Olahraga Jam 5 Pagi, Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan!

Reporter : Mila
Jumat, 25 November 2022 06:57
Olahraga Jam 5 Pagi, Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan!
Sering diabaikan nih!

Kebanyakan orang menyempatkan berolahraga di waktu luang, seperti saat subuh atau pukul 5 pagi. Tapi, apakah olahraga jam 5 pagi itu baik untuk tubuh? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

Simak selengkapnya di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Apakah Aman Olahraga Jam 5 Pagi?

Belum ada penelitian yang menguji apakah kebiasaan berolahraga jam 5 pagi baik untuk kesehatan jasmani atau tidak. Tapi, pada sejumlah penelitian diketahui adanya manfaat dari berolahraga di pagi hari, seperti:

  • mengatur tekanan darah menjadi lebih rendah,
  • mendorong tidur yang lebih nyenyak,
  • menurunkan berat badan,
  • meningkatkan pembakaran lemak, dan
  • menekan nafsu makan.

2 dari 5 halaman

Waktu Terbaik Olahraga Pagi Hari

Beberapa studi menyebut orang yang rutin olahraga pagi, merasa lebih fokus menjalani aktivitas sepanjang hari nantinya. Lantas kapan waktu ideal untuk berolahraga di pagi hari?

Ahli saraf dari Universitas McMaster, Jennifer Heisz, menyarankan berolahraga pada jam 7 pagi untuk membantu mengatur jam sirkadian (siklus biologis) tubuh. Olahraga pada jam 7 pagi membantu 'membangunkan' tubuh sehingga otak dan organ-organ tubuh lainnya mulai aktif bekerja.

Selain itu, olahraga pagi di bawah paparan sinar matahari baik untuk memproduksi vitamin D bagi tubuh. Olahraga sore atau malam hari juga baik lantaran suhu dan fleksibilitas tubuh mencapai puncaknya di waktu tersebut.

Olahraga pada sore atau malam hari juga meningkatkan kinerja dan kekuatan sistem gerak tubuh.

Kesimpulannya, olahraga di pagi, sore, atau malam hari itu sama baiknya.

3 dari 5 halaman

Hal yang Harus Diwaspadai saat Olahraga Jam 5 Pagi

American Diabetes Association menyebut bahwa sekitar pukul 4-8 pagi, tubuh mengalami fenomena fajar (dawn phenomenon) yaitu kenaikan alami gula dalam darah. Kadar gula darah ini bisa melonjak tinggi selama seseorang menjalani olahraga di pagi hari.

Sebuah ulasan ilmiah dari BioMed research international (2020) menjelaskan bahwa fenomena fajar menjadi penyebab utama kesulitan dalam mengontrol gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2.

Kamu yang punya diabetes sebaiknya pertimbangkan untuk memindahkan jadwal olahraga ke sore hari. Olahraga dengan intensitas yang sedang saat sore hari cenderung tidak menaikkan gula darah bagi penderita diabetes.

4 dari 5 halaman

Persiapan Olahraga Pagi

Anda dapat memulai rutinitas latihan pagi dengan mempersiapkan hal-hal berikut terlebih dahulu.

  • Tidur nyenyak: istirahat malam selama 7-8 jam sangat penting agar bisa bangun lebih awal.
  • Sesuaikan waktu olahraga secara bertahap: alih-alih langsung olahraga saat subuh, lebih baik pindahkan waktu olahraga dari siang menjadi lebih pagi secara perlahan-lahan.
  • Persiapkan perlengkapan olahraga: siapkan pakaian olahraga, sepatu joging, dan kebutuhan olahraga lainnya sebelum tidur.
  • Sarapan sebelum olahraga: siapkan makanan yang memberi energi pada pagi hari. Agar tidak membuat gula darah melonjak, pilih buah-buahan, yoghurt, dan oatmeal sebagai sarapan.
  • Ajak teman: mengajak seorang teman adalah cara yang bagus untuk membuat diri lebih berkomitmen untuk rutin berolahraga.
  • Lakukan olahraga yang kamu sukai: cobalah olahraga baru dan pilih yang paling kamu sukai sehingga lebih mudah untuk menjalaninya.

Beri Komentar