Melihat Dari Dekat Ubari Sand Dunes, Oase Cantik namun Berbahaya di Tengah Gurun Pasir

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 13 Juli 2020 18:20
Melihat Dari Dekat Ubari Sand Dunes, Oase Cantik namun Berbahaya di Tengah Gurun Pasir
Danau yang berada di gurun pasir Libya ini punya keindahan sekaligus mematikan!

Berada di tengah padang pasir yang panas, Oase biasanya menghadirkan pemandangan unik berupa danau kecil dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Bayangkan saja, setelah berjalan jauh di tengah padang pasir yang panas, lalu kamu menemukan sebuah Oase pasti kamu tidak akan sabar untuk meminum air dan berenang di danau tersebut.

Namun, jangan sekali-kali kamu melakukan itu jika bertemu dengan Oase yang berada di Libya ini. Pasalnya, Ubari Sand Dunes yang berada di tengah padang pasir Libya ini sangat berbahaya lho.

Kira-kira kenapa ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 1 halaman

Ubari Sand Dunes

Ubari Sand Dunes © Diadona

Melansir dari wikipedia, Oase Ubari berada di lembah Targa yang terletak di antara dataran tinggi Messak Sattafat dan bukit pasir. Oase ini memiliki ukuran yang bisa dibilang sangat besar. Ubari Sand Dunes memiliki luas hingga 12 ribu kilometer persegi.

Oase ini juga memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh vegetasi rawa dan ratusan pohon palem khas daerah gurun pasir. Airnya juga sangat jernih dengan kedalaman 7 hingga 32 meter.

Namun, seperti dijelaskan di awal, jangan coba-coba untuk meminum air di Oase ini. Pasalnya, kandungan garam yang ada di Oase ini sangat tinggi dan cukup mematikan. Bahkan, kandungan garam di Ubari Sand Dunes lebih tinggi daripada laut.

Ternyata, kandungan garam yang ada di Ubasri Sand Dunes ini disebabkan karena kawasan ini yang merupakan salah satu wilayah paling kering dan panas di dunia. Bagaimana tidak, tempat ini hanya punya curah hujan sektiar 8mm per tahun. Suhu rata-rata di daerah ini mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

Selain karena kandungan garam yang tinggi. Perairan Ubari Sand Dunes tidak punya sungai membuat air di danau ini menjadi sangat kotor. Hal ini karena tidak adanya pembaruan aliran air di danaunya.

Meskipun begitu, tempat ini tetap menawarkan pemandangan yang cukup indah. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Beri Komentar