12 Tips Makan Sehat Setiap Hari, Jaga Tubuh Tetap Bugar

Reporter : Arifina
Selasa, 29 Agustus 2023 18:37
12 Tips Makan Sehat Setiap Hari, Jaga Tubuh Tetap Bugar
Membiasakan makan sehat setiap hari itu gak sulit kok!

Makanan yang kita konsumsi setiap hari memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat dan bergizi seimbang akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas menjalankan berbagai fungsinya.

Makan-makanan sehat adalah mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan gizi harian. Jenis makanan yang dimakan pun bervariasi, hal itu tergantung dari usia, jenis kelamin, gaya hidup, kegiatan, dan tempat tinggal.

1 dari 13 halaman

ilustrasi makanan sehat © Diadona

Memilih untuk makan-makanan sehat dan mengatur pola makan dapat memberikan dukungan optimal bagi tubuh agar berfungsi dengan baik.

Namun, membiasakan untuk menerapkan makan-makanan sehat setiap hari memang susah-susah gampang. Perlu konsistensi dan disiplin dari diri sendiri untuk memulainya.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips makan sehat setiap hari. Simak yang berikut yuk!

2 dari 13 halaman

1. Konsumsi Makanan Beragam

Variasi dalam makanan dinilai bagus untuk membantu memastikan tubuh mendapatkan berbagai nutrisi yang diperlukan. Sebab tidak ada satu jenis makanan yang mengandung zat gizi sekaligus.

Karenanya, guna menyokong kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan baik, maka diperlukan mengonsumsi makanan beragam. Pastikan, makanan-makanan itu mengandung makronutrien dan mikronutrien.

3 dari 13 halaman

2. Pilih Makanan Tinggi Serat dan Protein

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk menerapkan makan sehat setiap hari adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein atau disebut juga makronutrien.

Jenis makanan yang mengandung makronutrien ini meliputi karbohidrat, lemak, serta serat dan protein. Makanan tersebut akan membuat kenyang lebih lama, menjaga usus, mencegah diabetes dan menurunkan risiko sejumlah penyakit.

4 dari 13 halaman

3. Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Buah dan sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan. Pastikan kamu mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Paling baik mengonsumsi sayur dan buat dalam keadaan masih segar tanpa dihalurkan. Buah-buahan dan sayuran kaya antioksidan yang dapat mecegah risiko berbagai penyakit.

5 dari 13 halaman

4. Selalu Sarapan

Menerapkan makan sehat setiap hari jangan pernah melewatkan sarapan. Ini salah satu kebiasaan yang justru harus dilakukan agar memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas dengan baik.

Makanan yang bisa dikonsumi saat sarapan seperti telur, susu, dan kacang-kacangan. Rutin sarapan dengan makanan sehat dapat mengurangi tingkat risiko penyakit diabetes tipe 2 lho!

6 dari 13 halaman

5. Jangan Makan Berlebihan

Perhatikan porsi makan kamu, walaupun yang kamu konsumsi adalah makanan sehat. Terlalu banyak makan dapat menyebabkan kelebihan kalori dan berpotensi menyebabkan peningkatan berat badan.

Gunakan piring lebih kecil dan perhatikan sinyal kenyang dari tubuh kamu. Sesuaikan porsi makan dengan aktivitas dan kebutuhan kalori harianmu ya!

7 dari 13 halaman

6. Pastikan Merenpkan Pola Makan Teratur dan Tepat Waktu

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Untuk menjalani pola makan sehat setiap hari, perlu konsistensi yang kuat dan disiplin. Salah satunya, membiasakan makan dengan pola yang teratur dan tepat waktu.

Dianjurkan untuk makan 30 menit setelah bangu tidur. Lalu, 4 sampai 5 jam kemudian makan siang. Sementara, usahakan makan malam 2 jam sebelum tidur.

8 dari 13 halaman

7. Konsumsi Kebutuhan Air dengan Cukup

Tak hanya mengacu pada jenis makanan, kebutuhan cairan dalam tubuh pun harus tercukupi guna menerapkan pola hidup sehat. Disarankan minimal mengonsumsi air putih 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

Hal ini bukan sekedar untuk mencegah dehidrasi semata, melainkan membantu tubuh melarutkan zat-zat tertentu, mengatur suhu tubuh, sebagai pembuang racun dan sisa-sisa metabolisme.

9 dari 13 halaman

8. Batasi Makanan Kemasan

Makanan kemasan adalah godaan terbesar bagi orang yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Sebaiknya, mulai sekarang dibatasi ya.

Sebab, makanan ini biasanya mengandung tinggi gula dan natrium serta bahan pengawet dan pewarna yang tidak baik bagi tubuh. Gantilah makanan kemasan dengan lauk-pauk berprotein, sayur dan buah.

10 dari 13 halaman

9. Bijaklah saat Makan di Restoran

Tips Menu Makanan Sehat Sehari-hari © Diadona

Saat harus menghadiri acara atau hangout dengan teman-teman kamu harus bijak-bijak memilih makanan di restoran. Bila memungkinkan, pilih menu-menu yang direbuts, tumis, atau dipanggang.

Hindari menu-menu yang digoreng dengan metode deep fry, dimasak dengan panas tinggi atau dengan minyak dan lemak tambahan.

11 dari 13 halaman

10. Buat Jurnal Makan dan Menu Mingguan

Untuk penerapan pola hidup sehat yang teratur, kamu bisa membuat rencana makanan yang akan kamu makan setiap minggunya. Misalnya, membuat jurnal makan dan menentukan menu-menu yang akan dimakan.

Dengan begitu kamu akan lebih mengetahui asupan makanan yang masuk di dalam tubuh. Sesuaikan dengan kebutuhan kalori mu agar tak berlebihan ya!

12 dari 13 halaman

11. Pilih Camilan Tinggi Protein

Pastikan kamu tidak sembarangan dalam memakan camilan ya. Pilihlah yang mengandung tinggi protein.

Biasanya, camilan sehat itu adalah yang direbus, bisa juga mengonsumsi greek yogurt, kacang-kacangan dans ejenisnya.

13 dari 13 halaman

12. Hindari Minum Kopi Terlalu Banyak

Penikmat Kopi, Ini Dia Cara Untuk Membuat Kopimu Lebih Sehat © Diadona

Kopi bagi sebagian ornag menjadi kebiasaan yang harus diminum setiap hari. Namun, kebiasaan itu sebaiknya dihindari karena kopu memiliki dampak dehidrasi.

Setidaknya cukup meminum kopi 1-2 gelas cangkir saja setiap hari. Itupun pastikan kamu meminum kopi hitam dengan sedikit gula atau tanpa gula sama sekali ya.

Itulah tips makan sehat setiap hari yang bisa kamu coba di rumah. Membiasakan makan-makanan sehat akan menjadikan tubuh lebih bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar