8 Tips Makan Sehat saat Lebaran Biar Nggak Jadi Penyakit

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 21 April 2023 05:04
8 Tips Makan Sehat saat Lebaran Biar Nggak Jadi Penyakit
Habis lebaran, penyakit datang. Jangan sampai ya! Beberapa tips makan sehat saat lebaran yakni hindari makan berlemak, bersantan dan berlebihan serta tetap perhatikan asupan buah dan sayur

Ayo acung jari siapa yang suka kalap saat lebaran dan tak menjaga pola makan sehat?

Momen lebaran emang identik banget dengan sajian berbagai makanan enak yang kadang membuat lapar mata. Ada makanan bersantan, minuman manis dengan kalori tinggi, gorengan, atau kue kering coklat yang lezat.

Eits tapi asal kalian tahu, secara tidak sadar kalau tidak hati-hati dalam mengkonsumsinya, ternyata bisa berdampak buruk loh bagi kesehatan. Sering kali ditandai dengan berat badan yang naik drastis lebaran atau hadirnya penyakit tertentu.

Nah agar momen lebaran nggak mengganggu kesehatan, Diadona udah ngerangkum nih beberapa tips simple makan sehat saat lebaran. Penasaran gimana caranya? Check it out!

 

1 dari 4 halaman

Awali dengan Konsumsi Serat

Tips MAkan Sehat saat Lebaran - Konsumsi Buah dan Sayur © Diadona

Godaan makanan lezat saat momen lebaran emang sulit untuk dilewatkan. Penting untuk kamu mengontrol nafsu makan berlebih, agar tidak kalap dan berujung menjadi penyakit 

Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan dan mengurangi nafsu makan ialah dengan mengawali konsumsi makanan berserat sebelum berkunjung lebaran. Cara ini diakui efektif dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa makanan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan makanan, sehingga efeknya kamu akan merasa kenyang lebih lama. 

Penuhi Konsumsi Buah dan Sayur

Tips Makan Sehat saat Lebaran © Diadona

Lebaran identik dengan makanan khas daerah dengan rempah melimpah dankuah santan yang kental. Namun, jangan lupa penuhi konsumsi buah dan sayur sebagai tips makan sehat saat lebaran ya!

Buah dan sayur mengandung serat yang bagus untuk tubuh. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi bikin kamu kenyang lebih lama karena dicerna secara lambat di tubuh.

Ditambah, serat juga mengeluarkan hormon rasa kenyang sehingga turut serta dalam menurunkan nafsu makan kamu. Serat juga disebut memproduksi asam lemak rantai pendek yang dipercaya bisa membantu tubuh memiliki rasa kenyang.

2 dari 4 halaman

Hindari Makanan Berlemak dan Bersantan

Tips Makan Sehat saat Lebaran - Kurangi Makan Berlemak dan Bersantan © Diadona

Godaan makanan berlemak dan bersantan saat lebaran memang sulit untuk dihindari. Disisi lain jika dikonsumsi secara berlebih, dapat menaikkan kadar kolesterol tubuh dan tidak baik bagi sistem pencernaan. 

Nah agar tidak menjadi penyakit, upayakan untuk kamu menghindari mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan secara berlebih saat lebaran. Jika terlanjur, kamu bisa imbangi dengan mengkonsumsi makanan berserat, bervitamin C dan hindari makanan yang terlalu pedas. 

Batasi Minuman Manis

Tips Makan Sehat saat Puasa - Kurangi Minuman Manis © Diadona

Selain makanan bersantan dan berlemak, minuman manis yang biasa disantap sebagai takjil buka puasa, juga menjadi sajian identik saat momen lebaran.

Sayangnya minuman seperti sirup dan soda yang mengandung gula buatan nyatanya kurang baik bagi tubuh, dimana dapat menikmatkan kadar gula dalam darah. 

Perlu kamu sadari untuk membatasi minum minuman manis selama lebaran. Selain itu imbangi juga dengan konsumsi air putih untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dan seimbang. 

3 dari 4 halaman

Jangan Makan Berlebihan

Tips Makan Sehat saat Lebaran © Diadona

Jangan kalap! Tips makan sehat saat lebaran yang penting kamu lakukan ialah mengontrol porsi makan. Pasti kamu tahu ungkapan bahwa sesuatu yang berlebih itu tidak baik kan, nah begitu juga saat mengkonsumsi makanan saat lebaran. 

Jadi dikutip dari Healthline, di dalam tubuh kita tuh terdapat dua hormon yang mengatur nafsu makan yakni ghrelin yang merangsang nafsu makan dan leptip yang berfungsi sebaliknya.

Saat kamu belum makan, kadar ghrelin meningkat. Kemudian saat kamu makan, leptip akan naik untuk ngasih tau bahwa kamu sudah kenyang dan berhenti makan.

Nah saat kamu makan terlalu banyak, keseimbangan dua hormon ini akan tergganggu.

Ambil sedikit aja porsi dari tiap makanan yang tersaji, dan jangan lupa berhenti makan sebelum kenyang. Cara ini bisa membantu agar tubuh kamu tetap seimbang dan sehat setelah lebaran.

Makan Teratur

Tips Makan sehat saat Lebaran - Makan Teratur © Diadona

Lebaran adalah hari spesial dengan beragam sajian yang lezat. Namun, kamu harus tetap menjalani pola makan teratur tiga kali sehari seperti pada hari biasanya. 

Makan di luar jam makan akan membuat kamu makan dalam porsi besar sehingga asupan kalori menjadi tidak terkontrol. Cara untuk mengontrol asupan makanan, kamu bisa memilih camilan sehat yang mengandung serat tinggi untuk membantu mencegah mengkonsumsi porsi berlebih sehingga tidak mengganggu saat jam makan besar berikutnya. 

4 dari 4 halaman

Minum Cukup Air

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Asupan air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Dibanding mengkonsumsi minuman berwarna, mengkonsumsi air putih yang cukup saat lebaran sangat dianjurkan dan tidak boleh sampai terlewatkan.

Terlebih setelah berpuasa satu bulan, mengkonsumsi air putih saat lebaran dapat membantu tubuh kamu tetap terhidrasi dan menormalkan kadar glikogen dalam tubuh. 

Tetap Olahraga

Tips Makan Sehat saat Lebaran - Tetap Berolahraga © Diadona

Tips makan sehat saat lebaran yang dapat kamu lakukan adalah dengan berolahraga. Tidak perlu yang berat, olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai dapat membantu kamu mengurangi rasa bersalah setelah makan makanan berlebih, seperti makanan bersantan dan berlemak.

Dengan kamu berolahraga saat lebaran dapat membuat kamu tetap sehat dan bugar, sehingga membantu mencegah berbagai penyakit. 

Di momen bahagia karena hari kemenangan dan berkumpul bersama kesayangan, jangan malah jadi waktu untuk tidak menjaga kesehatan ya!

Editor : Husnul Khotimah

Beri Komentar