Cara Melacak HP Hilang secara Mudah, Bisa Tahu Lokasi dan Menguncinya dari Jarak Jauh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 September 2022 17:25
Cara Melacak HP Hilang secara Mudah, Bisa Tahu Lokasi dan Menguncinya dari Jarak Jauh
Kamu bisa mengoperasikan HP milikmu dengan baik tapi apakah kamu tahu gimana cara melacak ketika nanti HP -mu hilang?

Hampir dipastikan semua orang bisa mengoperasikan cara umum penggunaan HP. Misalnya mengunci layar, menggunakan dan menginstal aplikasi dan lainnya. Tapi apakah semua orang tahu cara melacak HP hilang? Padahal nih fitur tersebut penting banget untuk keamanan ponel dan dta kamu. Yah meskipun HP hilag nggak bakalan balik, tapi data yang ada di dalamnya akan aman dan tidak bisa disalahkgunakan.

HP hilang memang sesuatu yang nggak diduga dan bikin stres! Tapi ada sedikit cara buat meringankannya. Tarik nafas dalam-dalam dan yuk kita car tahu cara melacak HP ilang berikut.

Dikutip dari Cnet, Hp adalah sesuatu yang bersifat sangat personal. Di dalamnya banyak terdapat data dan informasi pribadi kita. Belum lagi ditambah kita kehilangan materi yang harganya bikin sesak. Aduh!

Tapi jangan panik, mungkin saja HP kamu ngak dicuri tapi sedang berada di satu tempat lain. Misalnya di meja, di saku, atau tertinggal di rumah teman dan di kantor. Nah kalu yang ini nih kamu perlu tahu cara melacak HP. Atau misalnya hilang, pelacakan HP mungkin nggak bisa membantu HP mu kembali tapi paling tidak nih data yang kamu miliki terkunci dari niat jahat orang.

1 dari 3 halaman

Cara Melacak HP Hilang pada Android

Android punya fitur keamanan sebagai cara melacak HP hilang dan mengamankan datanya. Sayangnya, fitur ini sudah harus kamu aktifkan sebelumnya atau paling tidak nih kamu hapal dengan password akun Google yang terinstegrasi dengan HP tersebut.

  • Selalu aktifkan fitur 'Temukan Perangkat Saya' atau 'Find My Device' dari Google yang ada di perangkat kamu. Caranya gimana?
    Buka Setelan -> Keamanan & Lokasi > Temukan Perangkat Saya. Atau kalau HP kamu nggak punya opsi Keamanan & Lokasi, buka Google > Keamanan > Temukan Perangkat Saya. Geser untuk posisi menyala untuk mengaktifkan.

Nah saat terjadi hal-hal yang nggak kita inginkan tersebut, satu yang harus kamu inget dalam cara melacak HP hilang adalah website ini : android.com/find. Masuk ke akun Google kamu yang tertaut di HP yang hilang tersebut. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan berikut:

Cara Melacak HP Hilang © Diadona

Nggak ada laptop? Cara melacak HP hilang juga bisa kamu lakukan dengan bantuan ponsel Android lainnya. Gunakan aplikasi Find My Device yang harus kamu unduh terlebih dahulu.

Trus apa yang harus kamu lakukan selanjutnya? Setelah masuk akun Google, kamu akan melihat lokasi terakhir perangkat saat terhubung ke internet.

Cara Melacak HP Hilang © Diadona

Di bagian kanan layar kamu akan melihat beberapa informasi berupa :

  • merk dan tipe HP kamu
  • kapan HP terakhir terhubung ke internet
  • operator dan jaringan Wi-Fi yang digunakan
  • sisa baterai

Trus ada pilihan " Putar Suara" , " Amankan Perangkat" dan juga " Hapus perangkat" . Apa itu? Apa fungsinya dalam cara melacak HP hilang?

Dengan menyalakan fitur Putar Suara, HP kamu akan berdering dengan volume maksimal selama 5 menit, nggak peduli HP kamu dalam kondisi silent. Nah fitur ini berguna sebagai cara melacak HP yang masih berada di lokasi yang sama dengan kamu.

Amankan perangkat adalah pilihan untuk mengunci perangkat kamu dan bikin kamu logout dari HP tersebut. Meski sudah terlog-out, kamu tetap bisa melacaknya.

Setelah HP terkunci, kamu bisa menampilkan pesan di layar HP kamu. Pesan yang tertulis bisa berupa informasi kontak yang bisa dihubungi atau himbauan untuk mengembalikan HP kamu.

