Tips Memilih Menu Makanan Sehat Sehari-hari, Bergizi dan Kaya Nutrisi

Reporter : Arifina
Jumat, 28 Juli 2023 18:17
Tips Memilih Menu Makanan Sehat Sehari-hari, Bergizi dan Kaya Nutrisi
Ini nih tips agar kamu mudah memilih menu makanan sehat setiap hari.

Membiasakan untuk selalu makan makanan yang sehat tidaklah mudah. Apalagi banyak jenis-jenis makanan cepat saji yang menggugah selera dan menjadikan kita susah berpaling.

Padahal mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan agar memenuhi nutrisi dalam tubuh. Dilansir dari halodoc.com, menu makanan sehat ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan dari 5 kelompok utama, yakni buah, sayur, protein, karbohidrat, dan susu dalam jumlah yang direkomendasikan.

1 dari 9 halaman

Tips Menu Makanan Sehat Sehari-hari © Diadona

Dengan mengonsumsi makanan dari 5 kelompok tersebut maka tubuh akan terpenuhi nutrisinya. Makanan sehat juga dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi risiko penyakit.

Tak hanya itu, memilih menu makanan sehat setiap harinya akan menjaga diet yang sedang dilakukan lho! Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan tips menu makanan sehat sehari-hari untuk dijadikan referensi. Apa saja ya?

2 dari 9 halaman

Pilih Makanan dari 5 Kelompok Utama

Dilansir dari The Australian Guide to Healthy Eating, makanan sehat yang menjadi menu sehari-hari dikelompokan menjadi 5 kelompok utama:

  • Sayuran dan kacang-kacangan
  • Buah
  • Daging sapi maupun daging unggas tanpa lemak, ikan, telur, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian, polong-polongan atau buncis
  • Karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi
  • Susu, yogurt, keju rendah lemak.

3 dari 9 halaman

Semua makanan ini dikelompokkan jenisnya karena menyediakan nutrisi penting dalam jumlah yang sama. Misal, nutrisi utama dari susu, yoghurt, dan keju termasuk makanan kaya kalsium dan protein.

Sementara, buah menjadi sumber vitamin yang baik, terutama vitamin C. Nah, karenanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang.

4 dari 9 halaman

Dalam artian, kamu bisa makan berbagai makanan dari kelompok makanan setiap hari dalam jumlah yang disarankan. Hal itu disesuaikan dengan jenis dan jumlah nutrisi utama yang berbeda, sehingga penting untuk memilih berbagai makanan dari dalam setiap kelompok tersebut.

Memilih makanan yang bervariasi juga akan membuat kamu tidak cepat bosan dengan menu yang ada.

5 dari 9 halaman

Perhatikan Jenis Makanan yang Cukup Dikonsumsi Sesekali

Tips Menu Makanan Sehat Sehari-hari © Diadona

Selain makanan yang masuk dalam 5 kelompok utama, kamu masih bisa mengonsumsi makanan lain. Tapi, perlu diingat, hal itu hanya perlu dilakukan sesekali saja.

Jenis makanan yang tidak masuk 5 kelompok utama ini bisa jadi tidak dibutuhkan oleh tubuh, dan kurang mendukung proses diet sehatmu. Seperti, makanan yang cenderung memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

6 dari 9 halaman

Ada lagi makanan dengan kandungan gula, garam atau alkohol yang tingkat nutrisinya rendah. Bahkan, makanan atau minuman ini berkalori tinggi.

Di antara makanan yang sebaiknya dikonsumsi sesekali saja sebagai berikut:

  • Biskuit manis, kue, makanan penutup, dan kue kering
  • Daging olahan yang berlemak, sosis asin, kue kering dan pai dengan kandungan lemak atau garam yang tinggi
  • Makanan jenis junk food seperti keripik, hamburger, dan pizza
  • Susu kental manis
  • Minuman beralkohol
  • Es krim dan es manis lainnya

7 dari 9 halaman

  • Permen dan coklat
  • Gorengan
  • Keripik kentang, dan aneka keripik lain yang berlemak dan/atau memiliki rasa asin lainnya, termasuk beberapa biskuit gurih
  • Mentega yang tinggi lemak jenuh
  • Minuman ringan dan minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, dan minuman berenergi

Makanan dan minuman tersebut sangat dianjurkan untuk diminamilisir dikonsumsi karena sangat berisiko memicu penyakit. Jika berlebihan, bukan tidak mungkin kamu justru akan mengalai obesitas dan berbagai penyakit kronis.

8 dari 9 halaman

Menu Makanan Sehat Apa Saja?

Nah, biar kamu bisa lebih selektif dalam menentukan makanan sehari-hari yang lebih sehat. Berikut panduan yang bisa dijalankan:

  • Makanlah makanan yang mengandung buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Misal, jagung yang belum diproses, oat, gandung dan beras merah.
  • Mengonsumsi setidaknya 400 gram atau 5 porsi buah dan sayur dalam sehari. Namun, ini tidak termasuk kentang, ubi jalar atau singkong.
  • Konsumi jenis makanan atau minuman mengandung gula kurang dari 10 persen dari total asupan energi.
  • Mengonsumi makanan berlemak kurang dari 30 persen total asupan energi.

9 dari 9 halaman

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Kemudian, kurangi makanan yang mengandung garam. Kamu boleh setidaknya mengonsumi kurang dari 5 gram garam setiap harinya atau setara sekitar satu sendok teh saja.

Hal yang tak boleh dilupakan adalah asupan air yang cukup dalam tubuh. Pastikan setiap harinya kamu menjaga kebutuhan air agar tubuhmu sehat dan terpenuhi cairannya ya!

Itulah tips dalam memilih menu makanan sehat sehari-hari yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar