iPhone 14 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Perkiraan Harganya di Indonesia

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 9 September 2022 16:03
iPhone 14 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Perkiraan Harganya di Indonesia
Kira-kira bagusan mana ya sama iPhone seri 13 sebelumnya?

Belum lama ini Apple resmi merilis jajaran iPhone 14 Series di Amerika Serikat. Berbeda dengan tahun lalu saat merilis 13 Series, kali ini perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut mempersembahkan 4 varian di iPhone 14 Series tanpa ada versi Mini. Adalah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Yang menjadikan iPhone 14 Series ini berbeda ketimbang pendahulunya adalah hadirnya fitur baru pada notch atau poninya yang mengusung teman Dynamic Island. Apple mengklaim desain notch barunya tersebut lebih interaktif dan kaya fitur.

1 dari 9 halaman

Seri yang Rilis

iPhone 14 hadir dalam 4 produk yakni iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Masing-masing memiliki kelebihan yang tentunya inovatif dari seri sebelumnya.

2 dari 9 halaman

Spesifikasi dan Harga iPhone 14

Ilustrasi iphone 14 © Diadona

iPhone 14 lahir ke dunia dengan membawa ekspektasi besar dari para penggemarnya. Sayangnya dari sisi layar, ukurannya tidak berbeda dengan iPhone 13. Sama-sama menggunakan layar Super Retina XDR OLED dengan HDR10 yang berukuran 6,1inci. Resolusinya pun tidak ada peningkatan, yakni berada di angka 1170 x 2531 piksel.

Kejenuhannya berlanjut ke chipset. Apple dengan tega meletakkan A16 Bionic di tubuh iPhone 14 yang mana lebih baik dengan apa yang dimiliki oleh iPhone 13. Yang berbeda hanya di bagian GPU yang sedikti ditinggkatkan dari 4-core graphics ke 5-core graphics.

 

3 dari 9 halaman

Untuk varian memori, iPhone 14 masih sama dengan iPhone 13. Mereka memiliki varian internal 128GB-4GB RAM, 256GB-4GB RAM, dan 512GB-4GB RAM. Dari sisi kamera, iPhone 14 nyaris sama persis dengan apa yang dimiliki oleh iPhone 13.

Kamera belakang iPhone 14 memiliki jenis wide-angle 26mm dengan sensor 12MP serta 12MP untuk ultrawide-camera. Bentuk kameranya pun sama persis dengan milik iPhone 13. Jadi kalau kalian udah punya iPhone 13, rasanya akan enggan beralih ke 14. Kecuali upgrade ke varian Plus, atau Pro, bahkan Pro Max.

Apple mengklaim bahwa iPhone 14 cukup andal dalam pengambilan foto di ruang yang minim cahaya. Desain body yang dimiliki pun sangat praktis, mirip dengan iPhone 13. Apple juga mengatakan baterainya akan jauh lebih tahan ketimbang pendahulunya, hanya saja mereka tidak menyebutkan kapasitas baterai yang digendong oleh iPhone 14.

4 dari 9 halaman

Perbandingan dengan Seri Sebelumnya

Apple memberikan inovasi yang mengagumkan. Untuk mengetahui perbedaan iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 13 Pro Max, berikut ini kelebihan iPhone 14 Pro Max dibanding iPhone 13 Pro Max. iPhone 14 Pro Max dilengkapi dengan fitur-fitur berikut ini.

  • Always-On Display
  • Dynamic Island
  • Emergency SOS via Satelit
  • Crash Detection
  • 48MP untuk Main, Ultra Wide, Telephoto Camera. Sedangkan iPhone 13 Pro Max hanya 12MP.
  • Baterai tahan hingga 29 jam sedangkan iPhone 13 Pro Max hanya 28 jam.
  • Dilengkapi A16 Bionic Chip dan iPhone 13 Pro Max hanya dengan A15 Bionic Chip
  • iPhone 13 Pro Max hadir dengan varian warna Deep Purple, Gold, Silver, Space Black. Sementara iPhone 13 Pro Max hadir dengan warna Alpine Green, Silver, Gold, Graphite, Blue.

 

5 dari 9 halaman

Keunggulan dan Inovasi dalam iPhone 14 Series

Iphone 14 © Diadona

  •  Emergency SOS via Satelit

Keunikan yang paling menonjol dalam iPhone 14 adalah adanya pengamanan yang luar biasa. iPhone 14 dilengkapi dengan Emergency SOS via Satelit yang dapat digunakan tanpa WiFi maupun Cellular Data.

Penggunaannya pun mudah, Anda cukup keluar ruangan dan arahkan iPhone Anda ke satelit. Usahakan jangan ada penghalang seperti gunung atau pepohonan.

  • Crash Detector

Fitur pengaman lainnya yakni crash detection. Fitur ini memungkinkan iPhone Anda menelfon kontak darurat jika Anda tidak cancel saat ada kecelakaan atau dentuman keras. iPhone mendeteksi dentuman keras dan membantu Anda menghubungi kontak darurat.

 

6 dari 9 halaman

  • Video dan Foto yang Profesional

Anda dapat menggunakan iPhone untuk kegiatan perekaman profesional. Night mode, action mode, dan fitur lainnya memungkinkan iPhone stabil meski merekam dalam keadaan bergerak dan mampu menangkap cahaya lebih banyak daripada seri sebelumnya.

7 dari 9 halaman

Harga iPhone 14

Ilustrasi iphone 14 © Diadona

Bila berkaca pada sebelumnya, maka banderol harga iPhone 14 di Indonesia pun kemungkinan besar tak jauh berbeda dari banderol harga iPhone 13 pada 2021, yakni mulai dari Rp 15 juta.

Namun ini hanya sebatas perkiraan saja. Harga iPhone 14 bisa lebih tinggi dari yang disebutkan di atas, bisa juga lebih rendah.

8 dari 9 halaman

Kapan iPhone 14 Meluncur di Indonesia?

Sejatinya belum ada informasi resmi mengenai kehadiran iPhone 14 Series dan harga saat di Indonesia. Namun hal itu bisa diprediksi dari rutinitas Apple merilis flagshipnya di Indoneisa.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar iPhone 14 akan hadir di Indonesia antara akhir November atau awal Desember.

Beri Komentar