10 Buah Sehat yang Ampuh Atasi Bau Mulut, Dijamin Nafas Segar Seharian

Reporter : Arifina
Selasa, 8 Agustus 2023 20:17
10 Buah Sehat yang Ampuh Atasi Bau Mulut, Dijamin Nafas Segar Seharian
Bukan hanya sekedar menjaga kebersihan mulut saja lho, mengonsumsi buah juga ampuh banget buat usir bau mulut.

Bau mulut atau halitosis adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Apalagi saat harus berjumpa dan bercakap-cakap dengan banyak orang bau mulut akan menjadikan minder dan kurang percaya diri.

Penyebab utama bau mulut biasanya berasal dari berbagai faktor, seperti sisa makanan yang tersangkut pada gigi dan gusi. Kemudian, bakteri yang tertimbun di mulut, dehidrasi, merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan tertentu yang memicu bau.

1 dari 11 halaman

Buah Sehat Atasi Bau Mulut © Diadona

Meski bau mulut tak berbahaya, namun akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menjaga kebersihan mulut secara teratur, mengonsumsi buah-buahan segar juga dapat menjadi solusi alami yang efektif untuk membantu usir bau mulut.

Berikut ini diadona.id sangkumkan dari berbagai sumber, buah-buahan yang ampuh atasi bau mulut. Dijamin nafasmu segar seharian nih! Apa saja?

2 dari 11 halaman

Apel

Buah apel bermanfaat untuk mengatasi bau mulut. Setiap mengunyah buah apel, maka produksi air liur akan meningkat.

Hal inilah yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Buah apel juga memiliki sifat antiradang dari kandungan polifenol yang bisa mencegah risiko radang di gusi penyebab bau mulut.

3 dari 11 halaman

Melon

Rasa segar dan manis pada melon juga ampuh untuk mengatasi bau mulut lho! Kandungan 92 persen air dan kaya vitamin C menjadikannya sebagai salah satu buah terbaik untuk usir bau mulut.

Nutrisi buah melon dapat memberikan bau nafas yang lenih segar karena merangsang aliran air liur untuk menghilangkan karang gigi yang menempel. Tak hanya nafas segar, mengonsumsi buah melon juga meningkatkan penampilan karena gigi lebih bersih ya!

4 dari 11 halaman

Jeruk

Ilustrasi Kunyit dan Jeruk © Diadona

Buah berwarna orange bulat, jeruk juga membantu membuat nafas lebih segar lho! Kandungan vitamin C pada buah jeruk memiliki aroma cukup kuat yang mempu menutupi bau tak sedap pada mulut.

Selain itu, vitamin C pada jeruk juga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri jahat penyebab bau mulut.

5 dari 11 halaman

Pir

Segarnya buah pir yang tinggi air ini dapat membantu mengurangi jumlah makanan sisa yang menempel pada gigi penyebab bau mulut. Mengonsumsi buah pir akan menjadikan nafas segar seharian deh!

Selain itu, kandungan katekin pada pir dipercaya dapat menghambat pembentukan plak di permukaan gigi lho!

6 dari 11 halaman

Timun

Mengandung banyak air, mentimun adalah salah satu buah yang disarankan untuk dimakan untuk menghilangkan bau mulut.

Kandungan mineral yang tinggi pada timun bekerja sangat baik untuk menyapu sisa makanan dalam mulut seusai makan. Makan secara teratur, maka mulut kamu akan bebas bakteri jahat bersarang dan kesehatan mulut dan gigi terjaga.

7 dari 11 halaman

Strawberry

Buah Sehat Atasi Bau Mulut © Diadona

Buah merah menyegarkan satu ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut dan membuat nafas lebih segar. Strawberry dengan kandungan vitamin C nya membuat kuman akan sulit hidup di dalam mulut.

Strawberry memiliki kandungan antiosianin, salah satu jenis antioksidan yang dapat menghilangkan plak serta bakteri dalam mulut. Mengonsumsi buah strawberry juga dapat mencerahkan warna gigi secara alami lho!

8 dari 11 halaman

Semangka

Kandungan air pada semnagka rupanya tak hanya memberi rasa segar di mulut, tapi juga ampuh mengusir bau tak sedap di mulut. Air pada semangka akan membantu membasahi bagian-bagian mulut.

Hal itu mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Kandungan antioksidan pada semangka juga dapat membantu mecegah kerusakan di bagian mulut.

9 dari 11 halaman

Lemon

Tak hanya menyehatkan, lemon rupanya sebagai salah satu buah yang ampuh mengusir bau mlut. Kandungan asam sitrat akan merangsang dahak dan menjadikan efek positif pada pernapasan.

Mengonsumsi lemon dapat menghilangkan permasalahn bau mulut yang membuat tidak percaya diri.

10 dari 11 halaman

Cherry

Ilustrasi Buah Ceri © Diadona

Si mungil berwarna merah bulat, yakni cherry menjadi salah satu buah yang juga dinilai ampuh mengatasi bau mulut.

Memakan buah cherry terbukti sebagai penangkal efektif untuk melawan aroma tak sedap dari dalam mulut.

11 dari 11 halaman

Anggur

Buah anggur memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu melawan penyakit gusu dan radang gusi penyebab bau bafas tak segar. Karena itu, jika kamu mengalami perosalan bau mulut konsumin buah anggur saja dengan rutin ya.

Jika supan vitamin C tercukupi, maka nafas akan lebih segar dan terhindar dari bau mulut deh.

Itulah sederet buah sehat yang ampuh usir bau mulut. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar