Banyak yang Belum Tahu, Apa Sih Bedanya Minum Obat Sebelum dan Sesudah Makan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 22 November 2022 08:03
Banyak yang Belum Tahu, Apa Sih Bedanya Minum Obat Sebelum dan Sesudah Makan?
Nah, aturan dari dokter ini ternyata punya tujuan khusus lho!

Saat kamu sakit dan berobat ke dokter, kadang kamu akan mendapatkan obat yang harus diminum. Namun, mungkin kamu heran, kenapa sih ada obat yang hanya boleh diminum sebelum makan dan ada juga yang setelah makan? Gimana kalau aturan tersebut diabaikan? Berikut ini penjelasannya, dilansir dari Hello Sehat!

1 dari 6 halaman

Konsumsi makanan dan obat-obatan punya keterkaitan

Ilustrasi Wanita Minum ObatIlustrasi Wanita Minum Obat © Shutterstock

Obat dan makanan sama-sama dikonsumsi dan masuk dalam sistem pencernaanmu. Karena itu, wajar saja jika perlu aturan untuk mengonsumsi keduanya. Makanan yang dicerna akan diproses oleh organ dan jaringan dalam tubuh.

Beberapa contohnya, seperti aliran darah yang bekerja memecah makanan; hati yang melepaskan empedu; dan sel-sel pada dinding lambung yang melepaskan asam lambung untuk bisa memecah makanan. Nah, proses mencerna makanan ini nantinya akan mendukung atau menghambat kerja obat. Karena itu, perlu dibuat aturan apakah perlu diminum sebelum atau sesudah makan.

2 dari 6 halaman

Minum obat setelah makan berguna untuk mengurangi efek samping dan mendukung kerja obat

Minum obat sebelum makan berguna untuk mengurangi efek samping. Adapun, efek samping yang terjadi adalah mual dan muntah, seperti pada obat allopurinol, bromocriptine dan madopar. Ada juga efek samping iritasi lambung, gangguan pencernaan dan radang lambung dalam obat-obatan, seperti pada aspirin, ibuprofen dan steroid.

Minum obat sebelum makan juga berguna untuk mendukung kerja obat. Salah satu contohnya seperti obat antasida yang berguna untuk mencegah refluks, heartburn dan gangguan pencernaan.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Minum ObatIlustrasi Minum Obat © Shutterstock

Begitu pula dengan obat HIV yang perlu diminum setelah makan agar obat dapat terserap dengan baik dalam aliran darah.

Ada juga obat yang bersifat cepat keluar, seperti obat kumur, gel miconazole dan nystatin cair. Beberapa obat diabetes pun perlu diminum setelah makan untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya, aturan minum obat setelah makan berjarak 30 menit setelah makan.

4 dari 6 halaman

Sementara obat perlu diminum sebelum makan karena makanan dapat menghambat kerja obat

Beberapa obat bisa terhambat kerjanya saat perut terisi makanan. Itu karena makanan dan obat sama-sama dicerna oleh tubuh. Makanan juga dapat membuat obat dipecah terlalu cepat sebelum diserap aliran darah. Ada juga obat yang bekerja lebih baik saat lambung kamu kosong. Itu sebabnya kamu sebaiknya mengonsumsi obat sebelum makan.

5 dari 6 halaman

Selain aturan makan, kamu pun perlu menaati aturan-aturan minum obat yang lain

Ilustrasi Minum ObatIlustrasi Minum Obat © Shutterstock

Gak hanya aturan makan, kamu juga perlu memerhatikan aturan minum obat yang lain loh! Sebelum minum obat, perhatikan dengan saksama instruksi dari dokter. Agar lebih yakin periksa petunjuk pemakaian pada kemasan obat.

Perhatikan juga makanan atau minuman tertentu yang perlu dihindari ketika mengonsumsi obat. Buatlah jadwal minum obat. Usahakan konsisten ya! Terakhir, sebaiknya minumlah obat dengan segelas air puti

Beri Komentar