Makan Junk Food Emang Enak tapi Bahayanya Sampai ke Janin loh, Moms!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 6 Maret 2020 18:00
Makan Junk Food Emang Enak tapi Bahayanya Sampai ke Janin loh, Moms!
Meskipun enak, tapi ibu hamil dilarang makan ini.

Ibu hamil memang banyak pantangan yang harus dilakukan, apalagi soal makanan. Nggak semua makanan bisa dimakan oleh ibu hamil, karena ia harus menjaga nutrisi untuk bayi yang ada dalam kandungan.

Ngomongin soal makanan, tapi boleh nggak sih kalau ibu hamil makan junk food? Pertanyaan itu biasanya menghinggapi ibu hamil ketika terjadi perubahan hormon yang berpengaruh pada nafsu makan. Nah, kira-kira boleh nggak sih kalau saat hamil, ibu makan makanan junk food? Berikut penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi junk food © Diadona

Selama ini kita telah menyadari, kalau junk food merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori, gula, dan lemak yang tinggi. Meskipun begitu, nyatanya junk food tetap laris dan menjadi pilihan saat kamu sedang lapar, tak terkecuali ibu hamil.

Mengkonsumsi junk food pada saat hamil sebetulnya aman, namun junk food sering kali menimbulkan efek ketagihan yang berujung pada konsumsi yang berlebih.

Sehingga kelebihan makan junk food inilah yang akan memberikan dampak nggak baik untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

2 dari 3 halaman

Salah satu dampak yang di alami oleh ibu dan janin yang dikandung adalah munculnya risiko alergi saat hamil, karena makanan dengan tingkat gula tinggi yang dikonsumsi terlalu sering dapat memicu asma pada anak.

Hal ini dipaparkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Respiratory Journal, bahwa konsumsi gula dalam junk food yang berlebih saat hamil dapat meningkatkan risiko asma dan alergi ketika anak menginjak usia 7 sampai 9 tahun.

3 dari 3 halaman

Bukan hanya itu saja, pada saat masih di kandungan, bahwa kebiasaan ibu mengonsumsi makanan kurang sehat saat hamil juga dapat berdampak pada selera makan anak. Penjelasan tersebut di buktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari The Royal Veterinary College, Inggris.

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Buah © Diadona

Jadi untuk menghindari keinginan mengonsumsi junk food, kamu bisa menggantinya dengan menyediakan camilan sehat seperti irisan buah apel, melakukan olahraga secara rutin, dan selalu sarapan pagi ya, bun.

Beri Komentar