Cara Merebus Daun Sirih untuk Diminum demi Sembuhkan Sakit Gigi, Diabetes dan Hipertensi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 15 November 2022 12:29
Cara Merebus Daun Sirih untuk Diminum demi Sembuhkan Sakit Gigi, Diabetes dan Hipertensi
Cara merebus daun sirih yang benar untuk diminum dan menyembuhkan beragam penyakit telah diteliti dan artikel berikut ini menyajikan datanya.

Di masyarakat, daun sirih dikenal dengan beragam khasiatnya untuk kesehatan. Tumbuhan merambat dengan dan berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau ini bahkan kerap sengaja ditanam untuk direbus dan diminum untuk berbagai pengobatan. Bagaimana bagaimana ebenarnya cara merebus daun sirih untuk diminum ini? Apakah cara yang diketahui oleh masyarakat sudah benar dan mampu mengekstrak khasiat daun sirih secara optimal?

Dilansir dari Jurnal Potekkes Bandung, daun sirih mengandung zat antiseptik hampir seluruh bagiannya  ini sudah dikenal sejak 600 SM. Dalam buku kuno india yunani, disebutkan daun ini memiliki sifat styptic (menahan pendarahan), vulnerary (menyembuhkan luka kulit),
stomachic (obat saluran pencernaan), menguatkan gigi, sebagai obat sariawan dan membersihkam tenggorokan.

Tak ketinggalan pula sifat anti oksidasi dan fungisida yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati keputihan. Masyarakat Indonesia sendiri udah mengenal daun sirih sebagai bahan menginang dan berkeyakinan kalau daun sirih bisa menguatkan gigi, menyembuhkan luka-luka kecil di dalam mulut, menghilangkan bau badan serta menghentikan pendarahan gusi dan sebagai obat kumur.

1 dari 3 halaman

Cara Merebus Daun Sirih untuk Diminum Penderita Hipertensi

Cara Merebus Daun Sirih untuk DiminumCara Merebus Daun Sirih untuk Diminum © Giuseppe Mazza

Dari hasil uji yang dilakukan disarankan untuk merebus 6 gram (5 lembar) daun sirih dengan dua gelas sebagai upaya untuk menurunkan tingkat hipertensi atau tekanan darah.

Bahan :

  • 5 lembar daun sirih
  • 500 cc air

Cara merebus daun sirih untuk diminum penderita hipertensi yakni dengan merebus daun sirih dalam dua air hingga kemudian menjadi satu gelas.

2 dari 3 halaman

Cara Merebus Daun Sirih untuk Diminum saat Sakit Gigi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri Padang membuktikan air rebusan daun sirih bisa menghilangkn sakit gigi secara tuntas dalam waktu tiga jam setelah konsumsi.

Cara merebus daun salam untuk diminum oleh penderita yang diuji adalah sebagai berikut :

Bahan :

  • Tujuh lembar daun sirih
  • 2 gelas air putih

Cara merebus daun sirih untuk sakit gigi

  • Cuci bersih daun sirih
  • Rebus daus sirih dalam air hingga mendidih
  • Saring untuk membuang ampas daun sirih

Dua gelas air rebusan daun sirih yang didaptkan bisa untuk dua kali minum. Sayangnya nih dalam penelitian tersebut tak ditunjukkan berapa banyak objek penelitian sehingga probabilitas keberhasilan air rebusan daun sirih untuk meredakan nyeri sakit gigi tak diketahui.

3 dari 3 halaman

Cara Merebus Daun Sirih untuk Diminum saat Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Cara Merebus Daun Sirih untuk DiminumCara Merebus Daun Sirih untuk Diminum © picturethisai.com

Selama ini pengujian air rebusan dun sirih hanya berdasarkan pengalaman empiris dan testimoni penggunanya bukan? Namun ternyata setelah dilakukan pelitian ilmiah, air rebusan daun sirih beneran mampu menurunkan kadar gula darah pada hewan uji. Lalu gimana cara merebusnya?

Bahan :

  • 200 gram daun sirih merah ukuran sedang
  • 200 ml air

Cara merebus daun sirih untuk diminum

  • Cuci bahan hingga bersih, lalu iris kecil-kecil.
  • Rebus selama 15 menit terhitung mulai suhu mencapai 90 derajat C sambil sekali-sekali diaduk
  • Setelah dingin tambahkan air panas secukupnya

Sayangnya nih rebusan daun siri nggak bisa menurunkn kadar kolesterol pada hewan uji melalui penelitian ini. Kemungkinan ini karena zat dari daun sirih merah yang berpengaruh dalam penurunan kadar kolesterol hilang atau rusak selama proses perebusan.

Dengan cara merebus daun sirih untuk diminum secara benar maka kamu bsia mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Beri Komentar