Rendam Kaki Pakai Air Garam Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan. Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 24 November 2022 21:03
Rendam Kaki Pakai Air Garam Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan. Mitos atau Fakta?
Beneran nggak sih ini?

Kabar mengenai kesehatan banyak sekali terdengar dari omongan-omongan masyarakat. Salah satunya adalah dengan meredam kaki menggunakan air hangat dan juga garam. Namun, apakah benar melakukan hal tersebut benar-benar bermanfaat untuk kesehatan?

1 dari 4 halaman

ilustrasi rendam kaki di air garam © Diadona

Ternyata, melansir dari Hello Sehat, merendam kaki dengan air garam hangat benar-benar bermanfaat, bahakn disebut terapi. Melakukan hal demikian bisa meredakan infeksi kaki. Kalau punya eksim, kulit kaki terkait bisa terbantu untuk cepat sembuh.

Meredamkan kaki dengan air garam hangat ternyata juga bermanfaat untuk bagi mereka yang susah tidur alias insomnia, nih. Sebab dengan meredam kaki dengan air garam yang hangat, otot-otot jadi relaks, sehingga menghilangkan ketegangan dan menciptakan rasa nyaman.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Rendam Kaki Air Garam © Diadona

Hal tersebut dikarenakan peredaran darah pada kaki jadi terbuka dan lancar setelah beredam air garam hangat. Rasa nyaman pun akan terasa, sehingga pegal-pegal pada kaki pun bisa hilang.

Namun, berendam air hangat dengan garam bisa jadi berbahaya jika berendam terlalu lama dan air yang digunakan tidak bersih. Masalah yang timmbul malah bisa jadi dermatosis, yaitu masalah pada kulit kaki. Gejalanya bisa nyeri, kemerahan, perih, hingga demam.

3 dari 4 halaman

Jadi, jangan lama-lama ya kalau merendak kaki dengan air garam hangat. Selain itu pastikan air yang digunakan juga bersih. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar