Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 4 Agustus 2022 16:03
Terlalu Lama Tidur Siang Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes, Benarkah?
Coba simak informasinya berikut ni kuy!

Rasa kantuk berlebihan dan tidur terlalu lama di siang hari mungkin menandakan gangguan tidur. Tidur siang memang merupakan aktivitas normal yang dilakukan banyak orang. Tidur cukup juga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat yang menunjang kesehatan fisik dan mental.
Namun, tahukah Anda bahwa kondisi tersebut juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2?

1 dari 5 halaman

Tidur siang tingkatkan risiko diabetes tipe 2

Ilustrasi Wanita TidurIlustrasi Wanita Tidur © Shutterstock

Tidur siang lebih dari 30 menit dan merasakan kantuk berkepanjangan bisa saja menunjukkan risiko diabetes tipe 2. Pasalnya, orang yang sering ngantuk atau telalu lama tidur siang, biasanya juga merasakan lemas dan mengidam makanan manis.

Dilansir dari Medical News Today, hal itu dibuktikan dalam penelitian terbaru dr.Tomohide Yamada dan rekan dari Universitas Tokyo. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 200 ribu partisipan. Studi tersebut menyimpulkan partisipan dengan rasa kantuk berlebihan di siang hari punya risiko 56 persen besar mengidap diabetes tipe 2.

2 dari 5 halaman

Sementara, orang yang menghabiskan waktu lama untuk tidur siang punya 46 persen risiko lebih besar terserang penyakit diabetes tipe 2. Hal itu dikarenakan kantuk di siang hari atau tidur siang terlalu bisa saja disebabkan karena kebiasaan buruk yang meningkatkan gula darah atau kolesterol, seperti:

  • kebiasaan begadang dengan konsumsi kopi (ditambah gula atau krimer)
  • ngemil makanan manis dan mengadung MSG pada malam hari
  • menyantap terlalu banyak nasi dan daging-dagingan pada jam makan siang
  • kurang gerak

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita TidurIlustrasi Wanita Tidur © Shutterstock

Selain diabetes, para peneliti juga menemukan bahwa tidur siang terlalu lama dapat menkamukan kondisi berikut:

  • iskemia atau kekurangan aliran darah ke organ tubuh tertentu
  • stroke
  • penyakit kardiovaskular.


Lalu sebenarnya berapa lama waktu tidur siang yang baik? dilansir dari Sleep, waktu tidur siang yang baik tak perlu berlama-lama, cukup sekitar 10 sampai 20 menit saja. Tidur siang lebih dari 30 menit membuat tubuh bersiap memasuki fase tidur lelap.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi wanita tidurIlustrasi wanita tidur © alicdn.com

Apabila sudah memasuki fase tidur lelap, bisa dipastikan tidur bakal berlangsung berjam-jam. Kondisi ini rentan mengganggu tidur malam. Selain itu, ketika orang tidur siang terlalu lama dan dipaksa bangun dalam kondisi yang masih mengantuk, orang bisa sakit kepala saat bangun tidur siang yang dirasa belum tuntas. Perlu kamu ketahui, tidur siang berkualitas di waktu yang tepat dan lamanya sudah pas bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Beri Komentar