Jangan Senang Dulu saat Bayi Gemuk Gara-gara ASI!

Reporter : Mila
Sabtu, 7 Maret 2020 09:06
Jangan Senang Dulu saat Bayi Gemuk Gara-gara ASI!
Karena bayi gemuk itu nggak selalu sehat, lho...

Kamu mungkin udah nggak asing lagi ya dengar anjuran harus memberi ASI pada 6 bulan pertama bayi. Bener banget, ASI memang makanan pokok yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Tapi ada kalanya bayi ASI itu gemuk-gemuk, justru bagus dong?

Eh, jangan salah, bayi yang gemuk belum tentu artinya sehat.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi Gemuk © Diadona

Perlu diketahui sebelumnya, bayi ASI yang gemuk ternyata disebabkan oleh banyak faktor. dr. Citra Amelinda SpA IBCLC M. Kes dr. Citra Amelinda SpA IBCLC M. Kes, Spesialis Anak, menjelaskan faktor bayi ASI gemuk bisa jadi karena genetik alias keturunan dari ayah dan ibunya.

" Selain itu, kadar lemak dalam ASI. Kandungan lemak dalam ASI tiap harinya bervariasi dan berbeda tiap ibu. Jadi tidak bisa diprediksi akan selalu sama," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Jadi, nggak heran ya, kandungan lemak dalam ASI bisa saja membuat bayi gemuk. Tapi nggak perlu khawatir berlebih, mom. Setelah lebih dari 6 bulan, kita bisa kok menyiasati biar bayi nggak gemuk. Sakag satunya mengajak bayi banyak bergerak. Misalnya aktifitas fisik yang sesuai usia bayi (berguling, miring, dll).

Setiap bayi itu unik, termasuk ukuran tubuhnya. Selama bayi sehat dan aktif, kamu nggak perlu khawatir. Jangan lupa juga ya, sering kontrol rutin ke dokter spesialis anak terdekat :)

Beri Komentar