6 Fitur Unggulan iOS 16 yang Bisa Kamu Nikmati, Buruan Update!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 13 September 2022 11:27
6 Fitur Unggulan iOS 16 yang Bisa Kamu Nikmati, Buruan Update!
Udah cobain belum guys?

Dalam acara peluncuran iPhone 14 Series, Apple mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan sistem operasi terbaru iOS 16 pada tanggal 13 September besok. Dikatakan bahwa iOS 16 akan menyertakan banyak fitur baru.

Ketika pembaruan akhirnya tersedia, penginstalan pembaruan ini hanya membutuhkan proses yang sederhana. Untuk menginstal iOS 16, hanya perlu membuka Pengaturan, klik menu Umum, selanjutnya pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Setelah memperbarui iPhone Anda ke iOS 16, pengguna dapat merasakan fitur-fitur baru di sistem. Berikut adalah enam fitur baru iOS 16 teratas yang mungkin bakal didapat pengguna, melansir dari Gizchina, Selasa (13/9/2022).

1 dari 7 halaman

Personalisasi layar kunci

IOS 16 Update © Diadona

Salah satu fitur utama di iOS 16 adalah kemampuan untuk mempersonalisasi layar kunci dengan beberapa lapisan wallpaper, widget, font khusus untuk tanggal dan waktu, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat memilih satu set foto untuk diacak di layar kunci.

Galeri layar kunci baru menampilkan berbagai opsi layar kunci, termasuk wallpaper cuaca baru dengan kondisi cuaca waktu nyata dan wallpaper astronomi yang memberikan pemandangan Bumi, Bulan, dan Tata Surya. Bilah status juga akan berubah seiring bertambahnya ruang yang tersedia di bagian atas layar. Indikator sinyal seluler akan bergerak ke kiri, dan pusat notifikasi akan menampilkan kembali layar penuh. 

2 dari 7 halaman

Edit atau batalkan pengiriman iMessage

Selain itu, iOS 16 juga akan memperkenalkan kemampuan untuk mengedit atau membatalkan pengiriman iMessage, serta kemampuan untuk menandai percakapan iMessage sebagai belum dibaca setelah dibuka. Apple memungkinkan pengguna untuk mengedit iMessages hingga 15 menit setelah dikirim, dengan hingga lima pengeditan per pesan. Namun, pengguna harus memperhatikan bahwa penerima dapat melihat catatan pengeditan yang dilakukan pada pesan.

Selain itu, pada perangkat yang menjalankan iOS 15 atau versi lebih lama, pesan yang diedit akan diterima sebagai pesan baru yang mengatakan " diedit sebagai [pesan baru]" . Untuk mengedit atau membatalkan pengiriman pesan, cukup ketuk dan tahan gelembung dan pilih

3 dari 7 halaman

Gunakan pemutar musik layar penuh

iOS 16 Update © Diadona

Sistem operasi iOS 16 memperkenalkan kembali pemutar musik layar penuh di layar kunci, dengan sampul album besar dan wallpaper dengan warna yang serasi. Apple terakhir menawarkan pemutar musik layar penuh di layar kunci di iOS 10 pada 2016 lalu.

Animasinya terasa sangat elegan dan halus serta memberikan detail yang luar biasa. Namun jika pengguna tidak menyukai fitur ini, mereka dapat mengetuk bagian bawah layar untuk meminimalkan pemutar musik dan kembali ke wallpaper layar kunci standar.

4 dari 7 halaman

Mendukung gamepad Nintendo Joy-Cons

iPhone mendukung banyak pengontrol permainan Bluetooth di iOS 16, termasuk untuk pengontrol Joy-Cons dan Pro Nintendo Switch. iPhone yang menjalankan iOS 16 dapat digunakan dengan satu Joy-Con kiri atau kanan, atau sebagai pengontrol tunggal pada saat yang bersamaan. 5.

5 dari 7 halaman

Lacak pesanan Apple Pay

iOS 16 Update © Diadona

Selain empat fitur di atas, iOS 16 menyediakan informasi pelacakan pesanan bawaan baru di aplikasi Wallet. Fitur pelacakan ini berfungsi untuk pesanan online yang diselesaikan pengguna melalui Apple Pay. Pelacak memberikan perkiraan tanggal pengiriman untuk pesanan dan menunjukkan kapan paket akan dikirimkan. Ini adalah fitur yang akan dihargai oleh banyak penggemar Apple karena informasinya yang memang sangat bermanfaat.

6 dari 7 halaman

Gunakan aplikasi kebugaran tanpa Apple Watch

Dimulai dengan iOS 16, semua pengguna dapat menggunakan aplikasi kebugaran di iPhone mereka bahkan tanpa Apple Watch. Aplikasi ini memiliki fitur aktivitas harian yang bergantung pada sensor gerak iPhone.

Ini memungkinkan iPhone untuk memperkirakan berapa banyak kalori dan langkah yang dibakar seseorang setiap hari. Selama acara iPhone 14, Apple mengumumkan layanan Fitness+-nya. Itu akan tersedia untuk pemilik iPhone tanpa Apple Watch akhir tahun ini. Dikabarkan bahwa fitur ini akan tersedia di 21 negara. Adapun biaya langganan Fitness+ dihargai USD9,99 atau Rp147 ribu per bulan atau USD79,99 atau Rp1,1 juta per tahun.

Beri Komentar