Fitur Hapus perangkat digunakan ketika memang HP kamu udah nggak mngkin ditemukan. Semua konten milikmu yang tertaut dengan akun Google akan hilang dan Hp akan ter-reset seolah baru. Setelah opsi ini diambil, kamu nggak bisa lagi melacak HP kamu.

2 dari 3 halaman

Cara Melacak HP Hilang Merk Samsung

Cara Melacak HP Hilang © Diadona

Samsung menawarkan cara melacak HP hilang dan terpisah dari fitur 'Temukan Perangkat Saya' yangd imiliki ponsel Andorid umumnya. Apa yang dimiliki Samsung ini nggak cuman untuk melacak HP hilang tapi juga memaksa pencadangan jarak jauh atau melihat apakah Sim card HP kamu telah ditukar dengan yang baru.

Yang lebih canggih lagi, Samsung juga mengumumkan layanan baru bernama SmartThings Find yang bekerja sepertti halnya Find My Apple, yakni tetap bisa melacak HP bahkan ketika HP dimatikan. Nggak cuma itu aja, walaupun HP Samsung yang hilang dalam kondisi dimatikan, tetapi ngasih tahu perangkat Galaxy terdekat untuk mencari sinyal Bluetooth dan melaporkan lokasinya jika ditemukan. Semuanya dilakukan secara anonim, of course.

cara melacak HP Samsung ini bisa kamu lakukan dengan langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan . Selanjutnya, buka Biometrik dan keamanan > Temukan Ponsel Saya.
  • Seharusnya sih fitur ini sudah aktif kalau kamu masuk ke akun Samsung selama pengaturan awal.

Hal-hal yang harus kamu tau dalam caramelacak HP hilang untuk Android:

  • Mengunci ponsel mencegah orang lain menyalahgunakan data di HP kamu. Terlebih bila ada aplikasi keuangan di sana.
  • Kalau si pencuri ematika HP kamu, kamu nggak bisa melacaknay sampia HP dihidupkan kembali dan terhubung ke internet.
  • Setelah HP ditemukan, kamu nggak perlu mematikan aplikasi apapun kok.
  • Cukup login kembali untuk memverifikasi kamu bener-bener pemilik aslinya.

3 dari 3 halaman

Cara Melacak HP Hilang untuk iPhone

Phone juga memiliki fitur khusus sebagai cara melacak HP hilang dengan Find My iPhone. Dilansir dari laman Support Apple, begini nih langkah yang harus kamu lakukan untuk menemukan dan mengamankannya.

buka Find My Iphone melalui perangkat lain atau kunjungi situs iCloud melalui linkhttps://www.icloud.com/Masukkan Apple ID beserta passwordnya. Makanya, jangan sampai kamu lupa dengan password akun penting kamu ya!

Kamu akan masuk pada tampilan yang berisi beberapa pilihan. Pilih ‘Find My’.

Cara Melacak HP Hilang © Diadona


Pilih perangkat yang menunjukan iPhone kamu. Find My iPhone akan menampilkan keadaan iPhone apakah sedang online maupun offline. Kalau perangkat iPhone kamu dalam kondisi online atau aktif, pilih action. Selanjutnya lokasi kamu akan ditunjukkan oleh GPS.

Cara Melacak HP Hilang © Diadona

Sama halnya seperti cara melacak HP hilang Android, iPhone juga memiliki opsi untuk menderingkan HP melalui 'Play Sound'. Trus kalau pelacakan tersebut belum berhasil, kamu bisa memilih 'Mode Hilag' . Di fitur ini, masukkan nomor telepon yangbisa dihubungi. Kamu juga bisa mengirimkanpesan singkat terkait dengan pengembalian HP hilang gitu. Pesan ini bakalan tetap muncul walaupun kamu dalam keadaan terkunci.

Cara melacak HP hilang untuk iPhone tersebut bakalan bisa kamu lakukan asalakan kamu sudah menyalakan fitur Find My iPhone melalui langkah berikut:

  • Buka iPhone dan masuk ke pengaturan.
  • Pilih Apple ID dan masuk ke akun Apple kamu.
  • Lalu pilih menu Find my iPhone.
  • Klik ikon Find My iPhone dan centang opsi ‘On’. Selesai deh!

Cara melacak HP hilang harusnya diketahui oleh semua orang dan dipahami seperti cara mengoperasikan HP mereka.

Beri Komentar