10 Tips Diet Tetap Makan Nasi, Buat Tubuh Sehat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Reporter : Arifina
Kamis, 24 Agustus 2023 18:17
10 Tips Diet Tetap Makan Nasi, Buat Tubuh Sehat Tanpa Khawatir Berat Badan Naik
Makan nasi tetap bisa bikin program dietmu berhasil kok! Simak tipsnya yuk!

Diet sehat dan efektif adalah dengan memenuhi asupan makanan dalam tubuh yang mencakup gizi seimbang dan nutrisi. Namun banyak orang yang memilih diet tanpa konsumsi nasi. sebab ada anggapan bahwa nasi harus dihindari saat diet karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

Alasannya, mengonsumsi nasi saat diet dinilai akan meningkatkan berat badan. Padahal, kamu tetap bisa mengonsumsi nasi selama diet, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat.

Pola makan yang tepat saat diet dengan mengonsumsi nasi justru bisa membuat berat badan turun lho! Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips diet tetap makan nasi dari berbagai sumber.

 

1 dari 10 halaman

Kurangi Porsi Nasi

Tips Diet Tetap Makan Nasi © Diadona

Tips diet tetap makan nasi yang paling penting adalah mengurangi porsi nasi. Porsi nasi yang ideal untuk orang dewasa yang sedang diet adalah sekitar 1/4 piring.

Jika kamu merasa lapar, bisa dengan menambahkan lauk dan sayur yang lebih banyak. Cara lainnya, kamu bisa mengakali untuk mengonsumsi nasi hanya di jam makan siang saat proses diet ya!

2 dari 10 halaman

Pilih Jenis Nasi yang Tepat

Pilihan jenis nasi dapat memengaruhi dampaknya terhadap berat badan dan kesehatan. Saat menjalani program diet, kamu bisa memilih nasi merah, nasi coklat, atau nasi yang lebih rendah indeks glikemiknya daripada nasi putih.

Jenis nasi-nasi tersebut mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga membantumu merasa kenyang lebih lama.

3 dari 10 halaman

Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Tips Diet Tetap Makan Nasi © Diadona

Sayur dan buah mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, sehingga dapat membantumu merasa kenyang lebih lama dan mencegah kamu untuk makan berlebih. Nasi putih memang dapat membuat kita lapar lebih cepat, karena itu selalu tambahkan sayuran saat makan ya,

Pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah setiap hari. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah akan mempermudah proses pencernaan dalam tubuh, dan metabolisme menjadi lebih lancar.

Biar nggak bosan konsumsi sayuran saat sedang diet, masak sayuran dengan cara sehat tapi tetap enak.

4 dari 10 halaman

Hindari Makanan Tinggi Kalori dan Lemak

Gorengan, makanan dan minuman manis, makanan olahan, kerupuk, dan makanan tinggi kalori lainnya akan sangat memengaruhi hasil diet kamu. Sebaiknya, saat menjalani program diet hindari makanan-makanan tersebut saat mengonsumsinya bersama nasi.

Selain menggagalkan proses dietmu, makanan ini juga tidak memberikan nutrisi yang cukup dalam tubuh. Sebaiknya pilih lauk rendah kalori, seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur rebus atau tahu tempe dan sayuran.

5 dari 10 halaman

Batasi Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam dapat meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. Karena itu, kamu perlu memberi batasan untuk asupan pada makanan dietmu.

Jangan sampai, progress dietmu gagal karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam atau gula yang tinggi ya!

6 dari 10 halaman

Minum Air Putih yang Cukup

Diet yang sehat adalah dengan mengimbangi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain mengonsumsi nasi, maka pastikan asupan cairan di tubuhmu tercukupi.

Minum air putih yang cukup dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Air putih juga penting untuk menjaga kesehatan.

7 dari 10 halaman

Pastikan Teknik Memasak Nasi Benar

 Tips Menanak Nasi Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Mengonsumsi nasi saat diet, maka kamu perlu memperhatikan proses memasaknya agar hasilnya baik. memasak nasi juga berpengaruh pada nilai nutrisinya. Cobalah untuk menghindari mengolah nasi dengan banyak mentega atau minyak.

Lebih baik memilih cara memasak yang lebih sehat seperti di rice cooker atau memasak nasi dengan panci. Sementara, hindari makan nasi goreng dulu ya!

 

8 dari 10 halaman

Perhatikan Waktu Makan

Penting untuk menjaga interval waktu antara makan nasi dan waktu tidur malam. Menghindari makan nasi terlalu larut malam dapat membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efektif.

Ada baiknya, hindari makan ansi saat malam hari. Tapi, kamu bisa menggantinya dengan makan salad atau sup tanpa nasi putih agar lebih kenyang.

9 dari 10 halaman

Olahraga Teratur

Menjalani diet dengan makan nasi, tentu saja kamu harus menyeimbangkannya dengan olahrga. Melakukan olahraga dapat membantu kamu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Pastikan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari ya. Dengan begitu berat badanmu juga akan stabil bahkan selalu menurun dengan konsisten. Makan nasi saat diet menjadi hal yang tidak mengkhawatirkan deh.

10 dari 10 halaman

Tetap Konsisten dan Sabar

Untuk mendapati hasil diet yang optimal tidak bisa dengan cara instan. Memerlukan waktu dan konsistensi.

Maka tetaplah bersabar dan berkomitmen dalam program diet yang kamu jalani. Perhatikan pola makan seimbang kamu agar menjadi gaya hidup sehat berkelanjutan ya!

Itulah sederet tips diet tetap makan nasi. Selamat mencoba dan semoga program diet kamu berhasil ya!

Beri Komentar