkai yang akan ditaruh. 

6 dari 12 halaman

6. Pakai Tali Pola Geometris

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Salah satu kendala memasang foto di dinding adalah harus mempersiapkan gantungan yang kokoh agar foto tidak mudah jatuh. Nah, tips menyusun foto di dinding kamar selanjutnya adalah dengan menggunakan tali pola geometris nih. 

Caranya simple kok, kamu bisa memasang paku di sudut sisi dinding, lalu ikatkan tali tanpa putus di semua paku yang sudah terpasang.

Selanjutnya, kamu tinggal menggantung foto-foto pilihanmu dengan pin atau klip di tali-tali tersebut. 

7 dari 12 halaman

7.  Gantung dengan Lampu Tumbrl

Mesti gak asing ya dengan gantungan foto menggunakan lampu tumbrl. Tips menyusun foto di dinding kamar biar tampilannya lebih estetik gunakanlah lambu tumbrl untuk menempel atau menggantungkan kolase foto-fotomu dengan klip.

Selain tampak lebih rapi, pancaran dari lampu tumbrl bisa menambah keindahan di dinding kamu.

8 dari 12 halaman

8. Kombinasikan dengan Hiasan Dinding Lain

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Biar gak terlalu polos banget, kamu bisa tambahkan hiasan lain yang senada dengan kolase fotomu. Tips menyusun foto di dinding kamar yang satu ini dijamin deh bikin ruangan kamu makin hidup.

Jika kamu menyukai membuat daftar rencana aktivitas harian, bisa juga menambahkan papan tulis, art print, hingga tanaman gantung penyejuk udara. 

9 dari 12 halaman

9. Pasang Melingkar Membentuk Jam besar

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Jika kamu menilai bentuk persegi dan memanjang terlihat membosankan, kamu bisa memasang pajangan foto dengan tips menyusun foto di dinding kamar dengan pola melingkar membentuk jam besar.

Selain bentuknya unik, bentuk melingkar juga akan membuat tampilan foto kamu tidak membosankan. Selain itu juga bisa memberikan lebih banyak ruang untuk kamu menaruh hiasan dinding lainnya. 

10 dari 12 halaman

10. Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Salah satu pertimbangan saat menata foto di dinding adalah menyesuaikan dengan kondisi ruanganmu. Ini penting agar saat foto tertata di dinding, penampilannya tidak memakan banyak ruang sehingga ruanganmu terlihat sempit.

Tips menyusun foto di dinding kamar untuk menysuaikan kondisi kamarmu yang satu ini adalah ukurlah dari bagian jendela, berilah jarak, tentukan berapa banyak foto dan hiasan dinding lainnya yang pas jika kamu letakkan di dinding yang diingkan.

11 dari 12 halaman

11. Jangan Pakai Bingkai yang Miring

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Tips menyusun foto di dinding kamar terakhir yang harus kamu lakukan untuk membuat kumpulan foto tampak lebih menarik adalah menjaga semua bingkai dan kolase foto tampak sejajar dan tidak miring.

Bingkai foto yang miring dan tidak seimbang membuat tampilan dinding jadi tidak estetik. Nah untuk mengakali hal seperti ini, kamu bisa gunakan tutorial menempelkan bingkai dengan sempurna menggunakan double tape atau jika diperlukan, kamu bisa memasang foto dengan bingkai yang didesain dengan lubang paku dua sisi agar lebih seimbang saat digantung.

12 dari 12 halaman

12. Gunakan Konsep Seperti Feed Instagram

Tips Menyusun Foto di Dinding Kamar © Diadona

Salah satu ide atau inspirasi yang bisa kamu pakai sebagai tips menyusun foto di dinding kamar adalah dengan tema feed Instagram. Pilihlah foto dan bingkai dengan bentuk landscape.

Susun foto-foto dengan tata letak yang simetris seperti feed Instagram, dengan baris dan kolom yang simetris dan rapi. Susunlah sesuai bentuk feed Instagram yang kamu mau.

Susun seluruh foto kenangan kamu yang terdiri dari foto keluarga, teman, alam, tempat, hingga hasil jepretan kamu yang lainnya.

Hal ini akan membuat tampilan dinding kamu jadi lebih unik dan trendi banget dengan gaya antimainstream. 

 

 

 

 

Beri Komentar