Diet dengan Hanya Minum Air Putih Saja, Apakah Aman Bagi Kesehatan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 31 Juli 2022 08:03
Diet dengan Hanya Minum Air Putih Saja, Apakah Aman Bagi Kesehatan?
Apakah tubuh nggak kekurangan gizi ya?

Rajin minum air putih memang bermanfaat. Banyak yang percaya kebiasaan ini membantu menurunkan berat badan. Dari anggapan tersebut, banyak yang “terinspirasi” menerapkan diet air putih untuk menurunkan berat badan. Ketahui apakah benar minum air putih saja bisa jadi langkah tepat mengurangi bobot tubuh.

1 dari 7 halaman

Apa itu diet air putih?

ilustrasi air putih © Diadona

Diet air putih adalah cara menurunkan berat badan dengan tidak mengonsumsi apa pun selain air putih. Minum air putih memang sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kesehatan.

Rutin minum air putih melancarkan fungsi ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup minum air juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sekaligus mengendalikan nafsu makan.

2 dari 7 halaman

Mencukupi kebutuhan cairan juga membantu proses metabolisme tubuh bekerja lebih cepat membakar lemak. Manfaat diet minum air putih dalam jangka pendek dapat langsung dirasakan oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan (obesitas).

Cara diet ini juga dapat mendukung fungsi autophagy, sebuah proses ketika tubuh memecah dan mendaur ulang sel lama atau sel yang berbahaya. Jika murni bertujuan menurunkan berat badan, diet air putih baru akan memperlihatkan hasilnya setelah dilakukan berkelanjutan, alias dalam jangka waktu lama.

3 dari 7 halaman

Cara melakukan diet air putih

Ilustrasi Wanita Minum Air Putih © Diadona

Sebenarnya, tidak ada cara pasti untuk melakukan diet air putih. Idealnya, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan diet ini, yaitu saat tubuh tidak memerlukan banyak energi. Jika sudah menetapkan waktu yang pas, kamu wajib mempersiapkan asupan zat gizi yang cukup sejak jauh hari sebelum mulai diet. Lalu ikuti, panduan berikut ini.

  • Kurangi porsi makan

Mulai perlahan dengan mengurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet. Namun, tetap pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan sumber gizi yang bervariasi: karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

4 dari 7 halaman

  • Hindari aktivitas fisik berat

Selama diet, hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Hindari juga minum lebih banyak air dari biasanya saat diet. Terlalu banyak minum air putih bisa berbalik membahayakan kesehatan kamu.

  • Fase pengenalan makanan kembali (refeeding)

Setelah diet air putih, kamu harus menahan keinginan untuk langsung makan dalam porsi besar. Ini karena makan dalam porsi besar setelah puasa dan hanya minum air berisiko mengakibatkan refeeding syndrome. Kondisi bisa mengakibatkan gangguan yang fatal akibat tubuh mengalami perubahan cepat dalam kadar cairan dan elektrolit.

5 dari 7 halaman

Apakah diet air putih benar-benar aman?

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Diet hanya minum air sebetulnya hanya boleh dilakukan 24 jam hingga maksimal 3 hari. Lebih dari itu, tubuh berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Rendah gizi

Perlu diingat, bahwa air putih bebas kalori dan tidak memiliki zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh seperti lemak, protein, dan vitamin. Satu hari saja kamu mencoba diet ini, kinerja otak akan berkurang alias bekerja lebih lambat. Akibatnya, kamu mudah migrain, sulit konsentrasi dan mencerna informasi, sering kebingungan, gampang emosi, hingga rentan berhalusinasi.

6 dari 7 halaman

Memicu dehidrasi

Meski terdengar aneh, diet air putih justru bisa membuat kamu dehidrasi. Data dari ulasan dalam Nutrition reviews (2010) menyebutkan 20 – 30% asupan air harian kamu berasal dari makanan yang kamu makan.

Jika minum air dalam jumlah yang sama tetapi tidak mengonsumsi makanan apa pun, tubuh tetap tidak mendapatkan cukup air. Gejala dehidrasi antara lain pusing, mual, sakit kepala, sembelit, tekanan darah rendah, dan produktivitas rendah.

7 dari 7 halaman

Jadi, bisa disimpulkan bahwa diet air putih tak dianjurkan karena beresiko terhadap kesehatan. Menurut berbagaai anjuran dokter, cara diet sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggabungkan kebiasaan makan sehat, kurangi gula, garam, serta lemak dan olahraga rutin.

Selain itu, batasi porsi makan atau asupan kalori secara bertahap. Namun, pastikan kamutetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang guna menjaga fungsi tubuh.

Beri Komentar