11 Jenis Sarapan untuk Diet, Anti Ribet dan Bantu Turun Berat Badan

Reporter : Arifina
Selasa, 1 Agustus 2023 20:17
11 Jenis Sarapan untuk Diet, Anti Ribet dan Bantu Turun Berat Badan
Meskipun sedang diet, namun pastikan jenis sarapan kamu mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh ya! Misalnya pisang, yogurt dan lainnya.

Sarapan menjadi kunci terpenting bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Sarapan juga menjadi salah satu waktu makan yang paling penting dalam sehari-hari.

Namun, bagi orang yang sedang diet perlu pola makan diet dengan memilah makanan sehat untuk membantu proses penurunan berat badan. Salah satunya, dengan selalu mengonsumsi makanan sehat dan tepat untuk membantu memulai hari dengan energi yang baik, menjaga keseimbangan gula darah, dan mengontrol nafsu makan sepanjang hari.

Sarapan dengan menu makanan yang tepat juga dapat mengatur asupan untuk sisa harian lho! Dilansir dari Healthline dan berbagai sumber lainnya, berikut ini makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan bagi yang sedang diet. Apa saja?

1 dari 11 halaman

1. Telur

Ilustrasi Telur Rebus © Diadona

Telur adalah sumber protein yang dapat membantu membangun otot dan mengurangi nafsu makan. Sarapan tinggi protein dengan telur juga membantu meningkatkan perasaan kenyang sepanjang pagi.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus, dibuat sebagai omelet dengan sayur, digoreng, atau orak-arik tanpa minyak berlebih ya!

2 dari 11 halaman

2. Yoghurt

Rasa krim yang lezat satu ini cocok banget digunakan untuk sarapan diet kamu. Namun tak semua jenis yoghurt cocok untuk diet ya! Pilih jenis Greek Yoghurt agar proses dietmu berjalan dengan tepat.

Kamu dapat mengonsuminya dengan mencampurkan yoghurt dengan buah-buahan, biji chia, atau gandum.

3 dari 11 halaman

3. Pisang

Buah pisang menjadi salah satu makanan yang cocok untuk sarapan bagi yang lagi diet nih! Buah satu ini tinggi serat tapi rendah kalori.

Memakan pisang di pagi hari akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Konsumi secara langsung atau dijadikan tambahan buah untuk yoghurt juga bisa nih!

4 dari 11 halaman

4. Kiwi

Kaya akan vitamin C, buah kiwi juga dinilai sebagai salah satu yang dapat menurunkan berat badan. Kandungan serat pada Kiwi terbukti meningkatkan rasa kenyang.

Mengonsumsi buah kiwi dapat mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan proses penurunan berat badan lho! Bisa kamu makan langsung atau dijadikan tambahan yoghurt, smoothie hingga sereal ya!

5 dari 11 halaman

5. Smoothie

Ilustrasi Smoothie Berry © Diadona

Selain didominasi rasa yang lezat. smoothie juga menjadi cara cepat untuk mendapatkan dosisi nutrisi bagi tubuh. Namun, untuk sarapan sebaiknya buatlah smoothie dari sayuran dan buah rendah kalori.

Kamu bisa mencampur keduanya dengan susu rendah lemak atau yoghurt.

6 dari 11 halaman

6. Kopi

Meminum secangkir kopi di pagi hari sebagai sarapan dinilai ampuh dalam penurunan berat badan lho! Hal ini karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi.

Meski begitu, kamu perlu mengimbangi sarapan kopi dengan makanan sarapan sehat favoritmu. Sehingga kebutuhan asupan nutrisi tetap seimbang.

7 dari 11 halaman

7. Berries

Jenis buah-buahan varietas berry, mulai dari strawberry, blueberry, blackberry, hingga raspberry dinilai sebagai yang cocok dijadikan sarapan buat yang lagi diet. Kandungan nutrisi dan rendah kalori di dalamnya dapat mengurangi rasa lapar dan asupan makanan sepanjang hari.

Kamu dapat menjadikan buah-buahan tersebut ke dalam campuran yoghurt, smoothie, atau oatmeal.

8 dari 11 halaman

8. Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan makanan yang tepat buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, rasanya yang lezat dijamin tidak akan menganggu proses diet kamu karena harus makan makanan yang kurang berasa ya!

Jenis makanan satu ini adalah sumber serat yang baik dan rendah kalori yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan susu rendah lemak, dan tambahkan buah-buahan atau kacang-kacangan.

9 dari 11 halaman

9. Green Tea

Manfaat Green Tea © Diadona

Penyuka minuman green tea, kiranya menjadikannya sebagai sajian untuk menu sarapan. Mengonsumi green tea akan mempermudah kamu dalam proses penurunan berat badan. Namun saat minum teh hijau untuk diet, pastikan jangan menggunakan gula ya!

Sebuah penelitian pada 31 orang dewasa menemukan, mengonsumsi minuman ini tiga kali sehari selama tiga hari berturut-turut dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Seharinya, setidaknya sebesar 106 kalo terbakar.

10 dari 11 halaman

10. Chia pudding

Makanan sarapan rendah kalori namun kaya akan nutrisi lainnya yang bisa dikonsumsi adalah chia pudding. Cukup campurkan biji chia dengan susu almond atau rendah lemak, tambahkan sedikit madu dan vanili untuk rasa, kemudian diamkan semalaman di lemari es.

Keesokan harinya, kamu dapat menyantap makanan sarapan yang lezat dan bergizi.

11 dari 11 halaman

11. Roti Gandum

Roti gandum utuh kaya akan serat dan nutrisi dibandingkan dengan roti putih. Roti ini juga cocok dijadikan sebagai menu sarapan buat kamu yang sedang diet.

Pilihlah roti gandum utuh rendah gula dan tinggi serat sebagai dasar sarapan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan selai kacang alami atau telur rebus untuk meningkatkan asupan protein.

Itulah tadi sederet makanan yang cocok untuk sarapan bagi kamu yang sedang diet. Selain makanan, cukupi juga kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar