Cara Merebus dan Mengolah Daun Binahong untuk Mengobati Diabetes dan Menyembuhkan Luka

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 24 November 2022 14:49
Cara Merebus dan Mengolah Daun Binahong untuk Mengobati Diabetes dan Menyembuhkan Luka
Merebus daun binahong tak boleh terlalu lama karena suhu tinggi bisa merusak senyawa bermanfaatnya. Selain itu, gunakan wadah yang terbuat dari tanah liat

Di masyarakat kita, Binahong dikenal dengan tanaman sejuta manfaat untuk kesehatan. Yup, setara deh khasiatnya dengan tanaman sirih dan juga daun kelor.

Secara tradisional, umumnya masyarakat menggunakan daun binahong dalam bentuk rebusan sebagai sumber antioksidan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tapi apakah cara merebus dan mengolah daun binahong tersebut sudah pas untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal?

Bagian dari tanaman binahong hampir semuanya dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, bunga, umbi, dan daun. Tapi bagian yang banyak digunakan sebagai bahan obat herbal adalah bagian daun. Yuk simak gimana cara merebus dan mengolah daun binahong sebagai obat berikut ini.

1 dari 2 halaman

Penyakit Apa Saja yang Bisa Disembuhkan dengan Daun Binahong?

Dirangkum oleh jurnal berikut, beberapa ilmuwan telah berhasil membuktikan manfaat binahong sebagai tanaman obat untuk berbagai jenis penyakit berikut. Namun perlu diketahui kalau cara mengolah dan mengekstrak tanaman binahong untuk beragam penyakt berikut ini dilakukan dalam di laboratorium dengan standar penelitian ilmiah ya!

  • Gagal ginjal
  • Obat luka
  • Tonikum
  • Diabetes Mellitus
  • Hepatoprotektor
  • Hipertensi dan Kolesterol
  • Diabetes mellitus
  • Pembekuan darah

Selain itu, daun binahong juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi sekaligus memperbaiki sel yang rusak.

Binahong juga melancarkan dan menormalkan peredaran darah serta tekanan darah, mencegah stroke, mengatasi diabetes serta mengobati penyakit maag.

Manfaat kesehatan yang lengkap dari daun binahong ini didapat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan pada daun binahong di antaranya flavonoid hingga vitamin C yang nggak hanya punya fungsi mempercepat penyembuhan tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Mengolah dan Merebus Daun Binahong?

Secara tradisional, umumnya masyarakat menggunakan daun
binahong dalam bentuk rebusan sebagai sumber antioksidan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa penelitian berikut ini menunjukkan efek konsumsi rebusan daun binahong untuk penyembuhan, antara lain :

Penyembuhan Luka

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Politeknik Kesehatan Medan, 6 dari 10 orang perempuan yang mengkonsumsi air rebusan daun binahong mengalami penyembuhan luka pasca melahirkan secara cepat.

Penelitian lain juga membuktikan hasil yang sejalan. Ini karena tanaman binahong mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman dan dapat meningkatkan daya tahan terhadap infeksi serta mempercepat penyembuhan luka.

Cara merebus dan mengolah daun binahong untuk penyembuhan luka pasca melahirkan :

Bahan :

  • 320 gram daun binahong
  • 400 ml air

Cara :

  • Dengan menggunakan tempat yang terbuat dari tanah liat, rebus air hingga mendidih lalu masukkan daun binahong selama 15 menit. Kenapa sih tak boleh menggunakan panci yang biasa kita gunakan? Sebab hal tersebut bisa merusak kandungan zat di dalam daun binahong.  Selain itu merebus daun binahong juga tak perlu dilakukan dalam waktu yang lama sebab flavonoid di dalamnya yang berfungsi dalam proses pengobatan penyakit, akan rusak pada suhu tinggi. Semakin lama waktu perebusan maka senyawa akan rusak sehingga menyebabkan lemahnya aktivitas si penyembuh luka.
  • Tutup wadahnya selama proses perebusan.
  • Air rebusan kemudian didiamkan hingga suhu 35-40° C atau hangat-hangat kuku, selanjutnya disaring sehingga hanya tersisa airnya saja.
  • Air rebusan daun binahong diminum pada hari ke-2 hingga ke-7 setelah melahirkan. Terbukti, rebusan daun binahong mebuat pemulihan luka pasa melahirkan jadi lebih cepat.

Mengobati Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Meliyana & Nugroho di tahun 2016 dijelaskan kalau cara mengolah dan merebus daun binahong untuk menurunkan kadar diabetes dalam darah bila dilakukan dengan merebus 150 gram daun binahong dalam 500 ml air. Air rebusan tersebut kemudian dikonsumsi pada pagi atau sore hari.

Kandungan saponin dalam daun binahong berperan sebagaimana insulin dalam tubuh. Senyawa saponin ini tahan terhadap pemanasan sehingga tidak akan rusak saat daun binahong direbus.

Daun binahong telah terbukti secara ilmiah mampu menyembuhkan luka lebih cepat dan menurunkan kadardiabetes. Hanya saja dalam konsumsinya harus hati-hati karena belu ada aturan jelas mengenai dosis dan keamannnya.

Beri Komentar