11 Tips Makan Teratur, Bikin Tubuh Selalu Sehat dan Ideal Tanpa Ribet!

Reporter : Arifina
Kamis, 20 Juli 2023 17:07
11 Tips Makan Teratur, Bikin Tubuh Selalu Sehat dan Ideal Tanpa Ribet!
Coba diterapin dulu guys, biar tubuhmu makin sehat dan ideal ya!

Makan teratur menjadi salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, acapkali hal ini tidak dilakukan secara tepat.

Gaya hidup modern membuat sebagian besar orang kurang perhatian untuk menerapkan jadwal makan, bahkan cenderung abai. Padahal, penting memahami cara makan teratur untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan tubuh lho!

1 dari 12 halaman

Tips Makan Teratur © Diadona

Selain itu menerapkan pola makan teratur juga bisa membentuk tubuh lebih ideal. Tentu saja, untuk mendapati hal ini tidak bisa hanya dengan cuma-cuma dan bermalas-malasan ya!

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips makan teratur yang bisa kalian coba di sela aktivitas sehari-hari.

2 dari 12 halaman

Pastikan Tidak Meninggalkan Sarapan

Kunci utama untuk menjaga pola makan teratur adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Hal ini penting, karena dengan sarapan tubuhmu akan terpenuhi energinya untuk beraktivitas.

Namun, pastikan untuk mengonsumsi sarapan dengan makanan sehat ya! Misalnya, mengonsumsi oatmeal, sereal, buah, sayuran, dan sumber protein lainnya.

3 dari 12 halaman

Atur Jadwal Makan

Sarapan tidak boleh terlewatkan, selanjutnya kamu wajib mengatur jadwal makan. Baik itu makan siang dan makan malam.

Hindari membuat jadwal makan malam yang larut ya. Cobalah rutin untuk makan di jam-jam yang sudah kamu tentukan ya!

4 dari 12 halaman

Pilih Makanan Sehat

Tips Mengurangi Nafsu Makan © Diadona

Pastikan menu makanan yang kamu makan mengandung beragam nutrisi penting. Di antaranya, makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Kemudian, konsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein berkualitas ya!

5 dari 12 halaman

Tetapkan Porsi yang Sesuai

Saat akan memulai makan, alangkah lebih baik kamu juga menetapkan porsi yang sesuai dengan kondisi tubuh. Makan dalam prosi terlalu besar dapat menyebabkan perasaan kenyang berlebihan dan gangguan pencernaan lho!

Karena itu, batasi jumlah porsi agar makan semakin nikmat. Tubuhmu pun akan dengan mudah memproses makanan yang masuk.

6 dari 12 halaman

Pastikan Mengonsumsi Serat

Serat amat dibutuhkan oleh tubuh, karenanya dalam mengatur pola makan menu ini harus selalu ada. Konsumsi serat seuai dengan kebutuhan tubuh daoat membantu menurunkan beberapa risiko penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, hingga stroke.

Kamu bisa memilih serat jenis roti gandum, beras merah dan aneka buah, termasuk sayuran yang mudah didapatkan dimana saja.

7 dari 12 halaman

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Pastikan kamu mencukupi kebutuhan tubuh dengan minum air putih. Ini untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi,

Asupan air yang cukup membantu menjaga fungsi organ tubuh dengan baik. Mengonsumsi air putih juga dapat meningkatkan daya konsentrasi dan memberi energi bagi tubuh lho!

8 dari 12 halaman

Konsumsi Sayur dan Buah

Pastikan selalu memasukkan menu sayur dan buah ke jadwal makanmu ya! Melalui makanan ini, kamu akan mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup bagi tubuh.

Selain itu, sayur dan buah-buahan adalah bahan makanan alami untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit lho!

9 dari 12 halaman

Pilih Camilan Berprotein

Jika kamu suka ngemil, maka mulai sekarang ubahlah camilan menjadi makanan sehat. Kamu bisa memilih makanan ringan yang tinggi protein.

Dengan begitu, asupan nutrisi untuk tubuh terjaga dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pilih jenis camilan kacang-kacangan, buah segar atau yogurt.

10 dari 12 halaman

Buat Rencana Menu Mingguan

Tips Makan Teratur © Diadona

Selain membuat jadwal makan untuk sehari-hari, kamu perlu juga menentukan rencana menu makan di tiap minggunya lho! Hal ini untuk menghindari mengonsumsi makanan kurang sehat.

Misalnya, rencanakan untuk menyetok bahan makanan siap masak di kulkas yang menyehatkan. Alih-alih membeli, lebih baik masak sendiri di rumah ya!

11 dari 12 halaman

Tetap Nikmati Makanan Favorit

Meski tengah mengatur pola makan, bukan berarti kamu tidak bisa memakan makanan favorit ya! hal itu bisa saja dikonsumsi, asal tak berlebihan.

Kamu bisa membuat jadwal untuk makan makanan favorit misalnya di setiap akhir pekan saja tapi harus dalam porsi yang terkontrol. Setidaknya tetap mengobati rasa ingin makan bebas nih!

12 dari 12 halaman

Buat Jurnal Makan

Cara ini bisa menjadi langkah yang baik untuk mengatur pola makan kamu sehari-hari. Cobalah mencatat menu-menu makanan yang sudah dimakan, dan tuliskan juga asupan kalori yang masuk.

Dengan langkah ini kamu dapat meningkatkan peluang menjaga kondisi tubuh tetap ideal tanpa takit mengalami kenaikan berat badan lho!

Itulah tadi sederet tips makan teratur, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar