Siapa Sangka Punya Saudara Kandung Down Syndrome Justru Banyak Positifnya!

Reporter : Mila
Jumat, 6 Maret 2020 14:03
Siapa Sangka Punya Saudara Kandung Down Syndrome Justru Banyak Positifnya!
Semua hal yang terjadi pasti ada alasannya, untuk membuat hidup jadi lebih baik.

Meskipun sering dipandang sebelah mata, anak down syndrome pasti punya keistimewaan tersendiri daripada anak-anak lain. Keistimewaan ini juga di 'cipratkan' kepada saudara kandungnya. Ada hal-hal positif yang bahkan nggak kita sadari, dari anak yang punya saudara kandung down syndrome.

Melansir Times of Israel, Saudara kandung dari anak-anak down syndrome punya empati lebih, pandai dalam mengajar, dan bisa menikmati hubungan lebih baik dengan saudara mereka.

1 dari 2 halaman

Siblings with Down Syndrome © Diadona

Profesor dan peneliti dari Universitas Tel Aviv dan Universitas Haifa, menemukan, bahwa punya anggota keluarga yang memiliki down syndrome akan memberikan dampak positif kedepannya bagi anggota keluarga lain.

" Memiliki anak down syndrome di keluarga memberikan tuntutan unik pada semua anggota keluarga, termasuk saudara kandung. Meskipun tantangannya besar, mereka sering disertai dengan kontribusi positif jangka pendek dan jangka panjang," ujarnya melansir liveaction.org.

2 dari 2 halaman

Tuntutan unik ini yang membuat anak berkembang jadi pribadi yang memiliki empati tinggi pada saudara pun keluarganya. Selain itu anak juga bisa mengetahui betapa indahnya hubungan antar manusia, terlepas dari apapun kekurangan yang dimiliki.

Nggak heran ya, kalau tingkat konflik antar saudara dan keluarga jauh lebih rendah dialami oleh anak yang punya saudara kandung down syndrome.

So, jangan mau kalah dong! Sebagai manusia kan memang sudah seharusnya kita punya empati dan peduli terhadap sesama. Be kind and amazing things will happen. :)

Beri Komentar