Badan Kurus tapi Perut Buncit, Aman Buat Kesehatan Nggak Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 21 Juni 2022 18:03
Badan Kurus tapi Perut Buncit, Aman Buat Kesehatan Nggak Sih?
Kta sering ngerasa aman dengan kondisi ini, tapi sebenarnya gimana sih?

Beberapa orang mengeluhkan punya badan kurus namun bagian perutnya membuncit. Badan kurus tapi perut buncit ini kerap disepelekan, karena dianggap lumrah dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Padahal, kondisi tersebut bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh. Biasa disebut skinny fat, tubuh kurus dan perut buncit bisa menjadi tanda dari obesitas dengan berat badan normal, dikutip dari Live Strong.

1 dari 5 halaman

Penyebab Perut BuncitPenyebab Perut Buncit © 2020 shutterstock.com/Pikul Noorod

Obesitas berat badan normal membuat seseorang berisiko mengalami masalah kesehatan serius, seperti pada orang yang mengalami obesitas. Masih dari laman Live Strong, dari Livestrong.com, orang yang badannya kurus namun perutnya buncit alias punya banyak lemak di sekitar perut, bisa meningkatkan sindrom metabolik, risiko penyakit kardiovaskular, bahkan peradangan nih, guys. Wah, bahaya juga, ya?

Lemak di sekitar perut atau visceral, terletak jauh di dalam rongga perut. Lemak visceral dapat melepaskan senyawa kimia yang dikenal sebagai sitokin, biang penyakit jantung.

2 dari 5 halaman

Melansir dari Liputan6.com, sebuah penelitian dari PLOS Medicine mengatakan bahwa pemerintah harus mengembangkan kebijakan nasional dalam pencegahan perut buncit, dengan menyadarkan mengenak Indeks Masa Tubuh.

Kenapa orang bisa buncit perutnya padahal badannya terbilang kurus? Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena sering makan yang mengandung banyak lemak namun kurang bergizi, ada wasir, jarang olahraga, bahkan postur badan yang bungkuk bisa berpengaruh loh terhadap perut buncit.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Perut BuncitIlustrasi Perut Buncit © Shutterstock

Tubuh kurus dengan perut yang buncit, menandakan tidak banyak kalori yang masuk, karena berat tidak bertambah. Namun, kualitas kalori yang masuk ke tubuh mungkin tidak terlalu sehat. Sering mengonsumsi makanan olahan, termasuk makanan kemasan, sereal, roti dan makanan cepat saji, bisa menyebabkan perut buncit.

Mulai mengonsumsi makanan bergizi dengan menambahkan sayuran di menu makanan sehari-hari. Hindari juga lemak trans dan lemak jenuh, yang bisa ditemukan dalam makanan kemasan dan fast food.

4 dari 5 halaman

Jadi sedari dini, ayo jaga gaya hidup kita lebih sehat dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi serta diimbangi oleh olahraga yang rutin!

Beri Komentar