Lagi Jadi Trend, Minum Kopi Pakai Gula Aren Apakah Lebih Sehat?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 18 November 2022 09:03
Lagi Jadi Trend, Minum Kopi Pakai Gula Aren Apakah Lebih Sehat?
Wah, siapa nih yang suka minum kopi kekinian dengan gula aren?

Kopi adalah soal selera. Mau diseduh seperti apa, dicampurkan dengan bahan apa, semua terserah penikmatnya. Begitu pula dengan pilihan gula yang digunakan. Selain gula putih, ada banyak jenis gula yang sering dicampurkan untuk menambah kenikmatan kopi, seperti misalnya gula aren.

Belakangan, racikan kopi dengan gula aren ini sedang tren dijajakan di berbagai kedai kopi lokal. Namun sebenarnya, apakah kopi dengan gula aren memiliki kandungan yang lebih sehat dibandingkan gula pasir biasa?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Es Kopi Susu Gula Aren © Diadona

Dikutip dari laman Hellosehat, Gula putih terbuat dari tebu, sementara gula aren terbuat dari nira. Gula putih termasuk sumber makanan yang hanya tinggi kalori tapi gizinya minim, bahkan hampir nol, sementara gula aren ternyata diperkaya oleh beberapa mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Studi menemukan bahwa gula aren mengandung kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianidin. Gula aren juga kaya akan vitamin B8, asam folat, vitamin B1  dan vitamin B2 yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Es Kopi Susu Gula Aren © Diadona

Selain dari sisi kandungan nutrisinya, gula aren juga jauh mengungguli gula putih dalam hal nilai glikemik. Dari rentang skor 0-100, nilai indeks glikemik gula pasir putih adalah 100 sementara gula aren memiliki nilai glikemik sekitar 35. Semakin tinggi nilai glikemik, semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah.

Gula aren menjadi salah satu pemanis alternatif dengan indeks glikemik rendah juga berkat kandungan serat makanan di dalamnya yang disebut inulin. Serat inulin dikenal dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Gula Aren © Diadona

Lantas, minum kopi pakai gula aren lebih sehat kah? dari berbagai aspek, gula aren memang jauh lebih unggul daripada gula pasir putih biasa. Namun bagaimana pun juga, gula aren tetaplah gula yang dapat meningkatkan jumlah asupan kalori.

Asupan kalori berlebihan terkait dengan risiko kenaikan berat badan, hingga penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Itu sebabnya harus tetap membatasi asupan gula dalam makanan dan minuman sehari-hari guna mencegah risiko yang tidak diinginkan.

4 dari 5 halaman

Sehingga, apa pun jenis gulanya, batas rekomendasi porsi gula untuk orang Indonesia dalam sehari adalah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh. Batasan ini telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Beri Komentar