Mengatasi Kamar Tidur yang Pengap Tanpa Jendela, Ruang Jadi Lebih Segar dan Cerah

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 15 Oktober 2020 12:45
Mengatasi Kamar Tidur yang Pengap Tanpa Jendela, Ruang Jadi Lebih Segar dan Cerah
Enggak bingung lagi deh dengan kamar yang pengap!

Keberadaan jendela memang sangatlah krusial yang berguna untuk sirkulasi dan pergantian udara. Tak hanya itu saja, dengan adanya jendela maka akan memungkinkan diperoleh sumber cahaya yang melimpah.

Namun, tidak semua rumah memiliki kamar dengan jendela. Akibatnya, kamar akan terasa lebih pengap dan minim pencahayaan. Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut ini Diadona ulas beberapa cara untuk mengatasi kamar pengap biar lebih segar dan cerah.

 

1 dari 9 halaman

1. Menggunakan Exhausted Fan

Mengatasi kamar pengap tanpa jendela salah satunya adalah dengan memanfaatkan exhausted fan. Berbeda dengan kipas angin konvensional, exhausted fan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Kipas angin memungkinkan untuk menyedot udara kotor yang terdapat di dalam kamar tidur dan membuangnya keluar. Kamar pun akan terasa lebih segar, deh.

 

2 dari 9 halaman

2. Membuat Lubang Ventilasi

 

Cara selanjutnya untuk mengatasu kamar pengap tanpa jendela adalah dengan membuat lubang berukuran kecil. Lubang kecil ini merupakan salah satu jenis ventilasi udara yang dapat kamu hadirkan di kamar dengan instalasi yang tidak terlalu sulit.

 

3 dari 9 halaman

3. Sering- Sering Membuka Pintu

Ilustrasi pegangan pintu © Diadona

Ruangan yang pengap tanpa jendela juga dapat diatasi dengan membiasakan selalu membuka pintu kamar. Hal ini bertujuan agar udara segar dari luar dapat memasuki kamar. Moms bisa melakukan hal ini saat kamu sedang tidak beristirahat atau sedang tidak melakukan kegiatan pribadi lainnya.

 

4 dari 9 halaman

4. Pasang Atap Kaca

 

Banyaknya kandungan uap air dalam kamar mengakibatkan udara menjadi pengap hingga muncul aroma yang tidak sedap dan menyengat. Untuk mengatasi hal ini, pasanglah skylight minimalis, yakni atap atau plafon dari kaca, sehingga sinar matahari dapat memasuki ruangan melalui atap kaca tersebut. Hal ini mampu menurunkan tingkat kelembapan udara di dalam ruangan.

 

5 dari 9 halaman

5. Menggunakan Cat Warna Terang

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Penggunaan dekorasi dan cat berwarna terang juga dapat membantu menciptakan perasaan lapang dan bebas pengap di ruangan. Pilihlah warna cat dinding yang terang sekaligus menenangkan seperti putih, krem atau biru Hindari menggunakan warna-warna yang gelap seperti hitam atau abu-abu.

 

6 dari 9 halaman

6. Menaruh Tanaman Hias

Ruang Tamu dengan Tanaman Indoor © Diadona

Tanaman hias pembersih udara akan menghirup karbondioksida dan memproduksi oksigen yang baik. Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan di kamar adalah sansivera. Jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman beberapa saat dari kamar setiap pagi dan menyiramnya pada sore hari.

 

7 dari 9 halaman

7. Beri Pencahayaan yang Baik

Ilustrasi Kamar Tidur © Diadona

Kamar yang tidak mendapatkan cahaya matahari langsung umumnya hanya mengandalkan lampu kamar sebagai penerangan.

Untuk memaksimalkan fungsi penerangan kamar, Moms  bisa menerapkan trik penggunaan cahaya buatan Tambahkan lampu dinding atau lampu meja untuk memberikan kesan cahaya alami di dalam ruangan.

 

8 dari 9 halaman

8. Pasang Cermin

Ide Dekorasi Ruangan dengan Cermin © Diadona

Cara selanjutnya yang bisa Moms lakukan adalah dengan menambahnya dengan cermin. Cermin akan memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan menjadi lebih terang dan tidak terkesan pengap.

 

9 dari 9 halaman

9. Gunakan Perabot Berukuran Sedang Atau Kecil

Perabotan yang banyak tentu membuat ruangan kamar terasa sempit. Untuk menyiasatinya, pilihlah perabotan berukuran kecil atau sedang. Gunakan barang secukupnya agar kamar terasa lapang dan luas.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah kamar yang terasa pengap karena tidka ada jendela. Semoga membantu ya Moms.

 

Beri Komentar