Tidur saat Rambut Basah Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan, Gak Boleh Skip Handukan!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 Juni 2022 12:03
Tidur saat Rambut Basah Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan, Gak Boleh Skip Handukan!
Coba siapa yang habis mandi malam suka langsung tidur?

Rasa lelah dan mengantuk kadang membuat kita kerap ingin berskamur dan memejamkan mata kapan pun. Hal ini juga bisa kamu alami saat baru mandi. Mandi di sore atau malam hari setelah beraktivitas bisa membuat tubuh menjadi bersih dan rileks. Pada sisi lain, hal ini juga bisa membuatmu semakin mengantuk.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Rambut BasahIlustrasi Rambut Basah © shutterstock.com/id/g/puhhha

Sayangnya langsung tidur langsung setelah mandi bukanlah sebuah hal yang ideal. Hal ini bisa berdampak buruk terutama ketika kamu baru saja keramas. Rambut basah bisa menjadi sarang berkembangnya sejumlah organisme seperti bakteri dan jamur. Berkembangnya mikroorganisme mini ini bisa berujung infeksi di kulit kepala.

Sejumlah dampak buruk bisa dialami oleh rambut pada saat tidur dalam rambut basah. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah dampak buruk yang bisa muncul dari kebiasaan tidur menggunakan rambut basah.

2 dari 6 halaman

Tumbuhnya Bakteri

Pada saat kamu tidur dalam kondisi rambut basah, panas dari kepala dan air menyebabkan munculnya kelembapan. Sayangnya, kondisi ini bisa menjadi sarang bagi tumbuhnya mikroorganisme.

Pada kondisi rambut yang setengah kering, kondisi yang sama juga bisa terjadi. Hal ini menyebabkan kondisi yang ideal dan lembap serupa pada saat rambut basah.

3 dari 6 halaman

Munculnya Jamur

Ilustrasi Wanita Rambut BasahIlustrasi Wanita Rambut Basah © Shutterstock

Kondisi rambut yang basah atau separuh kering ini tak hanya mengundang munculnya bakteri saja. Hal ini juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada kepala. Salah satu jenis jamur yang bisa muncul di kulit kepala adalah Malassezia. Keberadaan jamur ini bisa berujung terjadinya ketombe atau dermatitis.

4 dari 6 halaman

Rambut Patah

Ketika berada dalam kondisi basah, rambut berada dalam kondisi lebih rentan rusak. Hal ini bisa membuat rambut lebih mudah bercabang dan patah. Kondisi ini bisa semakin diperparah dengan gesekan dan gerakan yang kamu lakukan ketika tidur. Hasilnya, rambutmu semakin rentan patah dan mengalami masalah.

5 dari 6 halaman

Bikin flu

Dikutip dalam laman New Health Advisor, tidur dengan keadaan rambut masih basah dengan didukung suhu ruangan yang dingin akan membuat tubuh kamu lebih rentan terhadap virus flu. Sebuah teori untuk mendukung gagasan ini menyebutkan jika saat tubuh kamu terkena udara dingin, sistem pembuluh darah di hidung dan tenggorokan kamu akan terbatas.

Kondisi ini akan mempengaruhi sel darah putih, di mana sel darah putih akan sedikit lebih lambat untuk melawan infeksi tubuh. Akibatnya, kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga flu mudah menyerang tubuh. Itu sebabnya, hindari tidur dengan rambut dalam keadaan basah. Terlebih jika kamar kamu memiliki suhu yang dingin.

Beri Komentar